5 Fitur AI di Samsung Galaxy S24 Series yang Terbukti Bikin Makin Produktif

0
Try Galaxy
Mobile AI di Samsung Galaxy S24 Series.

Gadgetdiva.id — Fitur AI di Samsung Galaxy S24 Series telah diperkenalkan. Bahkan perangkat itu menjadi salah satu gadget paling dinanti tahun ini. Hal tersebut dikarenakan Galaxy S24 Series telah dibekali dengan teknologi artificial intelligence (AI) yang mumpuni.

Tiga varian yang dikenalkan di lini smartphone tersebut mulai dari Galaxy S24, Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra. Semuanya memiliki teknologi AI yang diperuntukkan sesuai segmennya, walau spesifikasi galaxy S24 Ultra lebih tinggi ketimbang dua varian lainnya.

Seperti apa sih fitur smartphone di Galaxy S24 Series yang dibekali AI? Tentunya yang makin mempermudah hidup kita, bisa multitasking dengan kerjaan lainnya, sampai otomatis membantu kegiatan sehari-hari.

Fitur AI di Samsung
Samsung Galaxy S24 Series

Nah, berikut 5 fitur AI di Samsung Galaxy S24 Series beserta manfaat dan cara penggunaannya:

Circle to Search with Google

Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari informasi lebih lanjut tentang objek atau teks tertentu pada layar dengan cepat. Hanya dengan melingkarkan jari membentuk lingkaran di sekitar objek atau teks yang ingin dicari, lalu pilih opsi pencarian untuk hasil yang lebih rinci.

Fitur AI di Samsung
Mobile AI di Samsung Galaxy S24 Series.

Circle to Search with Google sangat berguna untuk mengidentifikasi objek yang tidak kita tahu, baik saat sedang berwisata atau sekedar ingin mengetahui benda yang ada di depan mata. Hasil identifikasi juga akan memuat beberapa link terkait, misalnya jam pelayanan, rute, itinerary, sampai link ke ecommerce untuk membeli.

Live Translate

Live Translate adalah salah satu bentuk inovasi dari Galaxy AI, pengalaman mobile AI yang komprehensif dari Samsung. Fitur ini terintegrasi ke dalam sambungan telepon pada perangkat Galaxy dan menggunakan teknologi AI untuk terjemahan waktu nyata. Semua data disimpan dan diproses secara lokal di perangkat, memastikan kecepatan dan privasi. Saat ini, terjemahan langsung mendukung 13 bahasa di 17 wilayah, dan diharapkan lebih banyak lagi bahasa yang akan ditambahkan di pembaruan mendatang.

Cara pakainya pun gampang. Setelah menginstal bahasa yang ingin digunakan, pengguna tinggal telepon ke nomor pihak yang berbeda bahasa, klik Call Assist, kemudian pilih Live Translate. Nantinya, semua percakapan orang yang sedang ditelepon akan langsung diterjemahkan ke dalam teks yang tampil di layar.

Web Assist

Banyak orang yang mulai menggunakan tren TL/DR atau Too Long, Don’t Read. Nah, fitur Web Assist sangat membantu kita untuk memberikan bantuan instan saat menjelajahi web. Lebih tepatnya, istilahnya, menyimpulkan sebuah artikel berita. Hal ini bisa dilakukan karena Galaxy S24 bisa mendeteksi teks pada halaman web dan menyediakan informasi tambahan.

Galaxy AI

Untuk mengaktifkan Web Assist saat menjelajahi web, pilih artikel yang mau dibaca, klik ikon biru di bagian bawah, lalu tinggal pilih summary atau translate. Mudah kan?

Transcript Assist

Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuat transkripsi teks dari rekaman audio atau video. Jadi saat meeting, tak perlu lagi notulen. Cukup rekam menggunakan Galaxy S24 series maka semua audio akan tertranskrip secara otomatis.

Caranya, gunakan aplikasi perekam suara atau video, lalu aktifkan Transcript Assist. Setelah merekam, perangkat akan secara otomatis menghasilkan transkripsi teks dari rekaman tersebut.

Note Assist

Bisa jadi, ini salah satu andalan untuk meningkatkan produktivitas. Note Assist bisa otomatis mendeteksi dan mengonversi tulisan tangan pengguna menjadi teks. Tidak hanya itu, tulisan tersebut juga bisa diedit.

Gunakan aplikasi catatan atau S Note, dan saat menulis tangan, Note Assist akan mengenali tulisan tersebut dan mengubahnya menjadi teks yang dapat diedit.

Penting untuk diingat bahwa cara penggunaan masing-masing fitur dapat bervariasi sedikit tergantung pada model dan versi perangkat lunak Galaxy S24 Series. Pastikan untuk mengikuti panduan pengguna resmi atau tutorial yang disediakan oleh Samsung untuk memanfaatkan fitur-fitur AI ini secara optimal.

Ketiga varian Samsung dijual dengan harga yang berbeda. Galaxy S24 Ultra hadir mulai dari harga Rp21.999.000 (12/256GB), lalu Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai Rp16.999.000(12/256GB) sedangkan Galaxy S24 tersedia mulai dari harga Rp13.999.000 (8/256GB).

Selama masa pre order hingga tanggal 6 Februari 2024, konsumen bisa menikmati cicilan mulai dari Rp583.291 per bulan. Banyak juga penawaran menarik untuk konsumen saat melakukan pre order, mulai dari free double storage yang menguntungkan hingga Rp3.000.000. Dengan mekanisme ini, saat kamu membeli Galaxy S24 Ultra kapasitas 256GB maka device yang akan kamu dapatkan adalah galaxy S24 Ultra dengan kapasitas storage 512GB. 

Belum lagi, kamu bisa mendapat keuntungan cashback ketika melakukan pre-order melalui mekanisme trade-in dari seri flagship sebelumnya dengan nilai mencapai Rp2.500.000, serta cashback lain senilai Rp1.500.000 dari rekanan bank. Segeralah melakukan pre order untuk bisa mendapatkan total promo diatas hingga senilai Rp. 4.000.000 selama masa pre order yang tinggal beberapa hari. Tidak kalah menarik, jika kamu melakukan pre order, maka akan mendapat e-SIM XL exclusive offer, yakni gratis 120GB Data Plan selama 1 tahun. Semua manfaat dan promo ini bisa kamu dapatkan melalui samsung.com/id maupun Samsung Store terdekat. Bisa klik di sini.

Kamu juga bisa langsung mengunjungi Pre Order booth hingga 4 Februari 2024 di mal-mal terdekat, seperti Central Park, Kota Kasablanka, Senayan City, Grand Indonesia, Living World Alam Sutera, Lippo Mall Puri, dan Pondok Indah Mall 1. Di sini kamu bisa mendapatkan pengalaman Galaxy AI secara langsung dari mulai area Circle to Search with Google yang bernuansa Seoul subway hingga Live Translation dan Chat Assist ala restoran di Korea.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan