iPhone Rajai Pasar Smartphone Global di Q4 2023, Susul Samsung

0
iPhone
iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max

Gadgetdiva.id — Apple berhasil menduduki tujuh posisi teratas dalam daftar Best Selling Smartphone alias ponsel paling laris secara global selama Q4 tahun 2023. Posisi tersebut disampaikan oleh laporan terbaru dari Counterpoint.

Laporan tersebut bertajuk Global Monthly Handset Model Sales Tracker yang mengkurasi sekitar 10 smartphone yang terdapat dalam jajaran best selling smartphone. Terungkap bahwa pangsa pasar 10 smartphone tersebut mencapai angka tertinggi yang pernah ada, yaitu 20% di tahun 2023. Angka ini naik sebesar 19% di tahun 2022.

Peringkat pertama diduduki oleh iPhone 14 yang menyumbang 19% dari total penjualan iPhone untuk tahun 2023. Angka ini turun dari pangsa 28% dari penjualan iPhone 13 yang menjadi ponsel paling laris di tahun 2022.

iPhone
Ilustrasi iPhone 14

Diketahui, wilayah Amerika Serikat dan China menyumbang setengah dari pengiriman iPhone 14. Selanjutnya, diikuti oleh iPhone 14 Pro Max yang menduduki peringkat kedua, iPhone 14 Pro menduduki peringkat ketiga dan disusul oleh iPhone 13.

Kemudian, seri iPhone 15 menempati tiga posisi teratas dalam daftar ponsel terlaris di pasar global selama Q4 2023. Varian yang paling laris ialah iPhone 15 Pro Max yang menduduki posisi kelima.

iPhone
iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max

iPhone 15 Pro menduduki posisi keenam, sedangkan iPhone 15 menduduki posisi ketujuh. Kendati demikian, Counterpoint melihat total penjualan Apple tetap datar selama tahun 2023, meskipun pesaing utamanya mengalami penurunan. Stabilitas ini sebagian disebabkan oleh dorongan signifikan dari pasar negara berkembang seperti India, Timur Tengah dan Afrika.

Di samping itu, Counterpoint juga melihat adanya diferensiasi signifikan antara iPhone 13 dan iPhone 14. Sehingga, mempengaruhi penjualan kedua smartphone tersebut.

“Diferensiasi terbatas antara iPhone 13 dan iPhone 14 menyebabkan adopsi yang lebih rendah dari varian dasar dan peningkatan penjualan varian iPhone Pro, yang menawarkan peningkatan substansial seperti Dynamic Island, chipset yang lebih canggih dan kecepatan refresh layar yang lebih tinggi,” ungkap laporan tersebut dikutip pada Kamis (22/2).

iPhone 14
Galaxy A14

Meski iPhone merajai pasar global, tiga smartphone Samsung masih menjadi ponsel paling laris. Jajaran ponsel tersebut berasal dari Galaxy A Series.

Samsung Galaxy A14 5G menduduki posisi kedelapan yang didorong oleh penjualan yang tinggi di Amerika Serikat dan India. Kemudian disusul oleh Galaxy A04e dan A14 4G yang menduduki dua tempat terakhir berkat harganya yang terjangkau. Dua smartphone ini paling laris di Indonesia, Brazil, India dan Meksiko.

Counterpoint memperkirakan 10 smartphone terlaris di tahun 2024 akan mewakili proporsi yang lebih besar dari total penjualan smartphone. Sebab, para perusahaan berfikus pada portofolio yang lebih ramping.

“Kami memperkirakan merek-merek China akan masuk ke dalam daftar tersebut. Dan dengan semakin banyaknya OEM yang meluncurkan model khusus 5G, 10 besar pada tahun 2024 kemungkinan besar akan menjadi khusus 5G,” tutup Counterpoint.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan