Samsung Galaxy S24 Ultra Rumornya Bakal Pakai Snapdragon 8 Gen 3

0
Galaxy Unpacked 2024
Galaxy S23 Ultra

Gadgetdiva.id — Samsung rumornya akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 eksklusif untuk perangkat Galaxy S24 Ultra di seluruh pasar. Namun, tidak untuk jajaran Galaxy S24 lainnya.

Rumor tersebut disampaikan oleh The Elec yang menyatakan bahwa Galaxy S24 Ultra akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 secara eksklusif. Kabar baiknya, perangkat dengan chipset baru tersebut akan diluncurkan pada seluruh pasar smartphone.

Sayangnya, hanya Galaxy S24 Ultra saja yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 ini. Jajaran lainnya seperti Galaxy S24 dan Galaxy S24+ akan tersedia dalam varian Exynos 2400 dan Snapdragon 8 Gen 3, tergantung wilayahnya.

Kemungkinan, Galaxy S24 dan Galaxy S24+ dengan chipset Exynos 2400 akan tersedia untuk pasar Afrika, Asia, Eropa dan Amerika Latin. Sedangkan, untuk versi Snapdragon 8 Gen 3 akan tersedia di Amerika Utara termasuk Kanada dan Amerika Serikat.

Serupa dengan yang dilakukan Samsung saat meluncurkan seri Galaxy S22. Kini, perusahaan sedang dalam tahap akhir untuk memutuskan pendistribusian varian ponsel Galaxy S24, kemungkinannya sangat kecil untuk mengubah strateginya kembali.

Sementara itu, Samsung sendiri baru meluncurkan chipset Exynos 2400. Perusahaan telah mengonfirmasi bahwa Galaxy S24 Series akan menjalankan chipset tersebut.

Keputusan Samsung untuk menggunakan chipset tersebut pada seri flagship terbarunya menimbulkan banyak kontroversi. Beberapa pengguna ragu untuk membeli Galaxy S24 Series yang menjalankan Exynos.

Exynos 2400 sendiri menggunkan CPU yang diklaim 70% lebih cepat dan pemrosesan AI 14,7 kali lebih cepat daripada generasi sebelumnya. Chipset ini juga dilengkapi dengan GPU Xclipse 940 yang bebrasi arsitektur RDNA3 terbaru AMD.

Samsung sendiri belum meluncurkan statistiknya untuk kinerja GPU. Akan tetapi, perusahaan mengkalim bahwa chip ini menawarkan kinerja pelacakan sinar yang jauh lebih baik dalam game.

Chipset ini dibuat pada node LPP+ 4nm Samsung Foundry dan memiliki CPU 10-Core. Sedangkan, Snapdragon 8 Gen 3 diperkirakan bakal menggunakan node terbaru TSMC. Namun, beberapa laporan mengklaim bahwa mungkin ada versi pada proses 3nm dan 4nm.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan