Samsung rilis Galaxy Fold di Amerika Serikat

0
Samsung Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold yang lama tertunda kini sudah mulai dijual di AS pada 27 September lalu. Samsung mengatakan bahwa perangkat lipat yang meningkatkan teknologi jaringan dari 4G ke 5G ini akan tersedia di AT&T, Best Buy dan Samsung Experience tertentu.

Meskipun masih belum ada tanggal rilis resmi di Inggris, beberapa penggunanya di London terlihat sudah menggunakan Fold. Hal ini karena jumlah perangkat yang tersedia sangat terbatas di toko-toko tertentu.

Versi pertama Galaxy Fold ditunda setelah banyak pengulas AS berakhir dengan unit ulasan perangkat yang rusak. Nyatanya terdapat kotoran di dalam mekanisme engsel, sementara kebanyakan pengguna menghapus apa yang mereka pikir sebagai pelindung layar tetapi ternyata itu merupakan lapisan integral ke layar.

Baca juga, Samsung Galaxy Tab S6, kerja gak harus dikantor!

Samsung telah menyelipkan lapisan itu di bawah bezel dan menambahkan tutup berbentuk T pada engsel untuk menghilangkan kotoran dan debu masuk. Seperti, pengguna dilarang menekan layarnya terlalu kencang, dan harus memperhatikan agar tak ada debu yang menyelip di antara layarnya ketika ditutup.

Namun seperti yang ditunjukkan video Youtuber teknologi spesialis uji ketahanan smartphone, JerryRigEverything, solusi tersebut tidak akan menghentikan sedikit kerapuhan pada perangkat ini.

Di uji ketahanan berupa goresan, bagian luar dari perangkat ini cukup kuat. Hal ini agak berbeda di bagian layar lipat, di mana sedikit goresan akan melukai layarnya yang berbahan plastik bahkan dengan kuku, layar bisa tergores.

Jika hal ini dianggap rapuh, tentu bukan aspek satu-satunya dari Galaxy Fold yang lemah. Pasalnya Galaxy Fold merupakan perangkat smartphone futuristik yang hampir semua aspek dari perangkat ini memang tidak sekuat smartphone konvensional.

Ketahanan ponsel ini pun bukan satu-satunya masalah bagi Galaxy Fold, karena Samsung juga sudah mewanti-wanti para pengguna ponsel layar lipatnya dalam penggunaan agar lebih ekstra berhati-hati.

Hal ini terlihat dari peringatan yang diberikan pihak Samsung kepada pengguna Galaxy Fold ketika pertama kali menyalakan perangkat bahwa Galaxy Fold tidak tahan air dan debu. Bahkan perangkat keras milik samsung diprediksikan akan bertahan selama dua atau tiga tahun ketika digunakan secara normal.

Secara keseluruhan, peluncuran ini merupakan pencapaian luar biasa yang dimiliki Samsung, namun sejak awal perangkat canggih ini sudah diklaim bermasalah. 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan