Pasar Tablet Global Turun selama Q3, Apple Rajanya

0
Pasar Tablet

Gadgetdiva.id — Pasar tablet dilaporkan menurun pada kuartal ketiga tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Penurunan ini terjadi dari bulan Juli hingga September.

Menurut International Data Corporation (IDC), para produsen mengirimkan sejumlah 33,2 juta unit yang merupakan penuruan 14,2 persen dari tahun ke tahun (yoy). Namun, pasar tablet tersebut pulih dari penurunan sebesar 29,9 persen dalam pengiriman dari kuartal sebelumnya, yakni Q2.

Dalam laporan tersebut ditemukan bahwa Apple berhasil memimpin pasar tablet secara global. Perusahaan mengirimkan sebesar 12,5 juta unit dan meraih 37,5 persen pangsa pasar di Q3.

Perusahaan besar Korea Selatan, Samsung, berada di urutan kedua dengan jumlah 6 juta pengiriman dan 18 persen pangsa pasar. Lenovo dan Huawei berada di posisi ketiga dan keempat dengan pangsa pasar tablet masing-masing sebesar 7,9 dan 6,8 persen.

Dilanjtukan dengan Amazon yang berada di posisi kelima dengan jumlah 2,2 juta unit terjual. Serta, pangsa pasar sebesar 6,5 persen.

Laporan tersebut menambahkan bahwa sejumlah merek telah menyadari bahwa tablet bekerja paling baik dengan PC dan Smarpthone. Sebab, dapat menawarkan lebih banyak perangkat lunak dan layanan yang terintegrasi di perangkat masa depan.

Pertumbuhan yang signifikan di pasar tablet tidak diharapkan dalam jangka pendek. Namun, pasar mungkin akan tetap bertahan dalam jangka panjang karena sektor pendidkan dan pertumbuhan kasus penggunaan di berbagai sektor.

Sedangkan, untuk Chromebook, segmen ini menurun 20,8 persen pada kuartal ketiga tahun ini. Namun, sektor pendirikan diperkirakan akan mengangat pasar di masa depan.

Acer memimpin pasar Chromebook dengan pangsa 28 persen. Sedangkan, HP dan Dell berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 19 persen. Lenovo berada di posisi keempat dengan pangsa 18 persen, serta ASUS berada di posisi kelima dengan pangsa 6,4 persen.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan