Sunday, 11 April 2021
More

    Latest Posts


    SmartBra bisa deteksi kanker payudara stadium awal

    Sekelompok siswa dari EPFL di Swiss menemukan alat canggih terbaru yang dinamakan SmartBra. Mereka menyatakan bahwa penemuan mereka ini adalah penemuan smart clothing pertama yang berhasil dirancang khusus untuk mendeteksi kanker.

    Smart clothing tersebut merupakan inovasi yang dibuat dari kelas tingkat master yang disebut Innovation dan Entrepreneurship di bidang Teknik. Kelas khusus ini diberikan dari Sekolah Teknik dan sekolah Tinggi Manajemen Teknologi.

    Dilansir dari Slash Gear, SmartBra menggunakan teknologi dari perusahaan IcosaMed yang dapat memancarkan gelombang ultrasonik. Gelombang ultrasonik tersebut dapat digunakan untuk melakukan pemindaian echografi sel-sel yang berpotensi kanker. Gelombang tersebut dihasilkan menggunakan sensor piezoelektrik.

    Salah satu anggota dari tim pembuat menyatakan bahwa teknologi yang digunakan dalam sistem deteksi SmartBra adalah miniatur. Sehingga nyaman dipakai, juga alat pendeteksi tersebut hampir tidak terlihat oleh para pengguna.

    SmartBra akan mendeteksi payudara penggunanya melalui sebuah sensor. Dimana jika alat tersebut mendeteksi sel-sel yang mencurigakan, pengguna akan diperingatkan sehingga mereka dapat mengatur jadwal untuk bertemu dengan spesialis.

    Tim pembuat percaya bahwa penemuan terbaru mereka ini merupakan langkah revolusioner dalam mencegah kanker. Salah satu Insinyur di dalam tim juga berharap bahwa suatu saat nanti mereka dapat mengembangkan teknologi baru lebih dari sekadar mendeteksi kanker.

    Tim juga menambahkan bahwa mereka berharap suatu hari sistem dapat bertindak preventif dan memancarkan gelombang ultrasonik dengan dosis rendah untuk merangsang apoptosis pada massa kanker. Dimana memungkinkan para pengguna untuk memantau kondisi mereka setiap hari.

    Sebagai bagian dari penelitian, SmartBra merupakan pengembangan antarmuka plastik yang menggantikan gel impedansi yang biasanya digunakan untuk menahan emotir ultrasonik. Ini menjadi terobosan terbaru dalam dunia tekstil yang dapat menjadi inspirasi untuk smart clothing selanjutnya. Misalnya, pakaian dalam atau pakaian lainnya untuk mendeteksi dan mencegah berbagai jenis kanker.

    SmartBra rencananya akan diluncurkan secara komersial pada tahun 2021. Saat ini, tim sedang mengumpulkan dana untuk melakukan komersialisasi tersebut.

    Baca juga, Apple buat pelindung wajah untuk tenaga medis

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR

    Error decoding the Instagram API json