Inilah 5 Kelebihan Hp Lipat Galaxy Z Flip5: Sertifikasi IPX8 hingga 4K Recording di Cover Screen!  

0
Kelebihan Galaxy Z Flip5

Kelebihan Galaxy Z Flip5 yang menawarkan berbagai inovasi menjadi salah satu faktor pendorong meningkatnya tren hp lipat di Indonesia. Data Google Trends di Indonesia menunjukkan penelusuran “HP Lipat” di YouTube dan Google tumbuh lebih dari 56%.

Melihat tren yang meningkat tersebut, tahun ini Google melakukan survei konsumen dan menggandeng Samsung untuk menyampaikan insight faktor-faktor yang membentuk pertimbangan masyarakat Indonesia untuk membeli smartphone lipat.

Baca juga: Riset Google Nyatakan 62% Orang Indonesia Mau Punya Ponsel Lipat

Berdasarkan hasil survei konsumen yang dilaporkan pada 19 Oktober 2023 lalu, ditemukan bahwa 3 dari 5 (62%) responden menginginkan hp lipat saat mereka nanti membeli smartphone baru. Survei dilakukan terhadap 1.514 responden berusia 18-55 tahun di berbagai provinsi di Indonesia.

Hal utama yang mendorong daya tarik smartphone lipat bagi masyarakat Indonesia dibandingkan smartphone biasa adalah inovasinya, dengan 7 dari 10 orang Indonesia melihat smartphone lipat sebagai “inovasi tercanggih” saat ini. Namun, faktor terbesarnya adalah bahwa smartphone lipat dipandang sebagai produk yang dapat lebih meningkatkan produktivitas, gaya hidup, dan kenyamanan.

Hampir 9 dari 10 responden setuju bahwa smartphone lipat model “flip” menawarkan kenyamanan dan manfaat gaya hidup yang lebih baik dibandingkan smartphone biasa. Alasan paling populer masyarakat Indonesia mempertimbangkan untuk membeli smartphone lipat adalah faktor-faktor seperti portabilitas yang terbukti dari ukurannya yang ringkas, kemudahan untuk melakukan panggilan video dan membuat konten, tanpa perlu membuka lipatan  smartphone; serta dipandang sebagai smartphone yang stylish.

Kelebihan Galaxy Z Flip5

kamera galaxy z flip5

Makin penasaran dengan apa saja kelebihan Galaxy Z Flip5 yang merupakan hp lipat terbaru dari Samsung? Simak ulasannya berikut ini.

1. Desain Fashionable dengan Hinge yang Kuat

Salah satu kelebihan Galaxy Z Flip5 adalah form factor atau bentuk fisiknya yang fleksibel dan portabel. Smartphone ini memiliki layar utama berukuran 6,7 inci yang dapat dilipat menjadi bentuk persegi, sehingga menjadi lebih kompak dan stylish. Kelebihan Galaxy Z Flip5 adalah menggabungkan portabilitas dan gaya, menciptakan pengalaman ponsel pintar yang benar-benar baru.

Dengan desain yang compact, kamu dapat dengan mudah menyimpan ponsel pintar dalam saku. Terdapat Flex Window yang diperluas meruntuhkan batasan dalam ekspresi dan penggunaan dengan berbagai pilihan kustomisasi yang beragam dan akses ke fitur produktivitas.

Baca juga: Hasil Foto Jernih dari Kamera Galaxy Z Flip5, Momen Sore Sampai Malam

Salah satu tantangan terbesar dalam membuat HP lipat adalah hinge atau engsel yang menghubungkan dua bagian layar. Hinge harus kuat dan tahan lama, namun juga fleksibel dan halus.

Samsung mengembangkan mekanisme engsel baru bernama Flex Hinge yang memungkinkan perangkat dilipat dengan kondisi minim hingga tanpa celah. Samsung mengklaim penggunaan Hinge baru ini turut mendorong kenyamanan saat pengguna menggenggam ponsel cerdas terbarunya.

Desainnya disebut tetes air atau waterdrop karena memiliki titik lipat di kedua sisi engsel berbentuk tetes air, diklaim mampu mengurangi ketegangan di layar dan memungkinkan layar terlipat dengan rapat. Dengan mengadopsi Flex Hinge milik Samsung, Galaxy Z Flip5 menawarkan daya tahan yang lebih baik dan tahan lama.

Ketahanan Galaxy Z Flip5 juga terbukti dari sertifikat IPX8 yang dimiliki Galaxy Z Flip5 yang menunjukkan bahwa kedua perangkat ini tahan terhadap air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Galaxy Z Fold 5
2. Prosesor Gahar

Galaxy Z Flip5 tidak hanya unggul dalam desain, tetapi juga dalam performa. HP lipat ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, yang merupakan prosesor terbaru dan tercanggih dari Qualcomm.

Prosesor ini memiliki kecepatan hingga 3 GHz dan mendukung konektivitas 5G, yang membuat Galaxy Z Flip5 dapat menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar dan cepat. Prosesor ini juga hemat energi dan memiliki fitur AI processing, yang meningkatkan kemampuan kamera, suara, dan keamanan Galaxy Z Flip5.

Agar pengalaman pengguna makin mulus, Samsung juga mengembangkan One UI 5.1, sebuah antarmuka yang dirancang khusus untuk smartphone lipat. Antarmuka ini menawarkan pengalaman pengguna yang intuitif, responsif, dan nyaman di berbagai mode lipat, ukuran layar, orientasi perangkat, termasuk kemampuan kustomisasi yang lebih personal dimana pengguna bisa lebih kreatif dalam mengekspresikan diri lewat wallpaper di tampilan Flex Window dari Galaxy Z Flip5, baik itu dengan foto dan video lucu, graphic art yang unik, hingga ragam widget terpersonalisasi yang paling menggambarkan kepribadian dan keseharian penggunanya.

3. Kamera Andal

Galaxy Z Flip5 memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi 12 MP, yang terdiri dari kamera utama wide-angle dan kamera ultra-wide-angle. Kamera ini dapat menghasilkan foto dan video yang jernih dan detail, bahkan dalam kondisi cahaya rendah berkat fitur AI processing dalam fitur Multi-frame processing.

Kamera ini juga memiliki fitur seperti OIS (Optical Image Stabilization), HDR10+, Super Steady Mode, Night Mode, Single Take, dan lainnya. Selain itu, Galaxy Z Flip5 juga memiliki kamera depan dengan resolusi 10 MP, yang terletak di layar bagian dalam. Kamera depan ini dapat digunakan untuk selfie, video call, atau face unlock.

Memanfaatkan kelebihan Galaxy Z Flip5 sebagai hp lipat, terdapat fitur FlexCam yang memungkinkan kamu mengambil foto atau video dari berbagai sudut dengan menggunakan mode lipat. Kamu bisa menggunakan kamera belakang sebagai kamera selfie dengan melipat perangkat setengah terbuka dan melihat hasilnya di layar kedua. Kamu juga bisa menggunakan kamera depan sebagai kamera utama dengan melipat perangkat sepenuhnya dan melihat hasilnya di layar utama.

Galaxy Z Fold 5

4. Baterai Tahan Lama

Untuk mendukung aktivitas sehari-hari, Galaxy Z Flip5 dibekali baterai 3,700 mAh. Di atas kertas, kemampuan baterai ini bisa dipakai untuk menelepon hingga 35 jam, memutar video 20 jam, mendengarkan musik 57 jam.

Perangkat ini mendukung teknologi 25W fast charging, yang bisa menambah daya hingga 50% dalam waktu 30 menit, pas untuk Gizmo friends yang sedang tidak memiliki waktu banyak ketika harus berlanjut ke aktivitas berikutnya. Selain menggunakan kabel, juga ada opsi untuk mengisi daya secara nirkabel dengan kecepatan maksimum 15W.

Menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dengan fabrikasi 4nm, konsumsi dayanya justru lebih hemat dibandingkan chipset flagship terbaik Qualcomm generasi sebelumnya. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan perangkatnya lebih leluasa, tanpa harus mengaktifkan mode hemat daya ataupun mengisi daya di tengah hari.

Dengan baterai hemat daya, kamu bisa menggunakannya lebih leluasa sepanjang hari, tanpa takut low-batt sebelum malam berakhir. Mulai dari aplikasi pendukung pekerjaan harian, sampai membuat konten menarik lewat sejumlah fitur kamera yang memudahkan dengan Flex Mode.

5. Dukungan Galaxy Ecosystem

Galaxy Z Flip5 bukan HP lipat biasa, tetapi bagian dari Galaxy Ecosystem, yaitu jaringan perangkat Samsung yang saling terhubung dan terintegrasi. Berkat Galaxy Ecosystem, kamu dapat memaksimalkan pengalaman menggunakan Galaxy Z Flip5 dengan berbagai kemudahan dan keuntungan.

Galaxy Z Flip 5

Misalnya, dapat menghubungkan Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Watch6 Series dengan seamless. Jam tangan pintar terbaru dari Samsung yang memiliki fitur seperti deteksi denyut jantung, pengukur tekanan darah, pelacak aktivitas fisik, dan lainnya.

Kamu juga dapat mengakses berbagai layanan dan aplikasi eksklusif dari Samsung, seperti Samsung Pay, Samsung Health, Samsung Members, dan lainnya. Dengan Galaxy Ecosystem, Galaxy Z Flip5 menjadi lebih dari sekadar HP lipat, tetapi juga teman sehari-hari yang membantu menjalani hidup lebih mudah dan menyenangkan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan