Gadget

Facebook Siapkan Pembunuh Smartphone, Kacamata AR

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Induk Facebook, Meta dikabarkan sedang mengembangkan kacamata AR atau berteknologi augmented reality pertama di dunia. Jika tidak ada aral melintang, kacamata ini siap produksi dan dipasarkan secara global pada 2027 nanti.

Hal ini terungkap dari dokumen Meta yang bocor ke publik. Dilansir The Verge, Jumat, 3 Maret 2023, dokumen roadmap itu dibagikan oleh karyawan Meta saat sedang rapat internal yang dilaksanakan di ruangan divisi Reality Labs milik Meta.

Sebelumnya, induk Facebook itu sendiri sudah memasarkan kacamata canggihnya yang berbasis virtual reality (VR). Tahun ini mereka telah menyiapkan lini terbaru dari kacamata VR tersebut, yakni Quest 3 VR, yang akan meluncur tahun ini.

Kacamata ARWoman with sunglasses, touching her hair

Facebook Meta Siapkan Kacamata AR di 2027

Quest 3 VR diklaim memiliki desain yang lebih ringan dibanding pendahulunya. Bentuknya dua kali lipat lebih tipis, dua kali lebih powerful, dan sedikit lebih mahal dari Meta Quest 2.

Selain itu, kabarnya, di 2025 nanti Meta akan meluncurkan kacamata pintar pertamanya, yang mirip dengan Google Glass. Namun kacamata pintar Meta ini akan dilengkapi dengan layar yang terintegrasi. Juga ada jam tangan pintar buatan Meta yang akan dibekali antarmuka yang terkoneksi saraf otak penggunanya.

Sedangkan untuk kacamata AR, target Meta adalah meluncurkannya di 2027. Kacamata ini akan memiliki desain layaknya kacamata normal, namun bisa menghadirkan hologram manusia seolah tampak nyata.

Beberapa waktu lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg pernah mengatakan jika era smartphone akan usai dan tergantikan oleh kacamata berbasis AR ini. Tidak heran jika Mark menyebut tahun 2027 akan menjadi tahun yang penting bagi Meta.

Dari roadmap yang beredar itu, Meta sepertinya tidak terlalu memusingkan masalah investasi besar selama bertahun-tahun untuk mewujudkan Meta. Bahkan kerugiannya terlihat jelas, tanpa sedikitpun keuntungan.

Tapi tak hanya Meta. Apple juga dikabarkan sedang menyiapkan produknya untuk bisa menghadapi tren mixed-reality. Apple dirumorkan akan meluncurkan produk itu tahun depan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite
Gadget

3 Tips Bikin Catatan Fun dan Aesthetic Pakai Galaxy Tab S6 Lite

Salah satu rahasia dari pengalaman mencatat yang menyenangkan dengan Galaxy Tab S6 Lite adalah pengg..

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS
Gadget

Apple Capai Kesepakatan dengan OpenAI untuk Sediakan Chatbot di iOS

Apple dikabarkan tengah menandatangani kesepakatan dengan OpenAI. Kedua belah pihak telah mencapai k..

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal
Gadget

Galaxy Ring Diperkirakan Bakal Dijual Mahal

Kabar tersebut dibocorkan oleh Yogesh Brat yang mengungkap harga yang akan datang untuk Galaxy Ring ..

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25
Gadget

Galaxy Z Fold 6 Slim Kemungkinan Bakal Meluncur Bersama Galaxy S25

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan perangkat Galaxy Z Fold 6 Slim b..

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis
Gadget

OPPO 12 Series Resmi Debut, Desain Lebih Tipis

OPPO Reno 12 dan Reno 12 Pro diklaim membawa desain lebih tipis dibandingkan dengan pendahulunya...


;