Saturday, 27 February 2021
[adrotate banner="3"]

Samsung Tingkatkan Fungsi Galaxy Tab S7 & S7+ Lewat Pembaruan One UI 3

Galaxy Tab S7 & Tab S7 merupakan seri tablet premium Samsung yang hadir dengan berbagai fitur produktivitas dan konektivitas yang serbaguna, baik berkreasi, bekerja, hingga menikmati...
More

    Latest Posts

    [adrotate banner="4"]

    OPPO umumkan ColorOS 7, visual ringan hingga tombol Flashback khusus

    OPPO akhirnya umumkan sistem operasi ColorOS 7 yang terbaru dengan visual yang lebih ringan, UI yang lebih cepat, serta memiliki tombol Flashback khusus didalamnya. Sistem operasi ColorOS 7 ini juga memiliki beberapa perubahan baru seperti desain hingga performanya.

    Pada ColorOS 7 bukan UI yang dirubah namun, OPPO telah menambah ruang putih pada UI dan mengubah warna UI untuk memudahkan pandangan mata. Perusahaan mengungkapkan bahwa rata-rata, pengguna menghabiskan sekitar 4,7 jam menggunakan smartphone-nya. Oleh karena itu penting bagi perusahaan untuk bekerja pada pengguna yang ringan dan tidak membuat pengguna lelah.

    Oppo colorOS 7

    ColorOS 7 menghadirkan empat desain ikon yang berbeda, termasuk beberapa opsi minimalis. Perusahaan asal Thiongkok ini juga meluncurkan font OPPO Sans baru dengan OS terbaru.

    Karakter font ini dikembangkan oleh Zhu Zhiwei dari Hanyi Fonts sedangkan karakter barat dikembangkan oleh perusahaan desain A.S, Pentagram. Yang lebih menarik yaitu bahwa font OPPO Sans telah dirilis gratis untuk digunakan semua pengguna, bahkan untuk penggunaan komersial.

    Dan yang gak kalah pentingnya, ColorOS 7 juga menghadirkan mode gelap seluruh sistem yang juga mencakup aplikasi pihak ketiga. Pengguna juga dapat menjadwalkan mode gelap untuk diterapkan pada waktu tertentu dalam sehari. Selanjutnya pengguna dapat mengurangi ketegangan mata dalam mode gelap dengan menerapkan lapisan pelindung mata di atas.

    Selain itu ada banyak fitur baru di versi ColorOS 7 baru. Misalnya, ada mode Fokus baru, mirip dengan mode Zen di OxygenOS. ColorOS 7 juga lebih pintar, secara otomatis dapat beralih ke mode drive jika terhubung ke Bluetooth mobil dan dapat mengirim pengingat mode tidur di malam hari, tergantung pada pola penggunaan ponsel cerdas si pengguna, yang mengaktifkan DND dan mode gelap pada perangkat.

    ColorOS 7 juga dilengkapi dengan fitur setengah layar yang memungkinkan UI menampilkan kartu kecil seperti kontak, kalender, dan alarm di bagian bawah layar. Ini berbeda dari mode layar terbagi tradisional yang ditemukan di versi sebelumnya.

    Berbicara tentang split-screen, OS baru ini dilengkapi dengan tombol Flashback (nama internasional mungkin berbeda) khusus yang akan berguna ketika pengguna harus dengan cepat beralih di antara dua aplikasi.

    Pihak perusahan tidak memiliki detail persis tentang cara kerjanya di setiap skenario tetapi bayangkan jika pengguna bermain game dan pengguna mendapatkan teks yang harus segera dibalas.

    Tombol kilas balik menawarkan sakelar satu klik antara game dan aplikasi perpesanan milik pengguna. Terlebih lagi, tombol itu akan memberi cuplikan singkat tentang apa yang terjadi di dalam gim.

    Tombol ini juga dapat berguna untuk skenario lain di mana pengguna ingin melihat langsung apa yang terjadi di aplikasi lain. Misalnya, jika pengguna mengirim pesan teks dan jika Uber atau dalam kasus China, driver DiDi telah tiba, tombol akan menampilkan pesan untuk hal yang sama.

    Ada juga pengelola kata sandi baru yang diberdayakan oleh Google. Fitur sentris kamera di ColorOs 7 termasuk UI kamera tweak, mode potret 2.0, mode malam, super stabilisasi, dan editor video Soloop. OS juga mendukung tangkapan layar tiga jari panjang dan memotong.

    Fitur baru yang menarik lainnya merupakan dukungan tambahan untuk protokol transfer file lintas-merek yang didirikan baru-baru ini. Jika pengguna ingat, pihak OPPO melaporkan beberapa bulan lalu bahwa Xiaomi, OPPO, Vivo dan nama-nama besar lainnya datang bersama untuk membentuk aliansi transfer file lintas-merek. Dengan ColorOS 7, protokol transfer file ini ditayangkan untuk beberapa model OPPO.

    Dalam hal peningkatan kinerja, ColorOS 7 yang baru meningkatkan kecepatan dan kelancaran startup aplikasi. Perusahaan mengatakan bahwa kecepatan startup aplikasi telah meningkat sebesar 25% dan kelancaran sistem dan pemanfaatan RAM telah meningkat masing-masing sebesar 30% dan 40%.

    Bahkan kinerja game dilaporkan meningkat, dengan respons sentuh dan kecepatan bingkai game meningkat masing-masing sebesar 15% dan 19% di OS baru. Angka-angka ini kemungkinan berkaitan dengan kinerja ColorOS 6 sebelumnya.

    ColorOS 7 ini akan tersedia pertama pada seri OPPO Reno3 yang akan diluncurkan pada bulan Desember mendatang.

    Baca juga, Oppo bakal tingkatkan sistem ColorOS 7 pada seri Reno2 F

    2 COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR