Indonesia Gadget Award 2023 Sukses Digelar, Ini Daftar Pemenangnya

0
Indonesia Gadget Award 2023

Gadgetdiva.id — GadgetDiva dan Gizmologi sukses menggelar perhelatan Indonesia Gadget Award (IGA) 2023 pada Selasa (14/11/2023) malam. Merupakan perhelatan perayaan penghargaan tahunan bagi industri elektronik di Indonesia.

Tahun ini, Indonesia Gadget Award 2023 mengusung tema “Inovasi dan Kolaborasi Wujudkan Resiliensi” di era endemi. Dibandingkan dua tahun sebelumnya, intensitas untuk beraktivitas, bertatap muka dan berkolaborasi tentu jauh lebih tinggi. Kita semua membutuhkan pendamping seperti gawai yang bisa membantu segala aktivitas.

Sejalan dengan semangat yang ditekankan oleh Presiden RI, Joko Widodo supaya kita semua dapat mengedepankan kerja sama di tengah rivalitas global saat ini. Oleh sebab itu, kolaborasi menjadi tema inti dari perhelatan Indonesia Gadget Award 2023.

Indonesia Gadget Award 2023 juga turut berkolabirasi bersama firma riset global Counterpoint. Guna memberi insight terbaru seputar gadget di tahun ini dan kedepannya.

“Pada kesempatan ini, mari kita merayakan semangat inovasi dan kolaborasi sebagai upaya untuk mewujudkan resiliensi dalam industri kita. Kita apresiasi pencapaian-pencapaian luar biasa untuk terus mendorong pertumbuhan ekosistem teknologi dan digital di Indonesia,” ungkap Chief Editor Gizmologi Bambang Dwi Atmoko.

Keberhasilan brand dalam menghadirkan gadget terbaik dengan inovasi terdepan, terbukti langsung dengan hasil survei polling Gizmologi & GadgetDiva yang membuat mereka menjadi pemenang di Indonesia Gadget Award 2023. Survei tersebut melibatkan 1146 responden.

Berdasarkan hasil survei, ada tiga faktor penentu masyarakat dalam membeli smartphone. Di antaranya sebagai berikut.

Sebesar 20,53% responden menyatakan kinerja yang mulus menjadi faktor penentu mereka dalam membeli smartphone. Sebanyak 18,84% responden menyatakan alasannya membeli perangkat karena kualitas kamera.

Kemudian, sebesar 14,06% responden menyatakan harga smartphone yang bersaing. Dua poin penting setelahnya adalah dukungan baterai yang tahan lama serta memori lega untuk menyimpan banyak file maupun aplikasi.

“Ide untuk melibatkan firma riset Counterpoint sendiri sudah kami rencanakan sejak tahun lalu, menjadikan IGA sebagai acara yang juga bisa memberikan hasil riset terkini tentang pasar gadget di Indonesia. Tentunya tidak semerta dari kami, kami juga melibatkan para pembaca Gizmologi dan GadgetDiva untuk mengisi polling survei yang kemudian memberikan hasil penilaian dalam acara award ini. Kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung kelancaran acara, termasuk teman-teman media, KOL, tech reviewer, brand, serta rekan PR yang ikut meramaikan acara ini,” kata Ketua Pelaksana IGA 2023 Prasetyo Herfianto. 

Indonesia Gadget Award 2023 kali ini terselenggara berkat dukungan dari ASUS, Samsung, Telkomsel, Indosat, dan XL. Serta, beberapa media partner di antaranya TrendTech, Teknobuzz, Tek.id, YangCanggih, CanggihID, Gadgetsquad, Traveldiva dan Otodiva. 

Daftar Pemenang Indonesia Gadget Award 2023

Di Indonesia Gadget Award 2023, ada tujuh kategori penghargaan yang terbagi atas Best Gadget for Business, Best Gadget for Gaming, Best Gadget for Creators, Best Gadget for Education, Best Wearable Devices, Best Smart Home Devices dan Best Provider.

Sementara, total sekitar 20 penghargaan yang diberikan oleh IGA 2023. Berikut adalah daftar pemenangnya.

Indonesia Gadget Award 2023

Best Gadget for Business

  • Best Laptop for Business: Lenovo ThinkPad Z13
  • Best Smartphone for Business: Samsung Galaxy Z Fold5

Best Gadget for Gaming

  • Best Laptop for Gaming: ASUS ROG Zephyrus Duo 16 GX650
  • Best Smartphone for Gaming: ASUS ROG Phone 7
  • Best Value Smartphone for Gaming: Infinix GT 10 Pro

Best Gadget for Creators

  • Best Laptop for Creators: ASUS Vivobook 14X OLED
  • Best Smartphone for Creators: Samsung Galaxy S23 Ultra
  • Best Value Smartphone for Creators: Samsung Galaxy A34 5G

Best Gadget for Education

  • Best Laptop for Education: ASUS Vivobook Go 14
  • Best Tablet for Education: Xiaomi Redmi Pad SE

Best Wearable Devices

  • Best Smartwatch: Huawei Watch GT4
  • Best Value Smartwatch: Xiaomi Redmi Watch 3 Active 
  • Best Audio Devices: JBL Tour Pro 2

Best Smart Home Devices

  • Best Smart TV: Samsung
  • Best Home Security: Bardi
  • Innovative Home Appliances: LG Wash Tower

Best provider

  • Most Innovative Internet Provider: IndiHome by Telkomsel
  • Most Innovative Telco Operator: Indosat Ooredoo Hutchison
  • Most Innovative Fixed Mobile Convergence: XL Satu by XL Axiata

Best Gadget for Woman: Garmin vivoactive 5

Gadget of The Year 2023: Samsung Galaxy S23 Ultra

Counterpoint Beber Tren Pasar Smartphone Q3 2023

Menjadi salah satu bagian inti acara Indonesia Gadget Award 2023, perwakilan dari Counterpoint secara langsung membagikan insight baru terkait pasar smartphone selama Q3 2023.

Dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, tren perilisan model smartphone baru meningkat hingga 10% YoY. Terutama pada segmen harga kurang dari Rp3 jutaan, dengan beberapa contoh seperti Infinix GT10 Pro, Redmi 12, maupun iTel P40.

Dibandingkan tahun lalu, Samsung masih tetap merajai pasar smartphone Indonesia dengan jumlah pengapalan mencapai 20%, meski ada penurunan 1% dibandingkan tahun lalu. Febriman Abdillah, Senior Analyst Counterpoint mengatakan, Samsung berhasil meraih peringkat pertama berkat dukungan dari smartphone dengan segmen harga kurang dari Rp3 jutaan maupun rentang harga Rp3-6 juta.

Yang tidak kalah menarik, Xiaomi berhasil menjadi brand smartphone yang behasil naik ke urutan ketiga, menorehkan nilai kenaikan tertinggi hingga 30% YoY di Q3 2023.

Indonesia Gadget Award 2023

“Xiaomi terus berupaya dalam memperkuat pasokan, distribusi, serta program penjualannya melalui sejumlah metode seperti promosi maupun diskon khusus,” jelas Febriman.

Counterpoint memperkirakan bila ke depannya anggaran untuk membeli smartphone bakal menjadi tolak ukur dalam menentukan pilihan. Terkait hal ini, berbagi faktor seperti promosi harga, program bundling, trade-in, hingga skema cicilan bisa menjadi pilihan yang mampu menarik pembelian.

Selain itu, intensitas penggunaan yang tinggi membuat konsumen semakin mengharapkan peningkatan spesifikasi seperti RAM, penyimpanan, baterai, layar, dan fitur kamera dalam harga terjangkau.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan