Keunggulan Snapdragon 7s Gen 2 yang Dijalankan pada POCO X6 5G

0
Dimensity 8300-Ultra

Gadgetdiva.id — POCO X6 5G baru saja dirilis pada pasar global pekan lalu. Perangkat tersebut menjalankan chipset Snapdragon 7s Gen 2.

Menurut penjelasan dari Product PR Manager POCO Indonesia Abee Hakiim, chipset Snapdragon pada 7s Gen 2 ini membawa banyak peningkatan yang mampu memaksimalkan fitur dengan AI pada smartphone. Sebab itu, pihaknya memilih untuk menggunakan chipset ini.

“POCO melihat di chipset ini banyak peningkatan fitur-fitur AI. Dari sisi performa pun ekstrem untuk di kelasnya, jadi itu kenapa kita bawa produk POCO X6 5G yang dilaunching di global dengan chipset ini,” papar Abee dalam acara workshop dengan media dan tech reviewer di Jakarta Pusat pada Selasa (16/1).

Snapdragon 7s Gen 2
Product PR Manager POCO Indonesia Abee Hakiim dalam acara Workshop bersama media, Selasa (16/1).

Chipset Snapdragon 7s Gen 2 sendiri masih tergolong baru. Chipset ini diklaim memiliki performa yang luar biasa dengan teknologi 4nm, sehingga memungkinkan performa cepat dan kuat. Apalagi disertai dengan peningkatan kinerja yang kuat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Snapdragon 7s Gen 2 juga turut dilengkapi dengan fitur Snapdragon Elite Gaming. Dimana memungkinkan pengguna untuk bermain game yang luar biasa.

Keunggulan Chipset Snapdragon 7s Gen 2

Snapdragon 7s Gen 2 sejatinya ialah varian lite dari Snapdragon 7 Series lainnnya. Salah satu bagian yang spesial ialah chipset ini memiliki NPU bernama Hexagon.

NPU Hexagon ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan perangkat dalam menjalankan fitur-fitur dengan AI. Kemampuan ini memungkinkan perangkat untuk mengurangi noise dalam perangkat saat ingin membidik foto.

NPU tersebut dilengkapi dengan Qualcomm AI Engine yang dioptimasi. Teknologi mampu membantu pengguna dalam navigasi, pemanfaatan fitur kesehatan, musik. Termasuk pula berbagi aplikasi lainnya seperti scan QR code atau face unlock secara cepat dengan Sensing Hub.

Snapdragon 7s Gen 2 AI juga berefek positif pada sektor kamera, melalui Qualcomm Low Light yang menghasilkan foto maupun video yang tajam dan terang. Di sisi lain, teknologi noise cancellation berbasis AI bikin suara kita terdengar jelas saat melakukan video call di mana pun.

“Snapdragon 7s Gen 2 ini yang memberikan alternatif untuk para OIM dalam membuat smartphone dengan kemampuan-kemampuan dan juga performance yang ok, tapi harganya lebih terjangkau lagi,” ungkap Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto.

Snapdragon 7s Gen 2 ini menggunakan CPU Kryo dengan arsitektur kecepatan puncak hingga 2,4Ghz. Adapun pembagian delapan core, di antaranya ialah 4 core performa dengan clock speed hingga 2,4 GHz dan 4 core efisiensi hingga 1,95GHz.

Snapdragon 7s Gen 2 Chipset ini menggunakan GPU Qualcomm Adreno yang diklaim dapat menghasilkan visual anti patah-patah. GPU ini didukung oleh berbagai fitur dari Snapdragon Elite Gaming yang mampu menyempurnakan tiap tampilan, suara dan strategi.

Di samping itu, ada juga Qualcomm Game Quick Touch yang dapat mereduksi latensi pada sentuhan layar hingga tingkat serendah milidetik. Sedangkan, Variable Rate Shading dapat mengoptimasi perenderan grafis agar detil lebih optimal ketika kita bermain game dalam rentang waktu yang panjang.

Untuk mengoptimalisasi fitur kamera pada POCO X6, chipset Snapdragon 7s Gen 2 ini memanfaatkan kapabilitas Triple 12-bit ISP dari Qualcomm Spectra ISP.

Teknologi tersebut dapat menawarkan pengambilan gambar rangkap tiga bersamaan dengan pemrosesan ultra-cepat Zero Shutter Lag secara paralel. Plus, zoom yang mulus untuk menghasilkan foto serta video yang mendetail.

Ditambah, render oleh AI De-Noising (AIDE) menghasilkan foto yang lebih jernih dan tajam, serta perekaman dalam 4K HDR menciptakan video yang begitu nyata dengan tingkat kecerahan yang tinggi dan warna gelap yang dalam.

Snapdragon 7s Gen 2

“AI De-noising, kemampuan AI-nya itu lumayan bagus, cukup tinggi, punya NPU sendiri. Salah satu pemanfaatannya adalah untuk menghilangkan noise dalam foto. Apalagi kalau kita sedang memotret dalam keadaan cahaya minim,” pungkas Susanto.

Di sektor audio, Snapdragon 7s Gen 2 dilengkapi dengan dukungan Snapdragon Sound Technology Suite. Kemampuan tersebut diklaim dapat membuat pengguna menikmati kualitas suara lossless dan bebas glitch.

Adapun Qualcomm Quick Charge 4+ Technology. Merupakan teknologi yang memungkinkan pengecasan hape berlangsung dalam kecepatan dari 0 sampai 50% hanya dalam waktu 5 menit.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan