2020, Nokia bakal luncurkan smartphone jaringan 5G pertamanya

2
Nokia Smartphone 5G

Diva says – Jaringan 5G atau fifth generation merupakan teknologi terbaru untuk telekomunikasi yang melebihi standar 4G. Rencananya teknologi generasi kelima ini akan dirilis pada tahun 2020 mendatang dan tentunya jaringan 5G ini diprediksi memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari kecepatan generasi sebelumnya.

Dilaporkan pada laman Digital Trends, kabarnya vendor smartphone yaitu Nokia, HMD Global, berencana untuk membekali smartphone seri terbarunya dengan jaringan 5G yang lebih terjangkau. “Kami melihat peluang khusus bagi kami dalam membawa jaringan 5G ke segmen yang lebih terjangkau saat kami memasuki pasar smartphone,” kata Juho Sarvikas, selaku Chief Product Officer HMD Global.

Perangkat smartphone milik Nokia kabarnya akan memberikan setengah harga dari harga smartphone 5G vendor lain yang sudah lebih awal di luncurkan yang harganya cukup mahal. Misalnya, Samsung Galaxy S10 dan Note 10 keduanya memiliki varian jaringan 5G, tetapi Samsung Galaxy S10 5G seperti S10 Plus yang bakal ditingkatkan, dan harganya yang sesuai adalah 18.5 jutaan. Walaupun seri milik Samsung, yaitu Note 10 tidak mendapatkan jaringan 5G, melainkan dibekali pada seri Note 10 Plus.

Selain itu, LG memiliki perangkat smartphone yang juga sudah dibekali jaringan 5G yang lebih terjangkau di LG V50 ThinQ. Tetapi masih mencapai titik harga yang lumayan yaitu sekitar 14,2 juta dan seri OnePlus 7 Pro 5G yang sulit untuk dibandingkan karena sudah eksklusif untuk satu operator.

Jika HMD Global dapat merilis smartphone jaringan 5G dengan harga setengah dari persaingan vendor lain, itu akan membuat standar jaringan baru lebih mudah diakses oleh lebih banyak orang.

Tahun 2020 mendatang, ponsel Nokia 5G mungkin bukan satu-satunya pilihan yang terjangkau. Pasalnya ada rumor bahwa Samsung akan meluncurkan smartphone yang sudah dilengkapi dengan jaringan 5G yang terjangkau, dan pabrikan lain seperti Oppo dan Xiaomi juga kabarnya akan menyusul untuk menciptakan smartphone dengan jaringan 5G. Motorola juga memiliki klaim bahwa jaringan 5G bakal terjangkau dengan dipasangkan pada seri Moto Mod 5G dan juga pada Moto Z3 atau Moto Z4.

Namun, rincian lebih lanjut tentang smartphone Nokia 5G kemungkinan akan muncul dalam beberapa bulan mendatang, dan kita akan melihat debut peluncurannya di MWC tahun depan.

Baca juga: Nokia 8, Kuy! Pake Optik Zeiss biar foto lebih maksimal


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan