Gadget

iPhone Dominasi Pasar Smartphone Global di Tahun 2022

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Apple kembali mendominasi pasar smartphone global sepanjang tahun 2022. Riset Counterpoint terbaru menyatakan bahwa delapan produk iPhone berhasil menduduki peringkat 10 smartphone terlaris di pasar global.

Tahun 2022 nampaknya menjadi tahun yang baik bagi Apple, sebab penjualan smartphone mereka berhasil mengalahkan Samsung di Q4. Menurut riset sebelumnya, Apple berhasil menjual total 224,7 juta unit pada Q4.

Smartphone Lipat Samsung Lebih Laris di Tahun 2022

Dilansir dari Gizmochina, riset terbaru Counterpoint menunjukkan bahwa perusahaan asal Cupertino tersebut berhasil mendominasi peringkat sepuluh besar daftar smartphone terlaris. Dengan delapan varian iPhone yang mendominasi daftar tersebut.

Hal ini bisa dikatakan pencapaian luar biasa yang menjadikan Apple sebagai merek pertama yang merebut delapan dari sepuluh peringkat smartphone terlaris secara global. Apa saja sih daftar smartphone yang termasuk dalam peringkat tersebut?

Apple Dominasi Delapan dari Sepuluh Perangkat Smartphone Terlaris di Pasar Global

Pasar Smartphone

Menurut data yang dihimpun Counterpoint, iPhone 13 menjadi perangkat yang paling banyak dicari dengan mencatatkan 5 persen dari total penjualan smartphone global dan 28 persen dari seluruh penjualan iPhone. Ponsel ini juga merupakan yang terlaris di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, China, Jerman dan Perancis sekitar tahun 2021 dan Agustus 2022.

Lebih lanjut, pemotongan harga iPhone 13 setelah peluncuran iPhone 14 pun menjadi salah satu faktor pendorongnya. Kemudian, peringkat kedua diduduki oleh iPhone 13 Pro dengan pangsa sebesar 2,6 persen di tahun 2022.

Posisi ketiga diduduki oleh iPhone 14 Pro Max. Merupakan yang pertama kalinya untuk varian iPhone Pro Max mencatat volume lebih banyak dibandingkan varian reguler dan Pro. Peningkatan yang dibawanya itu disebut sebagai alasan utama di balik kesuksesan dari iPhone 14 Pro Max.

Pasar Smartphone

iPhone 13 Pro Max berada di peringkat kelima dengan pangsa 1,6 persen. Diikuti oleh iPhone 12 yang berada di peringkat keenam dengan pangsa pasar sebesar 1,5 persen.

iPhone 12 yang diluncurkan pada tahun 2020 ini ditemukan berhasil mengungguli iPhone 14 dan iPhone 14 Pro yang masing-masing berada di posisi ketujuh dan kedelapan. Terakhir, di posisi kesembilan ada iPhone SE 2022 dengan pangsa pasar sebesar 1,1 persen.

Sementara itu, untuk dua ponsel lainnya berhasil diduduki oleh Samsung. Dengan Galaxy A13 yang berhasil menduduki peringkat keempat dengan pangsa 1,6 persen. Serta, Galaxy A03 yang menduduki peringkat kesepuluh dengan pangsa 1,1 persen.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Galaxy A14 Bawa Kamera 50MP, Harga Cuma 2 Jutaan
Gadget

Galaxy A14 Bawa Kamera 50MP, Harga Cuma 2 Jutaan

Gadgetdiva.id — Galaxy A14 resmi menyambangi Indonesia pada Rabu (8/3). Perangkat tersebut..

Smartphone Lipat Samsung Lebih Laris di Tahun 2022
Gadget

Smartphone Lipat Samsung Lebih Laris di Tahun 2022

Gadgetdiva.id — Sebuah laporan terbaru menyatakan bahwa smartphone lipat Samsung paling ba..

Mengintip desain dan spesifikasi OPPO Reno8 T 5G
Gadget

Mengintip desain dan spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Gadgetdiva.id — OPPO Indonesia resmi menjual Reno8 T 5G untuk pertama kalinya. Yuk, intip d..

Redmi 12C Siap Sambangi Indonesia Besok!
Gadget

Redmi 12C Siap Sambangi Indonesia Besok!

Gadgetdiva.id – Xiaomi mengonfirmasi kehadiran smartphone pertamanya pada 2023 ini yaitu Re..


;