Review realme 5 Pro, kamera 48MP penting banget!

Akhirnya Gadgetdiva mendapat kesempatan untuk review realme 5 Pro hadir di Indonesia. Ponsel penerus dari salah satu kandidat populer di rentang harga tiga jutaan itu kini bernama realme 5 Pro. Ponsel pintar yang dikatakan akan dijual di rentang harga tiga jutaan ini hadir dengan beberapa peningkatan. Meski begitu yang paling mencolok dari peningkatan-peningkatan itu adalah keberadaan Quad Camera.

Berikut review realme 5 Pro beserta penilaiannya, dan apakah ponsel ini layak sebagai penakluk pasar di kelas menengah rentang harga Rp 3 Jutaan.

Desain
Masih setia dengan material plastik, saat kami review realme 5 Pro perangkat ini memiliki desain yang masih senada dengan pendahulunya. Jika dilihat sekilas mungkin desain yang diusungnya 11-12 dengan realme 3 Pro. Terlebih ada varian dengan warna kombinasi ungu dan biru yang disebut sebagai pilihan warna Sparkling Blue dan alternatifnya yang bernama Crystal Green.

Ciri yang menjadi pembeda adalah motif di belakangnya. Masih dengan permukaan mengilap, kali ini gradasi warna di bagian belakang memiliki kilau potongan kristal. Motifnya terlihat acak, namun akan memberikan kilau yang menarik saat terkena cahaya. Mungkin inilah kenapa warnanya diberi nama Sparkling dan Crystal.

Bagian belakang ini  juga menjadi titik perbedaan dibanding realme 3 Pro. Bagian kameranya kini lebih panjang karena adanya penambahan kamera. LED flash berada di sebelahnya. Di bagian tengah juga masih setia terpasang sensor sidik jari.

Untuk bagian depan tampilannya masih seragam dengan ponsel terkini lainnya. Dalam area layar FHD+ berukuran 6,3 inci, terdapat poni berbentuk tetesan air atau dewdrop di bagian atas tengah. Area ini menjadi tempat ditaruhnya berbagai sensor juga kamera depan dan earpiece. Begitu kesan yang kami tangkap saat pertama review realme 5 pro.

Performa
Naik dari sebelumnya Snapdragon 710, kini realme 5 Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 712. Sebuah jenis prosesor tergolong baru, yang dibangun dalam arsitektur 10nm. Kinerjanya dikatakan naik hingga 10 persen, juga dengan peningkatan seri GPU Adreno ke 616, kinerja grafis dan efisiensi meningkat hingga 35 persen.

Belum lagi realme 5 Pro menggunakan jenis memori masa kini. Ponsel ini menggunakan LPDDR4X sebagai jenis RAM dan UFS2.1 sebagai jenis memori ROM atau memori internal. Jenis RAM baru memberikan peningkatan kinerja sebesar 15 persen dan jenis ROM-nya memberikan penghematan konsumsi daya sekitar 35 persen. Prosesor yang cepat kombinasi dengan jenis memori cepat, benar adanya memberikan performa yang kencang. Saat kami uji, skor AnTuTu dari realme 5 Pro mampu menembus angka 180.000 poin. Untuk urusan performa kami mudah untuk simpulkan bahwa realme 5 Pro tidak memiliki masalah sama sekali di sini.

Kamera
Ini dia poin yang paling menjadi sorotan sekaligus pembeda terbesar dari seri sebelumnya. Kamera belakang realme 5 Pro menggunakan konfigurasi Quad Camera dengan kamera lensa lebar yang posisinya ada di paling atas + kamera utama 48MP (Sony IMX586 1/2,0 inci) + kamera portrait + kamera makro.

Kamera utamanya memiliki resolusi yang sangat besar di kelasnya. Dengan resolusi 48MP, maka benar adanya hasil terlihat lebih detail dan tajam. Pewarnaannya juga baik, layaknya karakter kamera-kamera ponsel Tiongkok. Ini bisa terjadi karena adanya pelibatan AI dalam pemrosesan foto. Berkat bantuan kamera portrait, hasil kamera mode portrait terlihat lebih rapi dari sebelumnya serta cerdas memotong bagian mana yang harus diblur dan tidak.

Masih terdapat mode pemotretan yang bernama Nightscape. Dengan mode tersebut, AI akan membantu memaksimalkan hasil kualitas pemotretan dalam kondisi gelap. Mode ini akan meningkatkan eksposur dalam pencahayaan redup, namun tetap mempertahankan detail dan mengurangi noise. Ada juga mode Chroma Boost yang akan memaksimalkan foto agar memiliki warna lebih kontras.

Kamera makronya yang beresolusi 2MP juga menjadi tambahan baru yang segar. Belum banyak ponsel di luar sana yang memberikan kamera makro. Mungkin penggunaannya tidak akan sering, tapi kamera makro ini patut diapresiasi kehadirannya. Detail pada objek kecil dapat tertangkap dengan baik.

Jenis kamera yang sedang populer adalah kamera dengan lensa lebar. Kamera yang terpasang ini memiliki resolusi 8MP. Area tangkapannya mencapai 119 derajat, yang mana cukup luas untuk mengambil pemandangan atau group photo. Baiknya lagi, kamera ini memiliki sistem koreksi distorsi lensa cembung yang umum terjadi. Jadi hasil foto terlihat tidak tertarik bagian sudut-sudutnya. Memang tidak sempurna, tapi setidaknya terlihat lebih baik.

Selfie memang bukan menjadi sorotan utama di sini. Tapi kamera depan yang memiliki AI masih tergolong mumpuni dalam menghasilkan foto diri. Resolusi kamera depannya sebesar 16MP aperture f/2,0 dengan sensor Sony IMX471 dan pengaturan piksel yang lebih besar. Oleh karena itu meski malam hari, hasil selfie masih terlihat baik.

Urusan video, karena sensornya juga mumpuni, realme 5 Pro bisa melakukan perekaman video gerak lambat atau Slo-mo 960fps/720p dan perekaman hingga resolusi 4K. Jika melakukan perekaman dalam resolusi 1080p maka bisa mengaktifkan EIS untuk hasil video yang lebih stabil.

Baterai
realme 5 Pro dibekali baterai berkapasitas 4035mAh. Baterai berkapasitas besar ini dilengkapi fitur VOOC Flash Charge 3.0. Dengan aksesori cas VOOC yang tersedia dalam paket penjualan, dalam kondisi kosong baterai akan terisi kurang dari satu setengah jam. Selain itu dengan sistem keamanan yang berlapis memastikan ponsel tidak akan panas saat dicas sambil digunakan untuk bermain game.

Kesimpulan

Smartphone realme 5 Pro menjadi pendatang baru yang patut diwaspadai oleh kompetitor. Sebab dengan harga yang akan berada di rentang tiga jutaan, ponsel itu bisa membuktikan diri dengan quad camera, pengisian daya baterai cepat, dan performanya yang mumpuni. realme terlihat masih percaya bahwa formulanya adalah yang paling tepat untuk bisa menjadi penakluk pasar ponsel Indonesia. Memang kami rasa demikian adanya.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.