Gadget

MediaTek Pamer Keunggulan Chipset Kompanio untuk Chromebook

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Pekan ini, MediaTek Indonesia kedatangan tiga bos besar mereka. Salah satunya tujuannya ialah untuk mengenalkan chipset Chromebook besutannya, yakni MediaTek Kompanio.

Deputy Director of Corporate Sales Southeast Asia MediaTek Cederic Chang melihat bahwa Chromebook saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi para pelajar di Indonesia. Sebab itu, pihaknya ingin memberi pengalaman terbaik bagi mereka melalui chipset besutannya tersebut.

Chipset tersebut ialah MediaTek Kompanio yang dijelaskannya menawarkan pengalaman multitasking, performa kencang, namun tetap dapat menghemat daya. Sehingga, cocok digunakan untuk para siswa.

Menurut Cederic, ada tiga jenis chipset yang cocok bagi para pengguna Indonesia. Di antaranya ialah MediaTek Kompanio 250, 520 dan 528.

Dari segi teknologi, MediaTek Kompanio merupakan chipset dengan desain tercanggih. Sebab, dibuat berdasarkan arsitektir octa-core melalui proses silicon 12 node.

“(Mediatek Komapnio) sudah pasti dapat memberikan performa tinggi dengan konsumsi daya yang rendah,” pungkas Cederic yang ditemui pada sebuah acara di bilangan Jakarta Pusat, Kamis (25/5).

Performa dari chipset tersebut juga akan terasa saat para siswa menggunakannya untuk berbagai aplikasi. Mulai dari Google meet, video Youtube dan kegiatan pembelakjaran online.

KompanioCederic Chang, Deputy Director of Corporate Sales Southeast Asia MediaTek

Lebih lanjut, Cederic turut menjelaskan bahwa pihaknya sangat senang dapat bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam pembuatan Chromebook berbasis chipset dari MediaTek. Dia turut membocorkan bahwa akan ada produk chromebook terbaru yang akan diluncurkan di Indonesia menggunakan chipset MediaTek Kompanio.

“Kami percaya bahwa Chromebook dengan MediaTek Kompanio akan segera rilis di Indonesia,” ungkap Cederic.

Meski tak ada penjelasan lebih lanjut terkait detail dari produk tersebut, namun Cederic memastikan bahwa chromebook itu sedang dalam tahap pengembangan.

Mengenal Chipset MediaTek Kompanio 520 dan 528

Chipset MediaTek Kompanio 520 dan 528 sendiri diluncurkan pada November 2022 lalu. Chipset ini diklaim menghadirkan pengalaman yang mulus sehingga konsumen dapat menjelajah, bermain cloud game, streaming dan menggunakan aplikasi Google Play. Namun, dapat menghemat masa pakai baterai pula.

MediTek Kompanio 520 dan 528 memadukan dua inti CPU Arm Cortex-A76 premium dalam sebuah CPU Octa-core, mesin grafis dual-core. Sehingga, dapat menghadirkan kinerja yang lebih halus dan responsif.

Arm Cortex-A76 core pada Kompanio 520 beroperasi hingga 2GHz dan beroperasi hingga 2.2 GHz pada Kompanio 528, sembari mengoptimalkan daya tahan baterai di saat yang sama sehingga pengguna dapat bertahan lebih lama di antara pengisian baterai.

CPU octa-core yang kuat dikombinasikan dengan opsi memori dan opsi penyimpanan yang sangat efisien memberikan peningkatan kinerja throughput data sehingga kemampuan multitasking menjadi mudah dan pengguna dapat melakukan proses booting dalam hitungan detik.

Kompanio

Chipset Kompanio ini memungkinkan pembuat perangkat membuat Chromebook dengan kamera 32MP besar untuk pengambilan gambar yang sangat detail. Didukung oleh mesin pencitraan perangkat keras MediaTek, cipset ini bekerja di belakang layar untuk menyempurnakan fotografi dan video secara otomatis, bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Mesin multimedia yang ditingkatkan mencakup decoding VP9 dan encoding H.265 untuk kinerja dua kali lebih cepat dan HiFi-5 DSP khusus untuk pemrosesan mikrofon audio berdaya sangat rendah. Chipset ini juga mendukung perekaman video Full HD 60fps untuk konferensi video tanpa hambatan.

Kompanio 520 dan Kompanio 528 mendukung layar Full HD+ dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan layar eksternal Full HD. Chipset ini memberikan resolusi dua kali lipat lebih baik dari chipset generasi sebelumnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

POCO F Series Siap Buka Segmen Pasar Flagship yang Baru
Gadget

POCO F Series Siap Buka Segmen Pasar Flagship yang Baru

POCO kembali menyiapkan gebrakan baru dengan meluncurkan seri terbarunya, POCO F6. Dengan peningkata..

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera Digital Mirrorless dan Dua Lensa Terbaru
Gadget

FUJIFILM Luncurkan Dua Kamera Digital Mirrorless dan Dua Lensa Terbaru

FUJIFILM Indonesia dengan bangga mengumumkan peluncuran dua kamera digital mirrorless terbaru serta ..

Antusias Tinggi, OPPO A60 Kini Tersedia di Seluruh OPPO Store Indonesia
Gadget

Antusias Tinggi, OPPO A60 Kini Tersedia di Seluruh OPPO Store Indonesia

Saat ini, OPPO A60 telah tersedia di Indonesia dengan harga resmi Rp2.599.000, dan dapat dibeli seca..

Bocor! Ini Jajaran Perangkat yang Diboyong Samsung ke Galaxy Unpacked
Gadget

Bocor! Ini Jajaran Perangkat yang Diboyong Samsung ke Galaxy Unpacked

Perhelatan Samsung Galaxy Unpacked semakin dekat, jajaran produk yang akan diboyongnya pun terungkap..

Febby Rastanty dan Angga Yunanda Ungkap Fitur Favorit dari HUAWEI WATCH FIT 3
Gadget

Febby Rastanty dan Angga Yunanda Ungkap Fitur Favorit dari HUAWEI WATCH FIT 3

Febby Rastanty mengaku terbantu dengan fitur Stay Fit. Sedangkan, Angga Yunanda lebih menyukai desai..


;