Google Pixel Bakal Dilengkapi dengan Konektivitas Satelit SOS

0
Satelit SOS

Gadgetdiva.id — HP Google Pixel nampaknya akan dilengkapi dengan fitur konektivitas satelit SOS. Fitur tersebut sebelumnya telah dimiliki oleh iPhone dan beberapa smartphone Android lainnya.

Fitur satelit SOS alias Satellite SOS memungkinkan pengguna Google Pixel untuk terhubung dengan layanan darurat. Bahkan, tanpa sinyal seluler atau Wi-Fi.

Kendati demikian, fitur satelit SOS ini belum sepenuhnya beroperasi, Paradiva sudah bisa melihat opsi “Satellite SOS”. Fitur ini dapat ditemukan dalam bagian pengaturan “Safety & Emergency”.

Berdasarkan 9to5Google, pada ponsel Google Pixel yang di-root mengungkapkan menu terperinci. Dimana menjelaskan cara kerja Satellite SOS.

“Dengan Pixel, kamu dapat mengirim pesan ke layanan darurat dan membagikan lokasi kamu saat tidak dapat terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi,” tulis laman SOS Satelit dikutip oleh Gizmochina pada Selasa (5/3).

Rencana Google untuk menghadirkan SOS Satelit pada Pixel gunanya untuk memungkinkan pengguna mengirim pesan ke layanan darurat dan berbagi lokasi mereka melalui Google Maps saat sinyal konvensional tak tersedia. Pengguna mungkin juga memiliki kemampuan untuk memberikan rincian terkait situasi darurat.

Supaya layanan ini berfungsi, Google perlu mengumpulkan data pribadi seperti nama pengguna, nomor telepon dari akun Google mereka dan memaksimalkan tiga kontak darurat.

Selain itu, informasi yang dihadirkan juga termasuk lokasi pengguna, detail perangkat dan informasi spesifik. Misalnya, keadaan darurat yang akan dibagikan kepada petugas tanggap darurat dan penyedia layanan satelit.

Google sendiri belum merilis daftar negara dimana fitur ini akan tersedia, tersedia opsi terhubung ke Garmin Search dan Rescue Insurance yang terlibat dalam layanan tersebut. Fitur demonya sendiri belum berfungsi.

Peluncuran fitur Satellite SOS untuk Google Pixel sendiri masih belum jelas. Meskipun demikian, tampilan pengaturan yang tersebar luas di seluruh perangkat Google Pixel dan menu lengkap di belakangnya menunjukkan bahwa fitur tersebut akan diluncurkan.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan