Mengenal MediaTek Dimensity 7300-Energy di OPPO Reno12 Series

Mengenal MediaTek Dimensity 7300-Energy di OPPO Reno12 Series
Gadget

Mengenal MediaTek Dimensity 7300-Energy di OPPO Reno12 Series

MediaTek Dimensity 7300-Energy di OPPO Reno12 Series

MediaTek Dimensity 7300-Energy di OPPO Reno12 Series # Sumber : OPPO-ID

GadgetDiva – Saat membuat OPPO Reno12 Series, OPPO telah mempertimbangkan masak-masak untuk menyelaraskan performa bertenaga dan efisiensi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Makanya, mereka menyematkan MediaTek Dimensity 7300-Energy ke dalam tubuh smartphone baru OPPO tersebut.

Menurut pihak OPPO, dilansir dari keterangan resminya, Kamis, 25 Juli 2024, kebutuhan konsumen kini semakin kompleks dan jika fokus hanya pada performa puncak tidak lagi menjamin pengalaman pengguna terbaik. 

Galaxy Watch 7 dan Galaxy Buds 3 Series Ikut Diboyong ke Indonesia

OPPO menjelaskan jika smartphone harus mampu menjalankan aplikasi berat dengan lancar sekaligus memberikan daya tahan baterai yang tahan lama selama beralih antar aplikasi dengan intens. Makanya, kedua perangkat Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G dilengkapi dengan MediaTek Dimensity 7300-Energy, sebuah chip hasil kolaborasi eksklusif antara OPPO dan MediaTek.

OPPO Reno12 Series

Source : OPPOID

Dalam pemaparannya, Dimensity 7300-Energy menghadirkan CPU 8 inti yang terdiri dari 4 prosesor Arm Cortex-A78 performa tinggi dan 4 prosesor Cortex-A55 yang fokus pada efisiensi. Dibangun dengan proses 4nm yang canggih, chip ini menawarkan efisiensi kelas atas yang biasanya hanya ditemukan pada perangkat flagship.

Kustomisasi bersama ini membawa OPPO mencapai optimasi yang ditargetkan, yaitu menghasilkan penurunan konsumsi daya CPU hingga 30%, penurunan konsumsi daya GPU hingga 46% dengan total konsumsi daya GPU yang dioptimalkan lebih dari 35% dalam skenario game berat. Dengan peningkatan efisiensi daya keseluruhan sebesar 30%, menjadikan Dimensity 7300-Energy salah satu platform mobile terbaik dalam hal efisiensi daya.

Kolaborasi pada Reno12 Series menandai evolusi terbaru dalam kemitraan jangka panjang antara OPPO dan MediaTek. OPPO akan terus meningkatkan pengalaman berdasarkan chip khusus ini untuk memastikan pengalaman efisiensi daya tinggi dapat terus berkembang.

Trinity Engine

OPPO juga memperkenalkan Trinity Engine, mesin komputasi dinamis milik OPPO yang menawarkan optimasi performa tingkat sistem menggunakan chip yang disesuaikan secara mendalam. Trinity Engine meningkatkan efisiensi komputasi dan kontrol konsumsi daya untuk memberikan pengalaman pengguna yang melampaui spesifikasi perangkat keras. Trinity Engine secara cerdas mengalokasikan performa chip, menjembatani kesenjangan antara aplikasi dan chip, menyesuaikan rasio cache berdasarkan aplikasi, manajemen RAM dan ROM, gaming, konektivitas jaringan, layar, dan kontrol aplikasi latar belakang, memastikan operasi yang optimal dalam berbagai skenario pengguna.

Uji internal menunjukkan bahwa Trinity Engine mencapai peningkatan efisiensi daya sebesar 8%² dan memperpanjang masa pakai baterai lebih dari 30% dalam skenario kunci, memberikan kinerja yang luar biasa dan daya tahan baterai yang lama tanpa kompromi. Dengan Trinity Engine, pengguna Reno12 Series dapat menikmati kinerja yang luar biasa dan daya tahan baterai yang lama tanpa kompromi, menunjukkan komitmen OPPO untuk mendorong batas teknologi demi pengalaman pengguna yang superior.

Optimasi Hardware & Software

Selain dua terobosan tersebut, OPPO telah mengintegrasikan berbagai peningkatan dalam aspek perangkat lunak dan perangkat keras di Reno12 Series. Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi 5000mAh, yang memiliki kepadatan energi tertinggi dalam sejarah Reno Series. Reno12 Series juga mendukung Power Saving Mode 2.0, yang dapat memperpanjang masa pakai baterai hingga 10%.

Kemitraan dengan TikTok menghasilkan fitur MediaTurbo yang secara cerdas mengaktifkan mode Video Battery Saver untuk memperpanjang waktu menonton TikTok dan mengurangi penggunaan daya keseluruhan hingga 20% lebih rendah dibandingkan dengan pesaingnya. Reno12 Pro 5G dan Reno12 5G mencapai DOU (Days of Use) sebesar 2,07 hari, menciptakan rekor baru untuk Reno Series. Menurut tes baterai DXOMARK, Reno12 Pro 5G menetapkan tolok ukur baru di segmen high-end dan meraih Penghargaan Emas Baterai DXOMARK.

Ketahanan standby Reno12 Series juga luar biasa, OPPO telah melakukan optimasi besar untuk skenario standby. Reno12 dan Reno12 Pro dapat mencapai hingga 25 hari waktu siaga saat baterai dalam kondisi penuh.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Samsung Bakal Rilis Pembaruan Antarmuka One UI 7 Bulan Ini
Gadget

Samsung Bakal Rilis Pembaruan Antarmuka One UI 7 Bulan Ini

Samsung dikabarkan bakal merilis pembaruan One UI terbarunya pada bulan Juli 2024 ini. Bocoran terba..

Galaxy Watch 7 dan Galaxy Buds 3 Series Ikut Diboyong ke Indonesia
Gadget

Galaxy Watch 7 dan Galaxy Buds 3 Series Ikut Diboyong ke Indonesia

Tak hanya meluncurkan kedua smartphone foldable terbarunya, Samsung juga turut membawa ekosistem lai..

Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harganya!
Gadget

Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 Resmi Hadir di Indonesia, Segini Harganya!

Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 kini resmi masuk ke Indonesia pada hari ini, Kamis (24/7). Peran..

iPhone Flip Bakal Jadi Produk Lipat Pertama Apple
Gadget

iPhone Flip Bakal Jadi Produk Lipat Pertama Apple

Sebuah laporan menyatakan bahwa 2026 akan menjadi tahun yang tepat bagi Apple untuk menghadirkan per..


;