Android 13 Baru Digunakan oleh 15 Persen Perangkat di Dunia

0
Android 13

Gadgetdiva.id — Android 13 hanya digunakan oleh segelintir perangkat aktif saat ini di dunia. Sistem operasi peringkat teratas masih diduduki oleh Android 11.

Data terbaru Google yang dikutip dari 9to5Google, menyatakan bahwa Android 13 saat ini diinstal pada sekitar 15 persen perangkat aktif di seluruh dunia. Di samping itu, Android 11 masih merupakan versi paling umum yang digunakan oleh pengguna Android.

Google sendiri secara berkala akan mengumpulkan statistik terkait banyak perangkat di seluruh dunia yang menjalankan Android — lebih khusus lagi, perangkat yang terhubung ke Play Store selama periode tujuh hari tertentu — dan menawarkannya kepada pengembang melalui Android Studio.

Lebih khusus lagi, pengguna dapat menemukan persentase perangkat yang menjalankan versi Android tertentu atau yang lebih baru. Ini berguna untuk memilih versi Android terendah yang didukung aplikasi, meskipun perusahaan seperti Apple telah menggunakan data publik yang serupa untuk membandingkan peluncuran cepat pembaruan iOS ke perangkat.

Kendati demikian, Android 13 sendiri telah melihat periode pertumbuhan (yang diharapakan) lainnya, naik dari 12,1 persen di bulan April mnejadi 14,7 persen di bulan Juni. Sementara itu, Android 12, 11 dan 10 masing-masing mengalami penyusutan.

Android 11 tetap mempati peringkat posisi teratas dalam pangsa pasar. Sistem operasi tersebut telah digunakan oleh 23,1 persen perangkat global.

Menariknya, satu-satunya versi Androdi lain yang mengalami pertumbuhan antara April dan Juni adalah Android Oreo yang naik dari 6,7 persen menjadi 8,3 persen. Meski, masih turun dari 9,5 persen di bulan Januari.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan