Review ASUS Vivobook 14X (M1403): Pakai AMD Ryzen, Harga Terjangkau

0
Review ASUS Vivobook 14X (M1403)

Gadgetdiva.id — ASUS Vivobook 14X (M1403) siap menjadi temanmu sehari-hari dengan desain ringan yang nyaman dibawa kemana saja. Laptop ini telah menggunakan AMD Ryzen dengan harga Rp. 8,9 jutaan.

ASUS Vivobook 14X (M1403) diklaim hadir sebagai laptop yang dapat menunjang produktivitas penggunanya. Laptop ini bahkan hadir dengan performa yang super oke. Berkat prosesor AMD Ryzen yang dijalankannya.

Tak hanya mengunggulkan performa, Asus Vivobook 14X (M1403) turut hadir dengan desain yang nyaman untuk digunakan. Plus, telah mudah untuk di-upgrade. Sehingga, Paradiva bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang.

Lantas, apa aja sih keunggulan lainnya yang dibawa oleh ASUS Vivobook 14X (M1403)? Simak ulasan review-nya ya, Paradiva!

Review ASUS Vivobook 14X (M1403)

Kinerja Tinggi dan Pendinginan Terbaik di Kelasnya

Dari sisi kinerja, ASUS Vivobook 14X (M1403) ditenagai oleh AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor. Prosesor yang biasanya digunakan di laptop gaming tersebut memiliki TDP 45W, menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread, dan mampu dipacu hingga 4,2 Ghz. Prosesor tersebut juga dibangun menggunakan arsitektur Zen3 yang lebih powerful dari generasi sebelumnya.

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor yang hadir di Vivobook 14X (M1403) juga telah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ Vega 7 Graphics yang powerful. Chip tersebut memungkinkan Vivobook 14X (M1403) untuk dapat menghadirkan performa pemrosesan grafis yang lebih baik dibandingkan dengan laptop sekelasnya. Dengan kata lain Vivobook 14X (M1403) dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan performa komputasi grafis ekstra, termasuk bermain game.

Untuk mengimbangi performa prosesornya, Vivobook 14X (M1403) dibekali dengan sistem penyimpanan dan memori modern. Penyimpanan di Vivobook 14X (M1403) menggunakan PCIe 3.0 SSD berkapasitas 512GB yang tidak hanya memiliki durabilitas lebih baik, tetapi juga performa yang jauh lebih kencang dari HDD ataupun SSD SATA. Sementara untuk memori, Vivobook 14X (M1403) mengandalkan memori DDR4-3200 yang kapasitasnya dapat di-upgrade hingga 24GB.

Vivobook 14X (M1403) juga dibekali sistem pendingin ASUS IceCool agar seluruh komponen di dalamnya dapat selalu bekerja secara optimal. Dibekali dengan kipas berbahan Liquid Crystal Polymer yang memiliki 87 bilah (blade), sistem pendingin ASUS IceCool mampu mendinginkan komponen di dalam Vivobook 14X (M1403) dengan tingkat kebisingan yang rendah yaitu kurang dari 38 dBA.

Agar tetap sejuk di segala situasi, teknologi termal ASUS IceCool di Vivobook 14X menggunakan pipa panas yang ditingkatkan, dan kipas IceBlade yang mempercepat perpindahan panas secara efisien. Kipas dan impeller 87 bilah terbuat dari polimer kristal cair yang berarti lebih ringan dan lebih tipis daripada kipas biasa. 

Selain itu, kipas menggunakan bantalan dinamika fluida yang lebih senyap dan memiliki getaran yang lebih sedikit dibandingkan bantalan biasa. Hasil akhirnya adalah CPU yang hebat dapat berjalan dengan nyaman pada TDP total 45 watt dalam mode Performa, tanpa mengalami pelambatan!

Fitur Lengkap dan Nyaman Digunakan

Laptop modern wajib hadir dengan fitur yang lengkap sehingga tidak menghambat aktivitas penggunanya. Vivobook 14X (M1403) sendiri telah dibekali port yang sangat lengkap untuk menunjang aktivitas penggunanya, mulai dari USB Type-A untuk koneksi perangkat tambahan, dan 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan perangkat audio. Sebagai laptop modern, Vivobook 14X (M1403) juga dibekali dengan USB 3.2 Type-C agar penggunanya dapat menghubungkan berbagai perangkat modern.

Beraktivitas menggunakan Vivobook 14X (M1403) juga sangat nyaman. Selain memiliki bodi yang ringkas dan ringan sehingga mudah untuk dibawa bepergian, Vivobook 14X (M1403) telah dilengkapi keyboard ASUS ErgoSense yang dirancang secara presisi sehingga dapat menghadirkan pengalaman mengetik seperti menggunakan keyboard desktop premium. Touchpad Vivobook 14X (M1403) dibuat lebih lebar agar lebih nyaman digunakan.

Review ASUS Vivobook 14X (M1403)

Laptop modern tidak cukup hanya dengan keyboard dan touchpad yang nyaman. Vivobook 14X (M1403) sendiri telah dilengkapi dengan fitur AI Noise-Cancelling yang memungkinkan mikrofon pada laptop ini untuk dapat meredam suara bising yang ada di sekitar penggunanya. Berkat fitur tersebut, pengguna Vivobook 14X (M1403) dapat lebih leluasa beraktivitas kapanpun dan di manapun.

Vivobook 14X (M1403) juga dilengkapi dengan fitur penjaga privasi. Webcam laptop ini telah dilengkapi penutup fisik terintegrasi untuk memastikan privasi penggunanya tetap terjaga. Selain itu, Vivobook 14X (M1403) juga dilengkapi dengan pembaca sidik jari (fingerprint sensor) yang terdapat di touchpad-nya. Sensor sidik jari gtersebut telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello sehingga penggunanya dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. 

Saat digunakan, permukaan laptop mana pun menyimpan ribuan bakteri yang berpotensi berbahaya. Untuk menjaga laptop Anda tetap higienis, laptop ini dilindungi oleh ASUS Antibacterial Guard, sebuah lapisan permukaan khusus yang mencegah bug. 

Faktanya, ASUS Antibacterial Guard telah terbukti secara ilmiah untuk menghambat pertumbuhan bakteri 8 lebih dari 99% selama 24 jam, memastikan permukaan laptop Anda bersih dan bersih lebih lama. Fitur ini juga sanggup mengurangi penyebaran bakteri yang berpotensi berbahaya melalui kontak.

AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor dengan 6-core dan 12-thread yang terpasang pada ASUS Vivobook 14X (M1403) ini bisa bekerja hingga kecepatan up to 4,2GHz. Dari sisi performa CPU, prosesor tersebut sudah lebih dari cukup untuk digunakan sebagai laptop sehari-hari untuk office work ataupun creative work.

Dari sisi grafis, kinerja AMD Radeon™ Vega 7 Graphics yang tersedia juga cukup memadai untuk aplikasi 3D dan gaming sederhana. Namun performanya bisa meningkat signfikan jika RAM ditambah menjadi 12, 16 ataupun 24GB dalam modus dual channel.

Saat bekerja dalam kondisi maksimal, ASUS Vivobook 14X (M1403) juga menawarkan stabilitas yang baik karena temperatur komponen di dalam laptop bisa tetap terjaga. Dan yang sangat menarik, platform AMD Ryzen™ 5000 H-Series milik laptop ini juga menawarkan efisiensi energi yang sangat baik sehingga baterai 50Whrs yang disediakan sanggup menjalankan laptop hingga 10 jam lebih untuk bekerja.

Mudah di-Upgrade dan Terjangkau

ASUS Vivobook 14X (M1403) hadir dengan RAM single channel namun dapat di-upgrade. ASUS menyediakan satu slot memori di Vivobook 14X (M1403) sehingga penggunanya dapat menambah kapasitas dan performa memorinya jika dibutuhkan. Proses upgrade juga sangat mudah karena slot memori tersebut dapat diakses hanya dengan membuka panel penutup bawah bodi laptop.

Review ASUS Vivobook 14X (M1403)

Selain mudah untuk di-upgrade, keunggulan lain Vivobook 14X (M1403) ada pada harganya. Vivobook 14X (M1403) merupakan laptop dengan prosesor AMD Ryzen™ 5000 H-Series paling terjangkau saat ini, yaitu memiliki banderol harga Rp8.999.000. 

Kehadiran Vivobook 14X (M1403) membuat semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat menikmati pengalaman menggunakan laptop berperforma tinggi dengan harga yang terjangkau. Dan melihat apa yang ditawarkan oleh laptop ini, tampaknya pengguna tidak perlu ragu lagi memilih laptop ini jika membutuhkan laptop terjangkau dengan performa tinggi.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan