Gadget

Qualcomm Besut Kamera Smartphone Berkemampuan Seperti Mata Manusia

post-img

Source : gadgetDiva

Gagdetdiva.id — Seiring berkembangnya teknologi smartphone, semakin berkembang pula kameranya. Kini, Qualcomm siap besut teknologi kamera smartphone baru.

Gandeng Prophesee, Qualcomm membesut kamera smartphone canggih yang bekerja layaknya mata manusia. Keduanya telah menandatangani kesepakatan untuk sama-sama menjajal teknologit tersebut.

OnePlus Siap Luncurkan Smartphone Lipat Tahun Ini

Kamera smartphone tersebut akan menggunakan chip dari Prophesee. Chip ini terinspirasi dari cara kerja mata manusia. Dimana hanya memproses perubahan pemandangan, seperti gerakan atau cahaya bukan seluruh bingkai gambar.

Fitur unik ini memungkinkan chip kamera Prophesee menjadi lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit daya komputasi. Sehingga, menjadikannya ideal untuk disematkan dalam smartphone.

Co-Founder dan CEO Prophesee Luca Verre menjelaskan bahwa chipset kamera mereka ini bekerja dengan piksel yang hanya mengirim informasi ke prosesor saat ada perubahan. Piksel yang melihat diak ada perubahan akan dibisukan.

Sementara itu, chip terbaru Prophesee diklami memiliki satu juta piksel. Qualcomm berencana untuk menggunakan chip Prophesee tambahan yang dikombinasikan dengan chip kamera konvensional dalam cetak biru smartphone. Chip ini akan dirilis di MWC.

“Kami benar-benar menggabungkan kedua pemain kunci di ruang tersebut,” tutur Verre yang dikutip dari Gizmochina, Rabu (1/3).

Pernyataannya tersebut mengacu pada Qualcomm dan Sony tanpa mengungkapkan ketentuan keuangan dari kesepakatan tersebut. Produksi massal chop direncanakan untuk tahun depan ketika akan diintegrasikan ke dalam ponsel.

Menurut pengumuman tersebut, chipset Prophesee tambahan akan membantu memperbaiki beberapa citra buram pada sistem kamera smartphone yang ada. Dengan meningkatkan kualitas gambar, chip tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan berkontribusi pada pengembangan teknologi smartphone yang inovatif.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Mengenal Teknologi Charging 240W di realme GT3
Gadget

Mengenal Teknologi Charging 240W di realme GT3

Gadgetdiva.id — realme GT3 diperkenalkan dalam perhelatan Mobile World Congress yang sedang..

OnePlus Siap Luncurkan Smartphone Lipat Tahun Ini
Gadget

OnePlus Siap Luncurkan Smartphone Lipat Tahun Ini

Gadgetdiva.id — OnePlus bersiap untuk terjun ke industri smartphone lipat tahun ini. Perus..

ASUS ROG Kenalkan Jajaran Laptop Gaming dengan Intel Core Gen 13
Gadget

ASUS ROG Kenalkan Jajaran Laptop Gaming dengan Intel Core Gen 13

Gadgetdiva.id – ASUS hari ini memperkenalkan jajaran laptop gaming yang menjadi andalan unt..

Nokia C22 dan C32 Tawarkan Masa Pakai Baterai 3 Hari
Gadget

Nokia C22 dan C32 Tawarkan Masa Pakai Baterai 3 Hari

Gadgetdiva.id — HMD Global meluncurkan sepasang smartphone C Series terbaru dari Nokia. Pe..


;