Oura, cincin ajaib bisa deteksi virus corona Covid-19 secepat kilat

Cincin ajaib ini bernama Oura, yang diklaim bisa mendeteksi adanya virus corona dalam tubuh seseorang, hanya dalam hitungan menit. Bentuknya benar-benar seperti cincin yang melingkar di jari.

Dilansir melalui Ubergizmo, sudah ada 2000 unit cincin ajaib Oura yang didistribusikan ke pekerja di Pusat Medis UCSF dan Zuckerberg San Fransisco General Hospital.

Bentuknya memang kecil tapi diklaim bisa mengukur kondisi vital dari penggunanya seperti menghitung detak jantung, suhu tubuh, HRV dan kalori yang terbakar. Namun sekarang cincin ini difokuskan untuk deteksi dini pasien yang berpotensi terkena Covid-19.

cincin ajaib oura

“Cincin ini bisa membantu penggunanya untuk mengambil keputusan isolasi segera atau dirawat dirumah sakit. Memang tidak terlalu spesifik ke Covid-19 namun setidaknya kita punya perangkat untuk deteksi dini,” ujar asisten profesor psikiater UCSF, Dr. Ashley Mason, yang membantu mengembangkan perangkat tersebut.

Bukti kasus yang pernah dialami dan menyelamatkan kesehatan penggunanya adalah saat dipakai oleh seorang CEO dari Finlandia, Petri Hollmen.

Baca juga: Fitur Baru Instagram Bantu Bikin Nyaman Social Distancing

Kala itu, Hollmen menggunakan cincin tersebut dan cincin itu mengirimkan notifikasi bahwa tubuhnya mengalami kenaikan suhu satu derajat di atas normal.

Menurut Hollmen, kala itu dirinya merasa baik-baik saja, tak ada gejala apapun. Namun setelah dites lab, dia diketahui mengidap Covid-19 yang disebabkan virus corona.

“Kalau perangkat ini tidak mengingatkan saya, pasti selamanya saya hanya berpikiran kalau diri ini lelah karena kurang tidur,” ujar Hollmen.

Oura bisa juga disebut sebagai smart ring karena saat dikenakan di jari, deteksi dan peringatan akan dikirimkan ke aplikasi yang sudah terinstal lebih dulu di smartphone.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.