Inikah Pengganti Smartphone di Masa Depan?

0
Pengganti Smartphone di Masa Depan
Humane wearable dilengkapi proyektor.

Gadgetdiva.id — Selama ini ilmuwan banyak yang memprediksi pengganti smartphone di masa depan. Ada yang menyebut akan digantikan oleh headset Augmented Reality (AR), ada juga yang bilang akan digantikan chip. Namun baru-baru ini ada perangkat kecil yang seukuran pin, diklaim akan menggantikan ponsel.

Hal ini terungkap dalam sebuah presentasi di TED Talk beberapa waktu lalu. Pada 21 April kemarin, seorang mantan karyawan Apple bernama Imran Chaudhri memamerkan perangkat kecil yang ada di saku bajunya, yang digadang akan menjadi pembunuh smartphone atau pengganti smartphone di masa depan.

Pengganti Smartphone di Masa Depan
Imran Chaudhri dan Bethany Bongiorno, sepasang suami istri mantan karyawan Apple yang mendirikan Humane Wearable.

Dia menyebutnya sebagai Humane Wearable. Diambil dari nama perusahaan yang didirikan Imran bersama sang istri, Hu.Ma.Ne.

Dilansir melalui Digital Trends, Minggu, 23 April 2023, Humane merupakan perangkat berukuran kecil. Saking kecilnya, bisa diletakkan di saku baju. Tak ada layar apapun di dalamnya.

Diklaim sebagai smartphone terkecil di dunia. Tidak memiliki layar tapi punya proyektor laser di bagian depan. Dilengkapi juga dengan mikrofon dan kemampuan menerima perintah suara.

Pengganti Smartphone di Masa Depan

Salah satu gerakan memungkinkan kita mengetuk perangkat untuk mengaktifkan sehingga dapat mulai mengeluarkan perintah suara. Misalnya seperti menekan tombol daya di iPhone untuk berbicara dengan Siri.

Perlu juga dicatat bahwa Humane wearable bukanlah aksesori yang dipasangkan dengan ponsel seperti wearable pada umumnya. Tidak seperti jam tangan pintar. Humane adalah perangkat yang dapat dikenakan secara mandiri, tanpa koneksi ponsel.

Pengganti Smartphone di Masa Depan
Humane wearable.

Fokus utama untuk Humane wearable tampaknya ada pada perintah/interaksi suara. Salah satu fitur kerennya adalah “Catch me up”. Fitur ini memungkinkan kita meminta Humane wearable untuk memberikan ringkasan tentang apa yang kita lewatkan.

Dalam demo yang dilakukan Imran, perangkat akan ditekan untuk mengaktifkan fitur Catch Me Up. Kemudian perangkat akan memberikan perincian terkait email masuk, jadwal kalender berupa undangan meeting dan sejenisnya, dan tentunya ada pesan-pesan yang diterima perangkat.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuan terjemahan bahasa. Dalam demo, Humane bisa menerjemahkan dengan cepat dari bahasa Inggris ke Prancis, menggunakan suara virtual yang sama.

Humane juga peduli masalah kesehatan penggunanya. Dengan kamera yang terintegrasi, Humane bisa mendeteksi makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan, jika pengguna sedang menjalani program diet atau sakit.

Lalu apa guna proyektor yang diusung Humane sebagai pengganti smartphone di masa depan? Proyektor itu berfungsi untuk menampilkan notifikasi panggilan masuk. Mediumnya bisa menggunakan tangan. Jika ada telepon masuk, tinggal arahkan proyektor ke tangan maka akan tersedia beberapa tombol untuk mengoperasikan telepon. Termasuk juga notifikasi nama penelepon, durasi panggilan, tombol akhiri panggilan, atau mematikan suara agar tidak terdengar.

Imran dan sang istri, Bethany Bongiorno (yang bertemu pertama kali saat mereka bekerja di Apple) berjanji akan terus mengembangkan Humane. Dalam waktu dekat, informasi terkait Humane sebagai pengganti smartphone di masa depan akan diungkap lebih jauh.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News.

Suka dengan artikel di atas? Click to DONATE


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan