Fitur Terbaru iOS 18 yang Wajib Dicoba, Tapi Masih Beta

Fitur Terbaru iOS 18 yang Wajib Dicoba, Tapi Masih Beta
Gadget

Fitur Terbaru iOS 18 yang Wajib Dicoba, Tapi Masih Beta

iOS 18 di iPhone

iOS 18 di iPhone # Sumber : Istimewa

GadgetDivaApple akhirnya merilis beta publik pertama untuk iOS 18, yang diperkirakan akan diluncurkan secara resmi pada bulan September. Dengan beta publik ini, hadir serangkaian fitur dan peningkatan baru yang diharapkan akan sangat berguna bagi banyak pemilik iPhone.

Dilansir melalui ZDnet, Rabu, 17 Juli 2024, berikut ini 5 fitur iOS 18 yang wajib dicoba oleh para Apple Fan Boy. Walau menurut kami, semua fitur ini sudah lebih dulu digunakan oleh para pengguna Android.

Pesona realme 12 5G: Masih Worth It Meski Sudah 4 Bulan

1. Menempatkan Ikon Layar Utama di Mana Saja

Dengan iOS 18, Anda dapat menyesuaikan layar utama dengan memindahkan ikon ke sembarang tempat dan menerapkan berbagai tema. Untuk memulainya, tekan area kosong di layar utama. Seret ikon ke lokasi mana pun di layar, dan ikon tersebut akan tetap di tempatnya. Ini berarti Anda dapat menempatkan ikon dalam kolom, sebagai batas di sekitar layar, atau sekadar mengambang bebas.

Fitur baru di iOS 18 besutan Apple

Source : ZDnet

2. Mencoba Tema Layar Utama yang Berbeda

Selanjutnya, Anda dapat menerapkan tema yang berbeda pada layar utama. Tekan area kosong di layar utama. Ketuk tombol Edit di kiri atas dan pilih Kustomisasi. Di jendela bawah, Anda dapat mengubah ikon antara kecil dan besar serta mencerahkan atau menggelapkan wallpaper. Anda juga bisa memilih di antara empat tema untuk ikon — Otomatis, Gelap, Terang, dan Berwarna. Jika memilih Berwarna, Anda dapat memvariasikan warna dan intensitasnya.

3. Memformat Pesan dengan Efek Teks Khusus

Beta publik iOS 18 memungkinkan Anda memformat dan menerapkan efek khusus pada kata-kata dalam pesan teks. Untuk ini, buka atau mulai percakapan di Pesan. Ketik beberapa kata sebagai bagian dari pesan baru. Pilih kata atau kata-kata tertentu. Dari menu yang muncul, ketuk panah kiri atau kanan hingga Anda melihat opsi untuk Efek Teks. Ketuk opsi tersebut untuk menampilkan jendela pemformatan di bagian bawah.

Anda sekarang dapat menerapkan tebal, miring, garis bawah, atau coret pada teks yang dipilih. Untuk mempercantiknya lebih lanjut, ketuk salah satu efek teks, seperti Besar, Kecil, Goyang, Eksplorasi, atau Riak. Sayangnya, semua format atau efek teks ini tidak akan bisa dilihat oleh penerima jika mereka belum meng-update iPhone ke iOS 18.

4. Menjadwalkan Pesan Teks

Alih-alih mengirim pesan teks segera, Anda dapat menjadwalkannya untuk tanggal atau waktu tertentu. Misalnya, Anda mungkin menulis teks larut malam tetapi ingin mengirimnya di pagi hari setelah penerima terbangun. Setelah menyusun pesan Anda, ketuk tanda plus di kiri, ketuk ikon Lainnya, lalu pilih "Kirim Nanti." Geser melalui tanggal dan waktu hingga Anda menemukan kombinasi yang tepat untuk kapan Anda ingin teks tersebut dikirim. Saat siap, ketuk panah biru untuk menjadwalkan teks Anda.

5. Mengamankan Aplikasi

Fitur baru di iOS 18 besutan Apple

Source : ZDnet

Anda seharusnya sudah melindungi iPhone Anda dengan kode sandi dan Face ID. Namun, Anda dapat memberikan lapisan keamanan tambahan untuk aplikasi individual. Tekan aplikasi mana pun. Dari menu pop-up, ketuk opsi "Membutuhkan Face ID." Konfirmasikan bahwa Anda ingin memerlukan Face ID untuk meluncurkan aplikasi tersebut. Lain kali Anda mencoba membukanya, Anda akan diminta untuk mengotentikasi dengan pemindaian wajah.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Keunggulan HyperOS 2.0, Xiaomi Kamu Sudah Bisa Update? Cek di Sini!
Gadget

Keunggulan HyperOS 2.0, Xiaomi Kamu Sudah Bisa Update? Cek di Sini!

HyperOS 2.0 berbasis Android 15 hadir dengan desain baru, fitur kaya, dan performa tinggi. Cek apaka..

Pesona realme 12 5G: Masih Worth It Meski Sudah 4 Bulan
Gadget

Pesona realme 12 5G: Masih Worth It Meski Sudah 4 Bulan

Realme 12 5G tetap menarik dengan performa kuat dan kamera 108MP. Meski sudah 4 bulan diluncurkan, p..

5 Smartphone 2 Jutaan: RAM 12GB, Kamera 50MP
Gadget

5 Smartphone 2 Jutaan: RAM 12GB, Kamera 50MP

5 HP terbaik dengan harga di bawah 2 juta untuk Juli 2024. Dari itel RS4 hingga Infinix Hot 40i, sem..

Nubia Z60s Ultra Pakai Snapdragon 8 Gen 3 dan Kamera Debut Pekan Depan
Gadget

Nubia Z60s Ultra Pakai Snapdragon 8 Gen 3 dan Kamera Debut Pekan Depan

Nubia Z60 Ultra akan dirilis pada 23 Juli menggunakan Snapdragon 8 Gen 3. Intip bocoran spesifikasi ..


;