Android 14 Bakal Bawa Fitur Battery Health untuk Smartphone dan Tablet

0
Android 14

Gadgetdiva.id — Sebuah rumor menyatakan bahwa Android 14 akan membawa fitur battery health. Fitur tersebut dapat menunjukkan sisa kapasitas maksimum baterai perangkat.

Melansir dari GSMArena, mantan EIC dari XDA-Developers Mishaal Rahman telah mengungkap bahw Google kemungkinanan akan menambahkan beberapa API BatteryManager baru ke Android 14 beta. Dua di ataranya ialah API Publik yang digunakan untuk memberi informasi terkait jumlah siklus dan status pengisian daya.

Sedangkan, sisanya ialah API sistem yang berfungsi untuk melaporkan tanggal pembuatan perangkat, tanggal penggunaan pertama, kebijakan pengisian daya dan kondisi kesehatan baterai.

Dilaporkan oleh Rahman bahwa aplikasi apapun dengan izin BATTERY_STATS dapat memanggil API sistem ini. Namun, hanay tersedia di perangkat Pixel yang menjalankan Android 14 Beta 2 atau lebih tinggi.

Android 14

Pengembang Narek yang mengembangkan aplikasi bernama ABatt yang menggunakan API baru ini untuk melaporkan kesehatan bataerai dan siklus pengisian daya ponsel. Kamu dapat mengunduhnya dari GitLab dan mencobanya di perangkat kamu jika menjalankan Android 14.

Namun, keakuratan data yang dibagikan aplikasi tidak dapat dijamin karena melaporkan apa yang dikembalikan API dan statistik tersebut bergantung pada informasi yang dilacak oleh IC pengisian daya. Hal tersebut juga tergantung dengan apakah HAL mendukung fitur ini atau tidak.

Diharapkan Google akan menambahkan fitur battery health ini untuk Andorid 14 yang stabil. Sehingga, pengguna tak bergantung pada aplikasi seperti Batt untuk memeriksa status kesehatan baterai perangkat kamu.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan