Ini Tips agar anak belajar lebih menyenangkan pakai Samsung Galaxy Tab

0
Samsung Galaxy Tab

Menghadapi pandemi COVID-19 ini yang mengharuskan anak belajar dirumah sesuai dengan peraturan pemerintah, membuat paradiva selaku orang tua sering kali merasa kebingungan dan kewalahan menanghadapi anak. Agar anak tidak merasa bosan, paradiva dituntut harus pintar mencari cara agar belajar di rumah selalu menyenangkan bagi anak.

Nah, paradiva bisa memulai dengan memfasilitasi anak dengan gadget untuk mempermudah proses belajarnya. Bukan hanya gadget, agar lebih menyenangkan fitur pada perangkat juga harus mendukung belajar anak dari rumah, lho! Seperti pada Samsung Galaxy Tab yang menyediakan berbagai fitur yang mendukung belajar anak dirumah, yaitu ada fitur Kids Home, serta fitur AI Gaming Booster.

Dengan mengoptimalkan fitur Kids Home dengan berbagai konten yang menarik untuk anak3-6 tahun belajar sambil bermain, aplikasi Pen Up untuk mengesahkan ketrampilan menggambar. Sedangkan pada fitur AI Gaming Booster dan layar lebih luas untuk menikmati hiburan lebih seru.

“Samsung Galaxy Tab menyediakan berbagai fitur yang mendukung belajar dari rumah lebih menyenangkan. Inovasi pada Galaxy Tab akan memberikan pengalaman belajar digital yang menyenangkan di rumah,” kata Elvira Anggraeni, selaku Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia.

Agar anak belajar dari rumah lebih menyenangkan, dibawah ini ada beberapa tips mengoptimalkan fitur pada Samsung Galaxy Tab.

Membuat jadwal agar anak tetap aktif

Meski tidak sekolah, setiap sekolah telah memiliki jadwal pelajaran untuk anak-anak secara online. Salah satu yang bisa dimanfaatkan yaitu fitur Samsung Notes, dimana paradiva dapat mencatat dan menyimpan jadwal anak-anak.

Jika menggunakan S Pen, fitur handwriting to text dapat mengubah tulisan tangan menjadi teks dan jadwal belajar anak akan tersusun rapi.

Tapi, jangan lupa, ketika membuat jadwal, libatkan anak, dengarkan masukan serta keinginan mereka untuk mengisi harinya dengan hiburan, selain mengikuti jadwal pelajaran yang ditentukan sekolah, sehingga jadwal tersebut menjadi kesepakatan bersama.

Belajar lebih menyenangkan dengan aplikasi belajar

Anak-anak cepat sekali beradaptasi dalam menggunakan gadget, terutama untuk bermain dan media sosial. Bagaimana dengan belajar? Belajar dengan beberapa aplikasi belajar online akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan untuk anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU), aplikasi belajar online gratis, yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemdikbud, yang dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar Indonesia, dari mana pun dan kapan pun.

Jika paradiva mempunyai anak berumur 3-6 tahun, Samsung Galaxy Tab menyediakan fitur Kids Home yang telah pre-loaded di Galaxy Tab A 2019 8.0 inci, Galaxy Tab A 2019 with S Pen 8.0 inci, Galaxy Tab A 2019 10.1 inci, Galaxy Tab S5e, dan Galaxy Tab S6.

Fitur Kids Home memberikan kontrol bagi paradiva untuk membatasi waktu penggunaan gadget dan aplikasi yang dapat diakses anak melalui fitur parental control, juga fitur daily usage, sehingga orangtua dapat mengetahui sudah berapa lama sang buah hati bermain gadget.

Dengan Kids Home, anak juga akan belajar sekaligus bermain, karena sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi, diantaranya aplikasi kamera, aplikasi menggambar, galeri foto, fitur karaoke, browser khusus untuk si kecil, hingga aplikasi musik dan juga aplikasi menggambar yang dapat melatih kreativitas anak.

Aktifkan fitur Kids Mode melalui 4 langkah berikut, buka fitur quick settings -> geser ke kiri -> cari ikon kids home -> aktifkan.

Luangkan waktu untuk hiburan bersama

Berikan waktu untuk anak bermain setelah belajar. Jangan lupa, buat kesepakatan bersama lama waktu bermain, misal 1-2 jam. Bermain mobile gaming menjadi favorit kebanyakan anak.

Layar Galaxy Tab S6 berukuran 10,5 inci dilengkapi fitur Adaptive Brightness, prosesor Snapdragon 855, dan AI Gaming booster, menjadi paduan ideal mendapatkan pengalaman seru bermain games tanpa lagging.

Dengan adanya teknologi AI Gaming Booster Galaxy Tab S6 akan dapat mengenali semua tipe game yang sedang dimainkan, dan secara otomatis mengoptimalkan performanya sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini akan menganalisis apakah yang dimainkan berupa game berat atau kasual, lalu mengoptimalkan keseimbangan antara baterai, kinerja, dan suhu.

Selain seru untuk bermain games, ada pula aplikasi untuk mengasah kreativitas menggambar, yaitu aplikasi Pen Up. Menggunakan S Pen, anak akan diajak mulai dengan mewarnai (Colouring).

Minatnya menggambar dapat ditingkatkan dengan mencoba menu belajar menggambar (Live Drawing). Di tingkat mahir, paradiva dapat mendorong anak untuk mengikuti kompetisi menggambar (Challenges).

Menonton film favorit bersama dapat menjadi pilihan hiburan yang tak kalah seru. Paradiva dapat menikmati berbagai pilihan film favorit melalui aplikasi OTT, lalu pindahkan ke layar Samsung Smart TV dengan klik fitur Smart View.

Menonton bersama menjadi lebih menyenangkan dan seru. Keseruan menonton dengan paradiva di sela-sela momen belajar di rumah akan menjadi pengalaman bahagia bagi setiap anak.

Nah, semoga tips yang diberikan bisa berguna untuk paradiva mengisi kegiatan bersama anak dirumah, ya!

Baca juga, Setting Parental Control di Netflix untuk cegah anak nonton yang mantap-mantap


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan