Snapdragon Luncurkan Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3, Ini Keunggulannya!

0
Snapdragon 8s Gen 3
Over the shoulder view of a young Asian woman using artificial intelligence on smart phone while drinking coffee, enjoying a relaxing afternoon at sidewalk cafe in the city.

Gadgetdiva.id — Qualcomm mengenalkan chipset terbarunya yang bernama Snapdragon 8s Gen 3. Merupakan chipset dengan fitur AI generatif on-device yang membawa beragam keunggulan.

Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 yang terdiri atas beragam fitur unggulan yang diklaim dapat menghadirkan kemampuan gaming yang realistis, konektivitas baru hingga kompresi audio lossless dengan resolusi high-definition. Chipset ini dirancang menggunakan mode AI large language models (LLM) seperti Baichuan-7B, Llama 2 danGemini Nano.

“Dengan kemampuan AI generatif on-device dan fitur fotogrfi canggih, Snapdragon 8s Gen 3 dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mendorong kreativitas dan produktivitas di kehidupan sehari-hari,” ungkap Senior VP and General Manager of Mobile Handset Qualcomm Technologies Inc dalam pernyataan resminya, Senin (18/3).

Snapdragon 8s Gen 3 merupakan chipset 4nm yang memiliki 1x Core Prime Cortex-X4 3.0 GHz, 4x Core Perfomance Cortex-A720 2.8 GHz dan 3x Cortex-A520 2.0GHz. Plus, didukung oleh GPU Adreno 735.

Lebih lanjut, chipset ini memiliki dukungan display hingga 4K @ 60 Hz atau QHD+ @ 144Hz. Serta, dukungan tampilan eksternal maksimum hingga 8K UHD @ 30Hz atau 1080 @240 Hz.

Keunggulan Snapdragon 8s Gen 3

Snapdragon 8s Gen 3 telah mengadopsi teknologi Qualcomm Spectra Triple Cognitive ISP dengan dukungan sensor hingga 200MP. Dengan kemampuan ini, kamera dapat melakukan segmentasi semantik real-time yang dapat mengoptimalkan foto dan video hingga 12 lapisan. Kemampuan ini juga dapat memungkinkan perangkat melakukan tracing antara bagian foreground dan background.

Tak sampai di situ, chipset ini mendukung teknologi Snapdragon Low Light Vision (LLV) yang dapat merekam konten dengan hasil yang tajam dan bebas noise. Bahkan, dalam kondisi cahaya minim sekalipun.

Adapun dukungan Always Sensing Kamera dengan fitur ultra-low power yang dapat memungkinkan facial unlock dengan cepat. Didukung dengna kenyamanan dan keamanan diklaim tertinggi.

Menariknya lagi, chipset ini telah membawa dukungan generatif AI on-device yang dapat memungkinkan pengguna menjalankan teknologi tersebut tanpa koneksi internet hingga 10 miiar parameter. Pengguna juga dapat membuat berbagai konten mulai dari prompt lisan, tulisan atau gambar dalam sekejap berkat 30 model bahasa besar (LLMs) dan model visi besar (LVMs) yang terpasang di dalamnya.

Snapdragon 8s Gen 3

Di sisi penggunaan gaming, Snapdragon 8 Gen 3 telah menggunakan dukungan Snapdragon Elite Gaming yang dilengkapi dengan fitur Ray Tracing Hardware-Accelerated serta dukungan layar Quad HD+ 144Hz yang dapat memberi resolusi tamjam dan grafis lancar.

Kemudian, untuk mendukung kualitas audio, SoC ini dilengkapi dengan Snapdragon Sound Technology Suite. Teknologi tersebut terdiri atas Qualcom Aqstic Speaker Technology, Qualcomm aptX Lossless hingga LE Audio.

Pada sisi konektivitas, Snapdragon 8s Gen 3 menggunakan Modem-RF System Snapdragon X70 5G yang telah diakselerasi menggunakan AI dan mengadopsi standar 5G. Ditambah dengan dukungan WiFi 7 dengan Qualcomm Fast Connect 7800 yang dapat mencapai kecepatan hingga 5,8Gbps dan fitur Simultaneous Multi-Link High Band yang memungkinkan perangkat memilih sinyal Wi-Fi terkuat secara instan.

Snapdragon 8s Gen 3 akan disematkan pada beberapa OEM, termasuk Honor iQOO, realme, Redmi, dan Xiaomi. Perangkat pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8s Gen 3 diharapkan akan meluncur pada bulan Maret 2024.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan