Gadget

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Bakal Turut Dapatkan iOS 18 dengan Fitur AI

post-img

Source : 9to5Mac

GadgetDivaApple dikabarkan bakal membawa sistem operasi iOS 18 dengan fitur AI pada iPhone lama. Namun, hanya untuk dua model iPhone 15 Pro, yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Menurut Mark Gurman, fungsi AI dasar pada iOS 18 ini hanya akan berjalan di smartphone saja. Sedangkan, fitur yang lebih canggih membutuhkan kemampuan pemrosesan lebih dan akan mengandalkan server Apple.

Mengutip dari Gizmochina, laporan sebelumnya menyatakan bahwa Apple tengah mengembangkan chipset untuk digunakan pada servernya guna mengembangkan fitur AI. Untuk menangani pemrosesan teknologi tersebut, perusahaan juga turut mengembangkan chipset seri M pada servernya.

Lebih lanjut, Apple juga tak akan menawarkan fitur AI berbasis cloud ke lebih banyak iPhone. Hal ini bisa jadi karena infrastrukturnya yang terbatas. Oleh sebab itu, hanya perangkat iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max saja yang dapat mumpuni fitur tersebut.

iOS 18 kabarnya akan menyertakan fitur-fitur AI seperti peringkasan notifikasi (disebut Greymatter Catch Up), penghilangan objek dari gambar, aplikasi catatan yang telah diubah dengan kemampuan konversi dan peringkasan suara-ke-teks, dan masih banyak lagi. Pengembangan ini juga menambahkan kemampuan baru pada Siri, seperti kemampuan untuk membuka dokumen tertentu, menghapus email, meringkas artikel, dll.

Khususnya, sebagian besar fitur berbasis teks harus diklasifikasikan sebagai fitur dasar yang juga dapat berjalan di perangkat. Jadi, model iPhone terbaru yang memenuhi syarat untuk iOS 18 (iPhone 11 ke atas, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone SE (generasi ke-2), iPhone SE (generasi ke-3)) bisa mendapatkan fitur-fitur tersebut. Namun, belum jelas fitur mana yang akan berjalan di perangkat.

Selain itu, Mark Gurman mengatakan bahwa mungkin juga ada beberapa fungsionalitas berbasis AI di perangkat yang dapat ditangani oleh model iPhone 15 Pro dan yang lebih baru. AKan tetapi, tidak untuk model yang lebih lama dan model iPhone 15 non-Pro dengan A16 Bionic. Fitur-fitur tersebut juga bisa tetap eksklusif untuk model terbaru.

iPadOS 18 dan macOS 15 juga akan mendapatkan beberapa fitur AI. Menurut Gurman, persyaratan untuk perangkat macOS dan iPadOS setidaknya akan menggunakan chip M1 atau versi yang lebih baru.

Jadi, perangkat Mac yang ditenagai Intel juga tidak akan mendapatkan fitur tersebut. Hal ini masuk akal karena chip Intel dan chip Bionic pada model iPhone yang lebih lama tidak memiliki NPU yang mumpuni yang diperlukan untuk menjalankan LLM pada perangkat.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

iPhone Lama Terancam Kehilangan Fitur AI Terbaru

author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

ASUS TUF Gaming A14: Laptop Gaming Tipis dan Tidak Macho
Gadget

ASUS TUF Gaming A14: Laptop Gaming Tipis dan Tidak Macho

ASUS TUF Gaming A14 hadir dengan AMD Ryzen AI dan GPU RTX 4060, menawarkan portabilitas tinggi dan p..

iPhone Lama Terancam Kehilangan Fitur AI Terbaru
Gadget

iPhone Lama Terancam Kehilangan Fitur AI Terbaru

iPhone lama berisiko kehilangan fitur AI terbaru dari Apple. Pelajari perangkat yang terpengaruh dan..

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Resmi Terkuak
Gadget

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Resmi Terkuak

Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 dengan Snapdragon 8 Gen 3, kamera 200MP, dan desain baru akan d..

Garmin Vivoactive 5: Smartwatch Canggih untuk Pelari dan Pencinta Kebugaran
Gadget

Garmin Vivoactive 5: Smartwatch Canggih untuk Pelari dan Pencinta Kebugaran

Garmin Vivoactive 5 adalah jam tangan pintar dengan berbagai fitur kebugaran, desain stylish, dan la..


;