Facebook Siapkan Pembunuh Smartphone, Kacamata AR

0
kacamata AR

Gadgetdiva.id — Induk Facebook, Meta dikabarkan sedang mengembangkan kacamata AR atau berteknologi augmented reality pertama di dunia. Jika tidak ada aral melintang, kacamata ini siap produksi dan dipasarkan secara global pada 2027 nanti.

Hal ini terungkap dari dokumen Meta yang bocor ke publik. Dilansir The Verge, Jumat, 3 Maret 2023, dokumen roadmap itu dibagikan oleh karyawan Meta saat sedang rapat internal yang dilaksanakan di ruangan divisi Reality Labs milik Meta.

Sebelumnya, induk Facebook itu sendiri sudah memasarkan kacamata canggihnya yang berbasis virtual reality (VR). Tahun ini mereka telah menyiapkan lini terbaru dari kacamata VR tersebut, yakni Quest 3 VR, yang akan meluncur tahun ini.

Kacamata AR
Woman with sunglasses, touching her hair

Facebook Meta Siapkan Kacamata AR di 2027

Quest 3 VR diklaim memiliki desain yang lebih ringan dibanding pendahulunya. Bentuknya dua kali lipat lebih tipis, dua kali lebih powerful, dan sedikit lebih mahal dari Meta Quest 2.

Selain itu, kabarnya, di 2025 nanti Meta akan meluncurkan kacamata pintar pertamanya, yang mirip dengan Google Glass. Namun kacamata pintar Meta ini akan dilengkapi dengan layar yang terintegrasi. Juga ada jam tangan pintar buatan Meta yang akan dibekali antarmuka yang terkoneksi saraf otak penggunanya.

Sedangkan untuk kacamata AR, target Meta adalah meluncurkannya di 2027. Kacamata ini akan memiliki desain layaknya kacamata normal, namun bisa menghadirkan hologram manusia seolah tampak nyata.

Beberapa waktu lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg pernah mengatakan jika era smartphone akan usai dan tergantikan oleh kacamata berbasis AR ini. Tidak heran jika Mark menyebut tahun 2027 akan menjadi tahun yang penting bagi Meta.

Dari roadmap yang beredar itu, Meta sepertinya tidak terlalu memusingkan masalah investasi besar selama bertahun-tahun untuk mewujudkan Meta. Bahkan kerugiannya terlihat jelas, tanpa sedikitpun keuntungan.

Tapi tak hanya Meta. Apple juga dikabarkan sedang menyiapkan produknya untuk bisa menghadapi tren mixed-reality. Apple dirumorkan akan meluncurkan produk itu tahun depan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan