Apa itu CPU dalam sistem komputer atau smartphone?

CPU merupakan kepanjangan dari Central Processing Unit, sebuah komponen inti dari semua perangkat komputer, baik PC, laptop, smartphone maupun tablet. Tanpa CPU, sebuah perangkat sama saja ‘tidak punya otak’.

Dikutip dari Digital Trends, CPU atau central processing unit itu sendiri adalah komponen otak dari operasi komputer. Chip komputer kecil ini berada di atas papan sirkuit utama (motherboard atau mainboard) komputer.

Baca juga: Maret 2020, Tak Boleh Lagi Posting Foto dan Video Editan di Twitter

Lokasinya terpisah dari memori tempat informasi disimpan atau kartu grafis yang menangani semua render video dan grafik 3D ke monitor atau layar Anda.

CPU dibangun dengan menempatkan miliaran transistor mikroskopis ke dalam satu chip komputer. Transistor itu memungkinkan perangkat membuat perhitungan yang diperlukan untuk menjalankan program yang disimpan di sistem memori.

Salah satu kemajuan paling umum dari teknologi CPU adalah membuat transistor tersebut lebih kecil, bahkan sangat kecil. Hal itu menghasilkan peningkatan kecepatan CPU selama beberapa dekade, sering disebut sebagai Hukum Moore.

Desktop atau laptop akan memiliki CPU khusus yang melakukan sejumlah fungsi pemrosesan  sistem. Perangkat seluler dan beberapa tablet malah menggunakan System on Chip (SoC) yang merupakan chip berisi CPU, bersama komponen lainnya.

Intel dan AMD sama-sama menawarkan CPU dengan chip grafis dan memori yang tersimpan bersama di dalam, yang berarti chip tersebut dapat melakukan fungsi lebih dari sekadar CPU standar.

Pada intinya, CPU melaksanakan instruksi dan melakukan perhitungan atas perintah yang diberikan oleh program atau aplikasi.

Meskipun sekarang CPU dianggap tidak begitu penting untuk kinerja sistem secara keseluruhan, namun masih memiliki peran utama dalam membuat perangkat berjalan cepat. CPU sepenuhnya bertanggung jawab untuk mengeksekusi perintah dalam program, semakin cepat CPU semakin cepat aplikasi berjalan.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.