Xiaomi Mix Fold 4 Diklaim Lebih Tipis dari Galaxy Z Fold 6

Xiaomi Mix Fold 4 Diklaim Lebih Tipis dari Galaxy Z Fold 6
Gadget

Xiaomi Mix Fold 4 Diklaim Lebih Tipis dari Galaxy Z Fold 6

Xiaomi Mix Fold 4

Xiaomi Mix Fold 4 # Sumber : Cnet

GadgetDivaXiaomi baru saja mengumumkan ponsel lipat terbarunya, Mix Fold 4, yang diklaim lebih tipis daripada Samsung Galaxy Z Fold 6. CEO Xiaomi, Lei Jun, mengungkapkan bahwa Mix Fold 4 akan menjadi perangkat yang ringan dengan "kemampuan setara flagship" dalam hal performa, kamera, dan daya tahan baterai.

Xiaomi memperkenalkan ponsel lipat gaya buku yang sangat tipis ini menjelang peluncurannya di China pada hari Jumat. Lei Jun mengatakan bahwa Mix Fold 4 memiliki ketebalan 9,47mm saat dilipat, menjadikannya salah satu ponsel lipat gaya buku tertipis yang pernah dijual secara komersial.

OPPO Reno 12 Series Diklaim Tahan Banting, Intip Desainnya!

Saat ini, ponsel lipat tertipis di pasar adalah Honor Magic V3, yang diumumkan di China minggu lalu dengan ketebalan 9,2mm saat dilipat (tidak termasuk benjolan kamera). Magic V3 mengalahkan rekor dunia sebelumnya yang dipegang oleh pendahulunya, Magic V2, dengan ketebalan 9,9mm.

"Inspirasi dari mobil sport, kami telah merancang Xiaomi Mix Fold 4 dengan desain arsitektur karbon revolusioner," tulis Jun dalam sebuah posting di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter. "Material serat karbon 100% tidak hanya memberikan desain yang sangat tipis dan ringan, tetapi juga kekuatan yang tak tertandingi", tambah Lei Jun, seperti dikutip dari Cnet, Rabu, 17 Juli 2024.

Mix Fold 4 dan Galaxy Z Fold 6

Galaxy Z Fold 6

Source : Samsung-ID

Pengumuman Mix Fold 4 datang beberapa hari setelah Samsung meluncurkan ponsel Galaxy Z Fold 6 generasi berikutnya, yang memiliki desain lebih ramping dibandingkan pendahulunya, Galaxy Z Fold 5. Namun, dengan ketebalan 12,1mm saat dilipat dan berat 236 gram, Galaxy Z Fold 6 tertinggal dalam hal portabilitas dibandingkan dengan Mix Fold 4, Magic V3, dan bahkan Magic V2 dari tahun lalu.

Xiaomi juga mengatakan dalam sebuah posting di Weibo bahwa Mix Fold 4 akan memiliki empat kamera, termasuk dua lensa telefoto, salah satunya adalah lensa periskop yang mampu melakukan zoom optik 5x, serta dua lensa makro. Mix Fold 4 juga akan memiliki kemampuan pengisian daya nirkabel, mendukung pengisian hingga 50 watt, komunikasi satelit dua arah, dan peringkat IPX8 untuk ketahanan air. Perusahaan yang berbasis di Beijing ini juga mengumumkan peluncuran Mix Flip, ponsel clamshell pertama Xiaomi, yang akan dirilis pada hari Jumat.

Meskipun ponsel lipat masih merupakan sebagian kecil dari pasar smartphone secara keseluruhan, pangsa mereka terus bertambah menurut firma riset. Harga yang tinggi serta kekhawatiran akan daya tahan menjadi hambatan utama dalam adopsi massal ponsel lipat. Samsung telah lama menjadi pemimpin pasar dalam pengiriman ponsel lipat, tetapi laporan dari firma riset Counterpoint Research dan IDC menunjukkan Huawei berhasil menggeser posisi Samsung untuk pertama kalinya pada kuartal pertama 2024.

Performa dan Inovasi

Mix Fold 4 tidak hanya menawarkan desain yang tipis, tetapi juga performa yang tangguh berkat chipset terbaru dan optimalisasi perangkat lunak. Dengan menggabungkan teknologi kamera canggih dari Leica, pengguna dapat mengharapkan kualitas foto yang superior dari perangkat ini. Selain itu, dukungan untuk pengisian daya cepat dan komunikasi satelit dua arah menambah nilai lebih pada ponsel ini.

Desain dan Ketahanan

Desain ultrathin Mix Fold 4 menggabungkan material serat karbon yang tidak hanya mengurangi berat, tetapi juga meningkatkan kekuatan struktur perangkat. Dengan ketahanan air berstandar IPX8, pengguna tidak perlu khawatir tentang kerusakan akibat percikan air atau kondisi basah.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Xiaomi Mix Flip dan Fold 4 Bakal Meluncur 19 Juli
Gadget

Xiaomi Mix Flip dan Fold 4 Bakal Meluncur 19 Juli

Xiaomi akan meluncurkan Mix Flip dan Mix Fold 4 pada 19 Juli. Mix Flip menggunakan Snapdragon 8 Gen ..

OPPO Reno 12 Series Diklaim Tahan Banting, Intip Desainnya!
Gadget

OPPO Reno 12 Series Diklaim Tahan Banting, Intip Desainnya!

OPPO Reno 12 Series akan segera diluncurkan pekan depan, tepatnya pada 31 Juli 2024 mendatang. Seri ..

OnePlus Watch 2R. AMOLED dengan Snapdragon W5 Gen 1
Gadget

OnePlus Watch 2R. AMOLED dengan Snapdragon W5 Gen 1

OnePlus Watch 2R hadir dengan desain ringan dan harga terjangkau, menawarkan fitur lengkap serupa de..

Deretan Fitur GenAI OPPO Reno 12 Series
Gadget

Deretan Fitur GenAI OPPO Reno 12 Series

OPPO Reno 12 Series dilengkapi dengan fitur Generatif AI. Fitur-fitur ini akan dibawa ke OPPO Reno 1..


;