Oppo lakukan uji panggilan di jaringan 5G pertama di Indonesia

1
Jaringan 5G OppoReno

Oppo saat ini sedang melakukan uji panggilan telepon melalui internet pada jaringan 5G pertama kalinya di Indonesia dengan menggunakan perangkat Reno 5G.

Uji coba terhadap jaringan teknologi ini merupakan generasi ke 5 yang dilakukan bertempatan di Batam, Kepulauan Riau.

Melalui perangkat Oppo Reno, kabarnya Oppo melakukan uji pangilan telepon pertama di Indonesia melalui protokol internet (VOIP). Perangkat Reno 5G merupakan perangkat smartphone komersial pertama OPPO.

Perangkat ini tersedia pertama kalinya untuk pasar Eropa, dipasarkan melalui operator Swisscom pada bulan Mei 2019. Reno 5G merupakan perangkat dengan basis Reno 10x Zoom yang dibekali dengan tambahan modem X50 untuk mendukung konektivitas 5G.

Walaupun saat ini vendor lain menciptakan perangkat dengan jaringan 5G, seperti Samsung dengan Galaxy S10 5G, Galaxy Note 10 5G, hingga Galaxy A90 5G, kemudian disusul oleh vendor Huawei, Apple, hingga Xiaomi.

Namun, Oppo termasuk perusahaan smartphone yang secara konsisten turut serta dalam perkembangan teknologi 5G di dunia. Seperti dimulai pada April 2015, dimana Oppo sudah membentuk tim awal untuk melakukan standarisasi 5G.

Dilanjutkan Mei 2018 dimana Oppo memperkenalkan demonstrasi video 5G pertama dengan basis 3D structure light.

Hingga saat ini, Oppo terus melakukan pengembangan 5G hingga puncaknya di tahun 2019 bulan Februari, perusahaan ini berhasil untuk melakukan siaran langsung pertama kali di dunia melalui jaringan 5G.

Kemudian, pada bulan yang sama memperkenalkan ponsel komersial 5G pada ajang Oppo Innovation Event 2019 di Barcelona, Spanyol.

“Melalui uji jaringan 5G yang dilaksanakan di Batam, menunjukkan kesiapan Oppo sebagai vendor untuk menyongsong teknologi generasi ke 5 di Indonesia. Secara global, hal ini juga menjadi perwujudan komitmen kami dalam rangka pengembangan teknologi 5G di dunia,” ujar Ivan Lau, selaku CEO Oppo Indonesia.

Kedepannya, Oppo siap mendukung penuh pengaplikasian jaringan 5G di Indonesia.

Tentunya sebagai vendor, Oppo juga siap untuk memproduksi perangkat – perangkat yang mendukung jaringan 5G, tentunya setelah adanya aturan baku mengenai peredaran perangkat 5G.

Baca juga, Ini bocoran Oppo seri Reno 3, bakal hadir dengan jaringan 5G


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan