Home Gadget Cara menemukan perangkat Apple yang hilang

Cara menemukan perangkat Apple yang hilang

1
58
iOS 13.4

Aplikasi Find My akan memungkinkan pengguna Apple untuk melacak teman-teman yang mereka bagikan data lokasinya, serta menemukan perangkat Apple mereka, apakah sedang online atau offline.

Pengguna bisa mengandalkan aplikasi Find My iPhone untuk melacak atau menemukan perangkat yang terhubung ke ID Apple, baik iPhone, iPad, Apple Watch, Mac maupun AirPods. Nah, dibawah ini cara menemukan perangkat Apple jika terjadi kehilangan.

Bagaimana aplikasi Find My melacak perangkat Apple yang offline?

Sementara Find My iPhone memungkinkan pengguna untuk melacak perangkat apa pun yang terhubung ke ID Apple, apakah itu iPhone, iPad, Apple Watch, Mac atau AirPods, pengguna hanya akan dapat melihat lokasi perangkat jika sedang online.

Aplikasi Find My Apple akan menawarkan dukungan lokasi offline ketika diluncurkan dalam beberapa minggu. Ini menjelaskan cara kerjanya dan apa yang pengguna butuhkan.

“Anda akan dapat menemukan perangkat yang hilang bahkan jika itu tidak terhubung ke Wi-Fi atau seluler menggunakan lokasi yang bersumber dari kerumunan. Ketika Anda menandai perangkat Anda yang hilang dan perangkat pengguna Apple lain di dekatnya, ia dapat mendeteksi sinyal Bluetooth perangkat Anda dan laporkan lokasinya kepada Anda. Ini sepenuhnya anonim dan terenkripsi dari ujung ke ujung, sehingga privasi setiap orang terlindungi, ” jelas pihak Apple.

Untuk mendekripsi lokasi dan melacak perangkat Anda yang hilang, Anda harus memiliki perangkat Apple sekunder.

Cara menggunakan aplikasi Find My untuk melacak atau menemukan perangkat Apple

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan aplikasi Find My iOS 13 untuk melacak atau menemukan perangkat Apple yang hilang atau hilang:

  1. Buka aplikasi Find My di perangkat Apple (diperlukan iOS 13 atau macOS Catalina)
  2. Klik pada tab ‘Perangkat’ di bagian bawah layar Anda
  3. Cari perangkat Anda dalam daftar (perangkat harus ditautkan ke ID Apple Anda untuk muncul)
  4. Setelah Anda menemukan perangkat yang ingin Anda temukan, ketuk di atasnya
  5. Anda kemudian akan mendapatkan tiga opsi: Hapus, Tandai sebagai Hilang atau Mainkan Suara

Cara menggunakan Find My iPhone untuk melacak atau menemukan perangkat Apple

Seperti disebutkan, aplikasi Find My iPhone (Jika Anda tidak menggunakan iOS 13 beta) masih memungkinkan Anda untuk melacak atau menemukan perangkat Apple, tetapi mereka harus online untuk Anda menemukannya.

Jika suatu perangkat sedang offline, itu masih akan muncul di daftar perangkat Anda dan ada beberapa opsi. Anda bisa mendapatkan aplikasi Find My iPhone untuk Memberitahu Saat ditemukan, Memutar Suara, masuk ke Mode Hilang /Kunci (tergantung perangkat) atau Hapus. Semua opsi akan terjadi ketika perangkat yang hilang terhubung ke internet.

Jika suatu perangkat sedang online, Anda dapat mengetuknya di daftar perangkat Anda dan melihatnya di peta. Untuk melacak atau mencari perangkat Apple menggunakan aplikasi Find My iPhone:

  1. Buka aplikasi Find My iPhone
  2. Masukkan ID Apple Anda
  3. Perangkat Anda akan muncul dalam daftar di bawah peta
  4. Scroll down ke perangkat yang ingin Anda lacak atau temukan dan ketuk di atasnya
  5. Jika online, lihat lokasi di peta
  6. Jika offline, pilih Mainkan Suara, Kunci/Tandai sebagai Hilang atau Hapus.
  7. Jika Anda menggunakan fitur Apple Family Sharing, Anda juga akan dapat melihat perangkat anggota keluarga mana pun di daftar perangkat Anda.

Apa fitur lain yang diharapkan datang ke aplikasi Find My?

Apple dikabarkan akan meluncurkan perangkat Tile-like sendiri, dimana pengguna akan dapat menautkan ke item-item seperti kunci untuk melacak dalam aplikasi  Find My di bawah bagian ‘Item’.

Menurut laporan, pengguna iPhone akan mendapatkan notifikasi ketika mereka dipisahkan dari pelacak Apple dan item yang dilampirkan padanya. Dikatakan bahwa pengguna juga akan dapat mengaktifkan alarm atau kebisingan dari perangkat untuk membantu mereka menemukannya jika hilang.

Rumor juga mengatakan bahwa pengguna akan dapat mengatur lokasi aman untuk item sehingga Anda tidak mendapatkan peringatan setiap kali Anda menjauh dari item dan lokasi tersebut akan dapat dibagikan dengan teman dan keluarga.

Jika item yang dilampirkan pada pelacak Apple yang dikabarkan hilang, pengguna seharusnya dapat mengaktifkan mode hilang khusus, sehingga jika pengguna iPhone lain menemukan item itu mereka akan dapat melihat informasi kontak untuk pemilik, yang memungkinkan mereka untuk memanggil atau mengirim pesan kepada pemiliknya.

Aplikasi Apple Find My Friends dan Find My iPhone pada perangkat Apple akan segera dikonsolidasikan ke dalam aplikasi baru bernama “Find My” ketika iOS 13 dan macOS Catalina mendarat akhir bulan ini.

Baca jugaCara petinggi Apple dan Microsoft didik anak, jauh dari gadget

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here