Review realme C55 NFC, Kamera dan Memori Juara di Rp2 Jutaan

0
realme C55 NFC

Gadgetdiva.idrealme memperbarui lini smartphone seri C dengan meluncurkan realme C55 NFC di Indonesia. Asal tahu saja, C pada seri realme ini sepertinya singkatan dari Champion. Sedangkan penamaan NFC karena di dalam-nya sudah terintegrasi teknologi near field communication (NFC).

Klaim champion pada seri realme C55 ini dikarenakan, setidaknya, ada dua fitur yang menjadi juara di kelasnya, yakni kamera dengan resolusi 64MP dan memori yang mencapai 256GB. Dengan harga Rp2,3 jutaan, realme mengklaim belum ada smartphone yang memiliki fitur sebesar itu.

realme C55 NFC

Namun tidak hanya dua hal itu yang menjadi champion di realme C55 NFC. Kebetulan Gadgetdiva sempat menggunakan perangkat tersebut selama beberapa hari belakangan. Kami selalu penasaran dengan desain dan kamera yang diusung produsen smartphone manapun.

Desain
realme mengklaim, desain smartphone buatannya selalu terinspirasi dari alam. Begitupun dengan realme C55 NFC. Kami disuguhi dengan desain SunShower. Sekilas bodi belakang realme ini dipenuhi dengan garis-garis yang diarsir secara estetik. Mirip fenomena air hujan yang jatuh dari langit ke bumi.

Desain ini merupakan efek yang ditimbulkan dari 500.000 partikel cahaya membentuk garis mikroskop vertikal, seperti garis- garis hujan, dipadukan dengan warna-warna yang memukau. Jika digerakkan ke sembarang arah, bodi C55 akan memendarkan cahaya dengan warna yang berbeda. Kadang biru, kadang kuning, bahkan jingga, seperti langit senja.

realme C55 NFC

Untuk membuat bagian belakang realme C55 NFC lebih dinamis dan berdesain menarik pada versi warna Sunshower, kita bisa merasakan struktur proses 13 lapis dengan berbagai proses pencetakan. Total ketebalan hanya 0,6 mm, dan proses pelapisan ganda. Tekstur ganda pertama di segmen harga ini. Selain itu realme C55 NFC dilengkapi desain permukaan glossy dan matte yang terintegrasi, lengkap dengan proses glitter sand, tekstur linier luar dan proses litografi skala abu-abu tingkat mikro.

Review realme C55 NFC sisi Kamera

Memang cukup jarang smartphone dengan harga Rp2 jutaan yang memiliki resolusi kamera 64MP. Ditambah dengan kamera selfie 8MP dan lensa B&W resolusi 2MP.Di sisi sensor, realme C55 NFC merupakan produk C Series pertama yang memiliki
sensor level flagship dengan ukuran piksel sebesar 0.7μm dan format optik 1/2 inci. Ini merupakan sensor yang sama dengan yang digunakan pada realme GT Master
Edition.

Dibandingkan dengan pendahulunya realme C35, realme C55 NFC mengalami peningkatan sebesar 54% dalam hal ukuran sensor dan 53,8% dalam hal kejernihan dan resolusi.

Kemampuan kameranya seperti biasa, cukup jernih dan tajam. Apalagi jika digunakan untuk foto bokeh, color portrait, sampai bisa memotret bintang saat malam hari.

realme C55 NFC didukung oleh software ProLight Imaging Technology, yang merupakan algoritma malam unggulan yang sama dengan yang digunakan pada realme GT 2 Pro. Berkat algoritma multi-frame domain RAW yang dikembangkan oleh realme, algoritma Super night dalam domain RAW berdasarkan pemrosesan data gambar asli dapat mempertahankan lebih banyak detail.

Melalui algoritma multi-frame fusion dan algoritma pengurangan noise yang cerdas, dikombinasikan dengan daya komputasi platform ISP dan sensor OV64B, realme C55 NFC secara efektif meningkatkan resolusi dan secara signifikan mengoptimalkan kemampuan penekanan sorotan cahaya, sehingga memudahkan pengambilan gambar pada malam hari.

Berikut beberapa hasil kamera foto, lensa 64MP dan selfie mode.

Kamera depan.
realme C55 NFC
Kamera selfie 8MP
Kamera 64MP
Kamera Foto

Foto malam hari akan kami buatkan artikel khusus untuk contoh hasil kamera realme C55 di malam hari.

Layar
realme C55 NFC adalah model C Series pertama yang memiliki layar dengan refresh rate 90Hz. Dari segi tampilan, ada peningkatan besar dari layar water drop menjadi
layar punch-hole. Selain itu, realme C55 NFC menghadirkan layar full screen berukuran 6,72” (17,07cm) dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 91.4% dan resolusi FHD+, menghasilkan pengalaman visual yang lebih nyaman. Dengan punch hole yang diposisikan di tengah yang menyatu dengan bodi smartphone, realme C55 NFC menciptakan keindahan simetri dan tampilan layar full screen yang lebih baik untuk pertama kalinya pada perangkat realme C Series.

Performa
realme C55 NFC menjadi realme C Series pertama yang didukung dengan Chipset
powerful Helio G88. Chip yang berbasis teknologi proses 12nm dan GPU Mali-G52 ini
memiliki fitur octa-core yang berjalan pada kecepatan 2.0GHz dengan skor
benchmark Antutu 273.364.

Smartphone ini mendukung 2 kartu SIM Nano dan 1 kartu MicroSD sekaligus dan mendukung ekspansi memori maksimum 1TB. realme C55 NFC adalah smartphone C Series pertama yang hadir dengan realme UI 4.0. Desain visual yang telah ditingkatkan dengan ikon yang intuitif dan fitur baru yang disebut “Auto Pixelate”. Dengan satu ketukan, fitur ini akan secara otomatis mengenali dan membuat piksel pada foto profil dan nama di tangkapan layar, sehingga memberikan perlindungan keamanan yang bebas dari rasa khawatir bagi pengguna.

Yang paling utama, realme C55 NFC mengadopsi teknologi antena umum NFC yang telah diteliti secaramandiri untuk meningkatkan area gesekan NFC serta tingkat akurasinya hingga 2 kali lipat. Melalui NFC dengan swipe bebas 360°, Anda dapat melakukan tap pada posisi dan sudut mana pun di bagian atas smartphone dengan pengalaman penggunaanNFC yang sangat ditingkatkan.

Baterai
realme C55 NFC memiliki fitur pengisian daya 33W tercepat di segmennya dengan
baterai besar berkapasitas 5000mAh. Mengisi daya hingga 50% dalam 29 menit atau 100% dalam 63 menit. realme C55 NFC menyediakan pengisian daya tercepat di segmennya dengan teknologi pengisian daya bertegangan tinggi dan arus rendah. Dibandingkan denganpendahulunya, realme C35 yang memiliki daya 18W, realme C55 NFC meningkatkan kecepatan pengisian daya hingga 100%. Dengan baterai besar berkapasitas5000mAh, Anda juga dapat menikmati masa pakai baterai hingga 27 hari dalamkeadaan siaga dan 27,8 jam untuk menelepon.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan