Gadget

ASUS TUF Gaming A14: Laptop Gaming Tipis dan Tidak Macho

post-img

Source : LaptopMag

GadgetDiva – Biasanya laptop gaming memiliki bodi dan desain yang cukup maskulin, apalagi spesifikasinya yang bisa menangani tugas-tugas berat sehari-hari, termasuk bermain game berat. Tapi kali ini ASUS mencoba untuk membelokkan hal ini dengan kehadiran ASUS TUF Gaming A14 yang kecil sehingga kesannya imut dan ringan.

ASUS TUF Gaming A14 adalah laptop gaming budget, tetapi jangan membayangkan desain yang besar dan berat. Dengan layar 14 inci dan berat hanya sedikit sekira 1,3 kilogram, laptop ini adalah mimpi sebuah portabilitas. Demikian dilansir Laptop Mag, 10 Juni 2024.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Resmi Terkuak

ASUS memperbarui TUF A14 dan A16 dengan prosesor AMD Ryzen AI terbaru (bernama kode “Strix Point”). Saat ini, laptop imut tersebut baru diperkenalkan di perhelatan Computex 2024 sehingga detail harga dan konfigurasi finalnya belum bisa dijabarkan.

 

Source :gadgetdiva.id

 

Jadi, bagaimana ASUS TUF Gaming A14 dibandingkan dengan laptop gaming murah. Beberapa model ASUS TUF Gaming A14 akan tersedia dalam waktu dekat. Akan tetapi sebagai laptop seri TUF Gaming, harganya akan terjangkau, kemungkinan dimulai di bawah Rp24 juta. Detail lebih lanjut mengenai harga dan konfigurasi akan tersedia mendekati tanggal peluncuran di Q3 2024.

ASUS telah meredam desain A14 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sementara A16 mempertahankan banyak elemen plastik bening pada tombol “W”, “S”, “A”, dan “D” serta rangka di sekitar keyboard, A14 memiliki desain yang lebih minimalis untuk sebuah laptop gaming.

Selain itu kita juga mendapatkan lampu RGB dan GPU diskrit, tetapi TUF A14 adalah laptop gaming untuk pelajar, kreator, atau profesional yang ingin lebih bijaksana tentang kebiasaan bermain game mereka.

Yang benar-benar membedakan TUF A14 adalah seberapa tipis dan ringannya. Dengan berat hanya 3,2 pound dan ketebalan 0,66 inci, TUF A14 hampir seperti ultrabook dalam hal portabilitas. Ketika saya mengangkat A14 dari meja display di Computex, saya ingin tahu di mana sisa laptop itu. Saya baru saja melihat layarnya menyala dan mencoba keyboardnya, tetapi mesin ini sangat ringan sehingga saya hampir tidak percaya mata saya.

ASUS mungkin akan menawarkan berbagai opsi tampilan, tetapi panel IPS 2.5K 165Hz adalah sesuatu yang mengesankan, terutama pada sistem yang lebih ramah anggaran.

Layar pada versi demo di lantai pameran Computex cukup terang untuk bersaing dengan cahaya overhead dan strobo aula pameran, yang menjanjikan bagaimana panel IPS akan bertahan dalam pengujian kami. Layar matte juga cukup tahan terhadap silau, yang merupakan keharusan untuk laptop gaming.

Sekali lagi, kami perlu melihat apakah itu bertahan di laboratorium kami dan bagaimana berbagai konfigurasi tampil, tetapi dari apa yang saya lihat sejauh ini, saya cukup yakin bahwa layar tidak akan menjadi kekurangan pada A14, yang sering menjadi hambatan umum untuk laptop gaming yang terjangkau.

ASUS TUF Gaming A14 hanya memiliki Nvidia GeForce RTX 4060, jadi tidak akan memiliki kartu grafis paling kuat di luar sana. Tetapi seharusnya cukup untuk bermain game dalam resolusi 1080p tanpa masalah.

Tentu saja, jika Anda mendapatkan tampilan 2.5K maka 4060 mungkin sedikit kesulitan dengan frame rate yang konsisten pada resolusi asli. Tetapi selama Anda sadar akan kekurangannya dan memilih resolusi yang lebih rendah, Anda tetap akan mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan.

Karena prosesor Ryzen AI di TUF Gaming A14 baru diumumkan minggu ini, kami belum memiliki benchmark untuk mengukur proyeksi kinerjanya. Tetapi berdasarkan pengalaman langsung saya, TUF A14 seharusnya mampu mengimbangi tab Chrome, email, dan bahkan Photoshop dan Premiere Pro tanpa masalah.

Sebagai laptop yang diposisikan untuk kreator, pelajar, dan gamer, TUF Gaming A14 memang perlu dapat menjalankan beberapa perangkat lunak pengeditan tanpa masalah. Tetapi kita harus menunggu benchmark laboratorium dan ulasan penuh kami untuk membuat penentuan yang tepat.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

iPhone Lama Terancam Kehilangan Fitur AI Terbaru
Gadget

iPhone Lama Terancam Kehilangan Fitur AI Terbaru

iPhone lama berisiko kehilangan fitur AI terbaru dari Apple. Pelajari perangkat yang terpengaruh dan..

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Resmi Terkuak
Gadget

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Resmi Terkuak

Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 dengan Snapdragon 8 Gen 3, kamera 200MP, dan desain baru akan d..

Garmin Vivoactive 5: Smartwatch Canggih untuk Pelari dan Pencinta Kebugaran
Gadget

Garmin Vivoactive 5: Smartwatch Canggih untuk Pelari dan Pencinta Kebugaran

Garmin Vivoactive 5 adalah jam tangan pintar dengan berbagai fitur kebugaran, desain stylish, dan la..

Realme 12+ 5G: Smartphone Mid-Range dengan Fitur Unggulan dan Harga Bersahabat
Gadget

Realme 12+ 5G: Smartphone Mid-Range dengan Fitur Unggulan dan Harga Bersahabat

Realme 12+ 5G menyajikan performa kuat, layar AMOLED 120Hz, dan kamera serbaguna dengan harga terjan..


;