Sport Photography Cukup Tricky? Ini Kata Fotografer

0
sport photography

Gadgetdiva.id — Fotografi bertema olahraga atau sport photography memang saat ini sedang naik daun. Tidak mudah memang mengabadikan momen dimana objek bergerak dengan cepat dan tidak terfokus pada satu gerakan. Makanya, banyak yang bilang jika fotografi olahraga cukup tricky, apalagi menggunakan smartphone.

Hal ini diungkap oleh fotografer ternama Muhammad Sadam. Dia menyebut, sport photography memang cukup tricky. Namun dia yakin, beragam teknik pro photography bisa dengan mudah diterapkan, apalagi saat mengabadikan momen berolahraga dalam kondisi apapun. Semua ini menggunakan Samsung Galaxy Z Fold5.

Menurut Sadam, sport photography memang sedang menjadi tren seiring dengan banyaknya kegiatan olahraga yang menjamur dan bisa menjadi objek untuk membuat konten. Misalnya, olahraga hiking, bersepeda, sampai golf. Nah, yang terakhir ini, kata Sadam, salah satu yang disebut cukup tricky.

sport photography

“Golf photography jadi salah satu yang paling happening tapi juga sebenarnya cukup tricky, apalagi kalau dilakukan di lapangan dan di malam hari. Dan pas saya coba pakai Galaxy Z Fold5 HP lipat anti-ribet dan compact ternyata mampu menangkap foto yang terang dan detail dan fotografi lowlight-nya juga canggih,” papar Sadam.

Selain itu, kata dia, desainnya pun beda. Dengan Flex Cam bisa membantu untuk eksplor berbagai angle. Ditambah banyak setting-an yang bisa dicoba untuk teknik-teknik fotografi pro pakai Expert RAW.

“Jadi gak perlu repot-repot deh bawa kamera besar ke lapangan, apalagi buat para golfer yang pengen punya foto estetik pake Fold5 nya mereka tambah gampang,” kata Sadam.

Nah, Sadam mencoba memberikan tips untuk bisa membuat sport photography, khususnya golf di malam hari lebih estetik.

Tips Sport Photography ala Sadam

Pertama, kata dia, kuncinya ada di gerakan swing golf. Dengan menggunakan flex cam, kita bisa memainkan angle saat objek sedang mengayunkan stik seolah memukul bola. Di sini, kita bisa explore sudut-sudut menarik saat mengambil foto self portrait saat melakukan swing golf dengan memanfaatkan Flex Cam sebagai tripod. Letakkan Galaxy Z Fold5 dalam keadaan tertekuk sejajar dengan permukaan tanah. Kamu bisa meletakkannya di rumput untuk mengambil sudut rendah atau bisa juga di kereta golf untuk mengambil angle sejajar mata atau angle tinggi untuk hasil yang bervariasi.

“Kalau sudah dapat angle yang diinginkan, kita bisa juga eksplor permainan lensa. Misalnya, pakai lensa 0,5 untuk ngambil latar belakang sekitar yang estetis dalam foto swing. Atau justru mau pakai zoom untuk ambil detail atau frame yang lebih menarik. Kalau mau kualitas fotonya lebih tajam, kita bisa aktifin pengaturan resolusi 50 MP pada Wide Camera yang bisa digunakan sampai 6x zoom, jadi ketika di-zoom pun hasil gambarnya masih tajam banget. Buat yang nggak mau ribet, juga bisa pakai mode burst. Tinggal tekan tombol shutter sambil tarik ke bawah saat mengambil adegan swing,” kata Sadam.

Kedua, bisa juga mengandalkan Expert RAW ala-ala fotografer profesional di Samsung Galaxy Z Fold5. Kita bisa mencoba teknik-teknik unik seperti Multi Exposure untuk menggabungkan foto teknik melakukan swing dengan foto latar belakang scenery gedung-gedung di sekitar lapangan golf layaknya fotografer profesional.

sport photography

“Buat yang suka fotografi, harus banget sih coba fitur Expert RAW di Galaxy Z Fold5. Yang masih beginner pun nggak perlu minder atau takut bingung, karena pengaturan-pengaturannya mudah dan praktis banget. Yang penting kita paham elemen dasar fotografi seperti ISO, Shutter Speed dan Exposure. Ketika mau ambil shot detail dari teknik bermain golf, perhatikan cahaya sekitar objek. Jika masih cukup terang, atur ISO di pengaturan terendah, seperti 100. Namun jika dalam kondisi lowlight, atur ISO di atas 400. Sesuaikan juga pengaturan shutter speed dengan objek yang akan difoto. Jika ingin mengambil gambar objek yang tidak banyak bergerak, atur shutter speed di 1/60 sampai 1/100. Atau mau coba teknik foto gaya siluet ketika bermain golf saat sunset, tinggal turunkan ISO ke pengaturan terendah dan shutter speed di pengaturan tertinggi. Uniknya lagi ada fitur multi-exposure untuk ngegabungin dua foto untuk kasih kesan lebih dramatis,” tambah Sadam.

Untuk melakukan teknik fotografi ini, kamu tinggal atur pengaturan multi-exposure dan pilih mode manual. Dan langsung ambil dua foto yang ingin kamu gabungkan. Hasilnya bisa dilihat langsung di galeri. Kamu juga bisa melakukan retouching langsung di galeri tanpa perlu aplikasi pengeditan tambahan, seperti menambahkan filter, menghapus objek yang tidak diinginkan dengan object eraser, dan lain sebagainya. Bahkan kamu bisa menambahkan filter langsung saat ingin mengambil foto.

sport photography

Jika di malam hari, bisa gunakan nightography. Kemampuan Nightography pada Galaxy Z Fold5 telah didukung dengan teknologi terbarukan yang mampu mereduksi noise dan meningkatkan ketajaman foto low light. Kemampuan Nightography ini bisa semakin stand out dengan mengaktifkan Night Mode yang ada di bagian menu kamera. Fitur Night Mode bisa memungkinkan kamu untuk mendapatkan konten sekeliling yang tetap terang.

Ingin merasakan kecanggihan kamera Galaxy Z Fold5 untuk golf photography yang aesthetic? Kamu bisa mendapatkan Galaxy Z Fold5 secara langsung di toko daring, gerai retail terdekat, serta di aplikasi Samsung Shop yang baru-baru ini hadir di Indonesia. Galaxy Z Fold5 yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp24.999.000.

Samsung juga memudahkan konsumen untuk beralih ke HP lipat lewat program trade-in. Pengguna Galaxy Z Series generasi terdahulu bisa mendapat potongan harga dan cashback hingga Rp1.000.000. Program ini juga berlaku bagi pengguna berbagai device Samsung dan perangkat dari brand lain. Jadi, siapa pun bisa mudah menukar device lamanya dan beralih ke Galaxy Z Fold5 untuk menikmati pengalaman perangkat lipat yang tidak ada di smartphone lain.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini