Peredam Bising Galaxy Buds FE Bikin Terbuai Dengerin Lagi Seven Jung Kook

Review Samsung Galaxy Buds FE

0
galaxy buds fe
Samsung Galaxy Buds FE

Gadgetdiva.id — Lagu Seven yang dinyanyikan Jung Kook, si maknae boyband BTS, memang sudah lama diputar di hampir semua platform musik, termasuk media sosial. Namun saat mendengarkan dengan menggunakan Samsung Galaxy Buds FE, saya langsung sadar. Ternyata lagunya ga seperti yang kita kira selama ini, Paradiva!

Samsung Galaxy Buds FE yang saya gunakan ini memang sangat pas di rongga telinga. Tidak takut jatuh, walaupun saat digunakan ketika sedang berolahraga. Di sela gerakan zumba yang saya ikuti dari YouTube sambil mendengarkan lagu Seven, ternyata ada dua versi lagu tersebut yang beredar.

Yep! Berkat Samsung Galaxy Buds FE saya baru sadar kalau lirik Seven ada yang agak ‘nakal’. Mungkin tidak semua Paradiva menyadari. Namun saya sebagai salah satu Army sepertinya bukannya tidak sadar, hanya tidak peduli saja. Pasalnya, saat mendengarkan lagu tersebut, saya hanya membayangkan wajah Jungkook.

Galaxy Buds FE
Samsung Galaxy Buds FE

Every hour, every minute, every second
You know night after night (Night after night)
I’ll be lovin’ you right (I’ll be lovin’ you right)

Lirik di atas adalah versi ringannya, Paradiva. Sedangkan versi yang ‘nakal’ adalah sebagai berikut:

Every hour, every minute, every second
You know night after night (Night after night)
I’ll be fuckin you right (I’ll be lovin’ you right)

Bagus sih jika ada dua versi begini. Setidaknya, manajemen Jung Kook sadar jika tidak semua Army adalah orang yang sudah dewasa. Ada juga yang masih bocil.

Tapi saya masih tercengang dengan kemampuan Samsung Galaxy Buds FE yang cukup lantang di telinga saya. Bayangkan, ketika berada di keramaian pun, perangkat mungil ini mampu meredam bising sampai tak ada suara sama sekali, kecuali suara lagu Seven yang mengalun.

Desain Samsung Galaxy Buds FE

Perangkat mungil memiliki kemasan yang mungil pula. Cangkang rumah Buds FE memiliki ukuran yang ramah di kantong, sama seperti harganya yang hanya Rp1 jutaan. Buds FE bisa diselipkan di saku celana atau kantong baju.

Tersedia dalam warna grafit (abu-abu) atau putih, Galaxy Buds FE memiliki sentuhan akhir matte dengan panel sentuh luar kapasitif. Dalam kemasannya disertai juga tiga pasang bantalan telinga (eartips) silikon dan dua pasang wingtips untuk keamanan tambahan. Ujung sayap yang lebih besar memiliki jambul kecil yang membulat di bagian atas.

galaxy buds fe

Casing pengisi daya memiliki bagian luar berwarna putih mengkilap, apa pun varian warna yang dibeli, namun warna bagian dalamnya serasi dengan lubang suara. Saya bukan penggemar eksteriornya yang licin karena terkadang terlepas dari tangan saya lebih dari sekali selama pengujian. LED status berada di bawah bibir bagian depan, sementara port USB-C di bagian belakang memungkinkan pengisian daya melalui kabel USB-C-ke-USB-C yang disertakan. Pengisian daya nirkabel tidak didukung.

Tahan saat dilanda gerimis

Buds atau TWS saat ini memang banyak digunakan untuk menemani penggunanya berolahraga. Namun tidak banyak TWS yang bisa dibawa basah-basahan atau tahan saat terkena keringat yang mengucur. Nah, Buds FE ini ternyata memiliki sertifikat IPX2. Ini artinya, earpiece dapat menahan air yang menetes, seperti keringat atau gerimis hujan rintik-rintik.

Samsung tidak memberikan rincian rentang frekuensi atau ukuran driver, tetapi earbud FE ini mendukung Bluetooth 5.2 dan bekerja dengan codec AAC, Samsung Scalable (SSC), dan SBC. Opsi milik Samsung cukup dinamis dari 88kbps hingga 512kbps, seperti AptX Adaptive, namun juga dapat menandingi kualitas LDAC 24-bit, 96KHz pada ponsel dan tablet Samsung dengan Android 7.0 atau lebih baru.

Jika kebetulan kita memiliki ponsel Android non-Samsung dan ingin melakukan streaming audio resolusi tinggi melalui Bluetooth, bisa gunakan headphone dengan dukungan LDAC.

Tahan Lama

Samsung Galaxy Buds FE mampu bertahan sekitar 6 jam per charge dengan ANC aktif atau 9 jam dengan ANC nonaktif. Kasing ini memiliki masa pakai baterai ekstra 21 atau 30 jam dengan ANC aktif atau nonaktif. Angka-angka ini adalah rata-rata untuk segmen tersebut, dan hasil nyata akan bervariasi berdasarkan tingkat volume mendengarkan dan pilihan codec yang biasa digunakan.

galaxy Buds FE

Cara Pakai

Panel luar setiap earbud memiliki kontrol sentuh kapasitif. Seperti kebanyakan tombol kapasitif, keduanya mudah dioperasikan dan rentan terhadap penekanan yang tidak disengaja. Di salah satu lubang suara, ketuk satu kali untuk mengontrol pemutaran, dua kali untuk melompati trek, dan tiga kali untuk beralih ke trek sebelumnya. Secara default, menahan salah satu panel akan mengalihkan antara mode ANC dan Ambient. Di aplikasi pendamping, kita dapat mengonfigurasi gerakan ini untuk beralih ke mode ANC atau Ambient, namun tidak dapat menambahkan opsi nonaktif ke siklus pemilihan awal.

Jika tidak, ketuk dua kali akan menjawab atau mengakhiri panggilan, sementara gerakan sentuh dan tahan akan menolak panggilan masuk. Kita dapat menonaktifkan opsi ketuk, ketuk dua kali, dan ketuk tiga kali melalui aplikasi, tetapi hanya gerakan sentuh dan tahan yang dapat dikonfigurasi ke fungsi lain (perintah suara, kontrol volume, atau akses cepat ke Spotify). Gestur ini juga satu-satunya yang mendukung fungsi berbeda untuk setiap lubang suara.

Untuk lebih memaksimalkan pemakaian Buds FE bisa dihubungkan melalui aplikasi Samsung Galaxy Wearable yang hanya tersedia untuk ponsel dan tablet Android. Untuk Windows 10 dapat mengunduh aplikasi Galaxy Buds serupa di PC. Dapat juga memasangkan earphone dengan perangkat iOS melalui Bluetooth, tetapi tidak akan mendapatkan akses ke opsi yang tersedia dalam aplikasi Wearable.

Earbud akan menampilkan akses ke beberapa preset EQ: Bass Boost, Clear, Dynamic, Normal (default), Soft, dan Treble Boost. Tidak ada opsi khusus di sini, tetapi kita dapat melakukan tes kesesuaian earbud, mengaktifkan akses Bixby handsfree, beralih dengan cepat antarperangkat yang masuk ke akun Samsung, mengaktifkan deteksi in-ear, mengunduh pembaruan firmware, dan memulihkan pengaturan pabrik.

Jadi, pastikan earbuds kamu sudah berada di telinga dan dengarkan lagu-lagu Jung Kook sambil pahami liriknya, ya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan