Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dan Threads di China, Apa Alasannya?

0
WhatsApp

Gadgetdiva.id — Apple menghapus aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store di China. Hal ini dilakukan atas permintaan pemerintah setempat karena alasan keamanan.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut mengonfirmasi bahwa mereka telah menghapus kedua aplikasi tersebut di China. Penghapusan WhatsApp dan Threads ini dilakukan atas instruksi dari Cyberspace Administration of China.

“Cyberspace Administration of China memerintahkan penghapusan aplikasi-aplikasi ini dari etalase China berdasarkan masalah keamanan nasional mereka,” ungkap Apple dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari The Guardian, Jumat (19/4).

Apple menyatakan bahwa mereka harus mematuhi hukum di China. Sekalipun, perusahaan tidak menyetujuinya.

WhatsApp dan Threads

Beberapa waktu belakangan ini, China memang telah banyak memblokir aplikasi dan situs web asing, termasuk WhatsApp dan Threads. Sehingga, pengguna setempat tak lagi mendapat akses.

Kendati demikian, mereka tetap bisa mendapatkan akses jika menggunakan VPN. Selain itu, pengguna Apple di China masih bisa mengunduh WhatsApp dan Threads jika memiliki akun iCloud yang ditetapkan di luar China.

WhatsApp dan Threads
Foto: CNET

Aturan tersebut dibuat berdasarkan permintaan dari Partai Komunis yang berkuasa di China. Sebab, dengan penyensoran komprehensif terhadap beberapa topik sensitif di media sosial dan pemantauan komunikasi.

Partai ini dilakukan untuk mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak dalam mengonsumsi internet.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan