Oppo bakal ciptakan chipset sendiri, apa itu?

Setelah sukses dengan serangkaian produk perangkat smartphone Realme dan jajaran seri Reno lainnya, vendor asal Thiongkok, Oppo kabarnya akan melebarkan sayapnya dengan menciptakan chipset buatannya sendiri.

Rancangan ini merupakan System on Chip (SoC) milik Oppo sendiri yang di namakan dengan M1. Nah, kedepannya ketika terealisasikan, maka Oppo akan melepaskan ketergantungan terhadap chip buatan Qualcomm dan MediaTek yang selama ini menjadi otak dari perangkat smartphone miliknya.

Menurut merek dagang yang diajukan di EUIPO (Kantor Kekayaan Interlektual Uni Eropa), chip Oppo di kabarkan akan dihadirkan dengan nama Oppo M1. Selain itu, untuk menciptakan chipset sendiri, sumber-sumber yang mengetahui kabar ini menginfokan bahwa Oppo akan bekerja dengan para insinyur dari MediaTek dan Qualcomm yang dapat menguatkan rencananya.

Pihak-pihak tersebut kabarnya akan membantu Oppo dalam mengembangkan chip M1 miliknya ini. Namun faktanya, dikutip pada laman Gizchina, bahwa perusahan China telah mendaftarkan merek chipset untuk rencana vendor Oppo kedepan yang sepertinya sudah matang.

Jika M1 resmi diperkenalkan oleh Oppo, tentu saja hal ini bisa jadi mengikuti jejak vendor smartphone lainnya yang sudah lebih dulu merancang mobile SoC, misalnya seperti Samsung dengan Exynos miliknya, Apple, dan Huawei dengan Kirin.

Namun sayangnya, belum ada konfirmasi dari Oppo sejauh ini tentang serangkaian rancangan chip yang dikembangkan ini bahkan informasi tentang perangkat apa yang akan menggunakannya.

Jika Oppo memang mengembangkan chipset baru untuk serangkaian smartphone miliknya, maka MC tahun depan bisa menjadi peluang bagus untuk memamerkan teknologi terbaru ini.

Fyi, saat ini, chipset terbaru yang sedang dikembangkan oleh Oppo untuk serangkaian produk perangkat smartphone kedepannya ini dikaitkan juga dapat menguntungkan perangkat Vivo dan OnePlus. Bagaimanapun, ketiga perusahaan ini merupakan bagian dari konglomerat BBK yang sama.

Untuk informasi mengenai chipset milik Oppo lebih lanjut, kita tunggu saja kabar baiknya yang akan diumumkan pihak vendor asal Thiongkok ini, ya!

Baca juga, Oppo lakukan uji panggilan di jaringan 5G pertama di Indonesia

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.