Hari gini pakai tablet? Marketshare Apple iPad 36,5 persen

Marketshare iPad dan penjualan perangkat tablet di dunia memang tidak terlalu terdengar gaungnya namun pasarnya ternyata masih ada. Walaupun pasar tablet terus turun setiap kuartal namun Apple masih menguasainya.

Laporan IDC menunjukkan pada kuartal ke-4 tahun 2019, marketshare ipad dan tablet lainnya menurun lagi namun lebih kecil dibanding kuartal-kuartal sebelumnya. Penurunannya kuartal kali ini hanya 0,6 persen. Namun secara keseluruhan, penurunan setahunnya mencapai 1,5 persen dibanding 2018.

Penurunan yang kecil ini, kata IDC, dibantu oleh musim liburan yang membuat penjualan tablet sedikit lebih baik. Dalam laporan tersebut juga dikatakan bahwa Apple masih menduduki posisi pertama sebagai produsen tablet nomor satu.

Baca juga: Kenalin Cloi, robot pelayan di restoran Korea

Secara keseluruhan, pengapalan tablet kuartal ini hanya mencapai 43,5 juta unit, dengan total pengapalan dalam setahun menjadi 144 juta unit.

Apple mempertahankan posisinya dengan kenaikan 22,7 persen pada kuartal ini. Sedangkan iPad yang diluncurkan kuartal lalu berkontribusi 65 persen pada keseluruhan pengapalan dan meningkatkan pangsa pasar menjadi 36,5 persen, dari tahun lalu yang hanya 29,6 persen,

Sedangkan Samsung mendapatkan kembali posisi dua di pasar tablet global dengan pengapalan sejumlah 7 juta unit. Sedangkan Huawei di posisi 3 dengan 4 juta unit tablet yang dikapalkan tahun ini, yang berimbas pada penurunan 2,8 persen year-over-year.

Di peringkat ke-4 dan 5 masing-masing diisi oleh tablet Amazon dan Lenovo. Jika Amazon mengapalkan 3,3 juta tablet tahun ini, Lenovo yang pendatang baru langsung menggeber dengan 2,5 juta unit tablet.

Apple berhak atas pangsa pasar tablet sebesar 36,5 persen, sedangkan Samsung sebanyak 16,1 persen. Huawei market share sekitar 9,1 persen, Amazon 7,6 persen dan Lenovo 5,8 persen.

Semua vendor mengalami penurunan year-over-year. Hanya Apple yang mengalami kenaikan 22,7 persen dan Lenovo sebesar 8,3 persen.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.