Gadget

Pasar Smartphone Global Naik 6% Selama Q1 2024, Ini Faktornya

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Laporan dari Counterpoint Research menunjukkan bahwa pasar smartphone global berhasil naik sebesar 6% yoy (year-on-year) selama Q1 2024. Pertumbuhan ini sebagian besar disebabkan oleh kinerja yang kuat pada beberapa wilayah seperti Eropa, Timur Tengah dan Afrika, serta Karibia dan Amerika Latin.

Diketahui bahwa pasar smartphone global tumbuh sebesar 6% YoY dengan mencapai angka sebesar 296,9 juta unit pengiriman global selama Q1 2024. Angka ini meningkat sebanyak 280,2 juta unit dari Q1 2023.

Counterpoint turut mengungkap pendapatan smartphone global tumbuh sebesar 7% YoY pada Q1 2024. Merupakan angka tertinggi yang pernah ada dalam satu kuartal kalender pertama.

Salah satu faktornya ialah ponsel kelas menengah menjadi yang paling diminati oleh konsumen. Yakni, ponsel yang dijual dengan harga USD 100 – 399 atau sekitar Rp. 1,6 jutaan – 6,4 jutaan.

Diketahui bahwa jumlah pengiriman ponsel global kelas menengah berkontribusi sebesar 53%. Kendati, masih lebih kecil dibandingkan dengan tahun 2023, yakni sebesar 54%.

“Pengiriman smartphone tumbuh selama kuartal pertama karena pasar negara berkembang melanjutkan momentum yang kuat, sementara Eropa, terutama Eropa Tengah dan Timur, tumbuh paling tinggi dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2023 yang sulit,” ungkap Analis Senior Counterpoint Prachir Singh dalam pernyataan resminya dikutip Rabu (8/5).

Kendati demikian, Singh melihat adanya permintaan konsumen di pasar-pasar tersebut telah tumbuh secara bertahap dengan tingkat persediaan telah membaik. Misalnya, Timur Tengah dan Afrika merupakan wilayah dengan pertumbuhan tercepat sebab adanya pengiriman yang kuat dari beberapa merek seperti TECNO, Xiaomi dan Honor.

Kemudian, pasar smartphone China juga mengalami pertumbuhan karena penjualan Tahun Baru Imlek dan kembalinya Huawei. Pasar India juga mengalami pertumbuhan di akhir tahun 2023, sedangkan Amerika Utara dan Jepang mengalami penurunan dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023.

Lebih lanjut, pasar smartphone global saat ini masih dipimpin oleh Apple dan Samsung. Apple memimpin dengan pangsa sebesar 43%, meskipun pendapatannya menurun 11% YoY.

Sedangkan, pendapatan Samsung tumbuh sebesar 2% YoY dengan pangsa pasar sebesar 20%. Angka ini didorong oleh peningkatan ASP sementara pengiriman tetap datar.

Di samping itu, Xiaomi menjadi merek dengan pertumbuhan pendapatan tercepat karena kinerja yang kuat pada pasar-pasar utamanya. Pendapatan pasar untuk sejumlah merek seperti Huawei, Honor dan Transsion juga mengalami pertumbuhan yang signifikan.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Kreativitas Tak Bisa Dihancurkan: Samsung Sindir Iklan Apple iPad Pro
Gadget

Kreativitas Tak Bisa Dihancurkan: Samsung Sindir Iklan Apple iPad Pro

Samsung sindir Apple iPad Pro dalam iklan terbaru, klaim kreativitas tidak bisa dihancurkan dengan m..

iPhone 16 Pro Max Siap Pecahkan Rekor dengan Fitur dan Inovasi Terbaru
Gadget

iPhone 16 Pro Max Siap Pecahkan Rekor dengan Fitur dan Inovasi Terbaru

iPhone 16 Pro Max siap untuk memecahkan rekor baru dunia gadget dengan fitur dan inovasi terbaru dar..

Video Unboxing Poco F6 Pro Muncul Sebelum Peluncuran Resmi
Gadget

Video Unboxing Poco F6 Pro Muncul Sebelum Peluncuran Resmi

Sebuah video unboxing Poco F6 Pro muncul di platform online hanya beberapa hari sebelum peluncuran r..

Bawa Fitur Tebaru, iQOO Z9x 5G Rilis di India
Gadget

Bawa Fitur Tebaru, iQOO Z9x 5G Rilis di India

iQOO resmi mengumumkan kedatangan Z9x 5G ke pasar India. Ponsel ini menargetkan segmen menengah ke b..

Apple Dikabarkan Siap Produksi Panel Layar iPhone 16 Bulan Depan
Gadget

Apple Dikabarkan Siap Produksi Panel Layar iPhone 16 Bulan Depan

Apple dikabarkan akan memulai produksi panel layar untuk iPhone 16 pada bulan depan, menandai langka..


;