Gadget

Ternyata Aslinya Harga iPhone 14 Pro Max Cuma Rp 7 Jutaan?

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Laporan terbaru mengungkap bahwa harga asli iPhone ternyata lebih murah dari harga jualnya. Salah satunya iPhone 14 Pro Max dengan harga asli Rp 7 jutaan.

Ditemukan bahwa ternyata iPhone 14 Pro Max menghabiskan lebih banyak biaya pembuatan Apple hampir 14 persen lebih banyak dari iPhone 13 Pro Max. Laporan tersebut disampaikan berdasarkan analisis bill of material (BoM) dari Counterpoint.

Windows 11 Tersedia untuk Mac M1 dan M2

Menurut informasi dari Counterpoint, varian 128GB iPhone 14 Pro Max mmWave seharga USD 474 atau sekitar Rp 7,1 jutaan untuk diproduksi. Sedangkan, model sub-6GHz seharga USD 454 atau sekitar Rp 6,8 jutaan.

Dengan asumsi campuran mmWave 44 persen, BoM campuran berkakhir menjadi sekitar USD 464 atau sekitar Rp 7 jutaan yang kira-kira meningkat 3,7 persen dibandingkan dengan dengan iPhone 13 Pro Max.

iPhone 14 Pro MaxIlustrasi iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

Rincian harga iPhone 14 Pro Max

Adapun rincian yang dijelaskan oleh Counterpoint. Mulai dari tampilan hingga sistem kamera iPhone 14 Pro Max yang turut memengaruhi nilai jual.

Counterpoint menyatakan tampilan, prosesor dan sistem kamera pada iPhone 14 Pro Max memiliki bagian yang lebih besar dalam daftar BoM daripada tahun sebelumnya. Layarnya saat ini menampilkan kecerahan puncak yang lebih tinggi dalam mode HDR dan luar ruangan.

iPhone 14 Pro Max

Model-model terbaru juga menghadirkan layar selalu aktif yang menampilkan waktu, widget layar kunci, wallpaper dan lainnya. Dimana semuanya memengaruhi biaya keseluruhan tampilan.

Sedangkan, chipset A16 Bionic yang menggunakan proses manufaktur 4nm yang lebih canggih diperkirakan berkontribusi pada peningkatan biaya sebesar USD 11 atau sekitar Rp 166 Ribuan per unit dibanding dengan A15 Bionic.

Apple sendiri mampu mengimbangi beberapa biaya komponen yang lebih tinggi melalui penghematan di area lain. Misalnya, harga peralatan khusus seluler turun dari tahun ke tahun karena teknologi 5G semakin meluas.

Jika dilihat dari gambaran yang lebih besar, perkiraan Counterpoint menempatkan tagihan bahan sekitar 42 persen dari total harga iPhone 14 Pro Max 128GB. Hal tersebut nampak seperti margin yang sehat, akan tetapi ada beberapa pengeluaran lain yang menjadi faktor produksi iPhone secara keseluruhan. Termasuk pengiriman, pemasaran dan penelitian & pengembangan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

IDC: Pasar Smartphone Indonesia Turun 14,3 Persen di 2022
Gadget

IDC: Pasar Smartphone Indonesia Turun 14,3 Persen di 2022

Gadgetdiva.id — Laporan terbaru dari International Data Corporation (IDC) menyatakan bahwa..

Windows 11 Tersedia untuk Mac M1 dan M2
Gadget

Windows 11 Tersedia untuk Mac M1 dan M2

Gadgetdiva.id — Windows 11 versi ARM kini menyediakan dukungan untuk Mac berbasis M1 dan M..

Begini Bocoran Keunggulan Layar POCO X5 5G
Gadget

Begini Bocoran Keunggulan Layar POCO X5 5G

Gadgetdiva.id — POCO X5 5G diklaim menjadi perangkat pertama dalam lini POCO X Series yang..

realme C33 Makin Stylish dengan Pilihan Warna Baru Sandy Gold
Gadget

realme C33 Makin Stylish dengan Pilihan Warna Baru Sandy Gold

Gadgetdiva.id – realme sebagai brand favorit anak muda & disruptor di industri memberik..


;