Penjualan Smartphone Lipat Dobrak Rekor Pasar di Q3 2023

0
Samsung
Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Gadgetdiva.id — Sebuah laporan menyatakan bahwa penjualan smartphone lipat telah berhasil mencapai rekor selama Q3 2023. Yakni, sepanjang bulan Juli hingga September 2023.

Menurut laporan dari DSCC (Display Supply Chain), menyatakan bahwa penjualan smartphone lipat ini melonjak sebesar 215% dibanding dengan Q2 2023. Serta, jika dibandingkan dengan Q3 2022, menjadi sebesar 7 juta unit. Jumlah tersebut melampaui angka di kuartal tahun lalu, yakni sebesar 6,1 juta.

Pangsa pasar smartphone lipat Samsung ialah 72% yang mendominasi. Angka tersebut turun dari 86% tahun lalu. Samsung memiliki dua model terlaris yakni, Z Flip 5 dengan pangsa pasar 45% dan Z Fold 5 dengan pangsa pasar 24%.

Posisi kedua diduduki oleh Huawei dengan angka 9%. Perangkat yang diunggulkannya ialah Huawei Mate X3 yang memiki pangsa pasar 6%.

Kemudian, diikuti oleh Honor yang memiliki pangsa pasar sebesar 8%. Perangkat yang diunggulkannya ialah Honor Magic V2 dengan pangsa pasar yang juga sebesar 6%.

Adapun beberapa alasan mengapa penjualan smartphone lipat ini berhasil mencapai rekor selama Q3 2023. Seperti, meluncurnya Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5. Serta, meningkatnya persaingan smartphone lipat dari pasar China.

Lebih lanjut, laporan tersebut juga memprediksi bahwa pangsa pasar Huawei diperkirakan akan melonjak menjadi 21%. Posisi tersebut diikuti oleh Honor sebesar 19%. Mate X5 akan naik ke peringkat model No.2 dengan pangsa pasar 15%.

Kemudian, baru diikuti oleh Z Flip 5 di 22% dan melampaui Fold5. Honor Magic V2 akan naik ke posisi ketiga, dengan demikian juga menyalip Fold5, yang hanya akan mengelola pangsa pasar 12%.

Untuk setahun penuh 2023, penjualan ponsel lipat diperkirakan akan meningkat 23% dibandingkan tahun 2022 menjadi 15,8 juta unit. Lima model teratas untuk seluruh tahun ini adalah, dalam urutan ini, Galaxy Z Flip5, Z Fold5, Z Flip4, Honor Magic V2, dan Huawei Mate X5.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan