7 Cara Mengoptimalkan PC untuk Bermain Game

0
sistem rating untuk game
Photo by Florian Olivo on Unsplash

Gadgetdiva.id — Agar nyaman bermain game, dibutuhkan PC untuk bermain game yang mumpuni. Pasalnya, bermain game adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan menghibur. Apalagi dilakukan dengan menggunakan PC sistem operasi Windows. Dengan layar komputer yang lebih besar, maka pengalaman gaming akan semakin terasa terutama game-game dengan kualitas grafis yang memukau.

Oleh karena itu, sebuah PC untuk bermain game harus dibekali dengan segudang kemampuan yang handal agar pengalaman main game tidak mengalami kendala apapun. Game-game berat tentu mengharuskan adanya spesifikasi PC yang mumpuni agar mampu menjalankan game-game seperti itu. 

Di sini kami akan memaparkan secara singkat dan ringkas 7 (tujuh) cara mengoptimalkan PC untuk bermain game, sebagai berikut:

Bekali PC untuk bermain game dengan Prosesor dan Kartu Grafis

PC untuk Bermain Game
Photo by 6 9 on Unsplash

Salah satu hal utama yang harus dimiliki PC untuk bermain game adalah prosesor dan kartu grafis yang dapat diandalkan. Ini sangat vital sebab prosesor itu ibaratnya adalah otak untuk segala aktifitas suatu PC yang akan menentukan performa game yang sedang Anda mainkan, sementara kartu grafis adalah kartu tambahan yang berguna untuk memunculkan tampilan di layar PC Anda. 

Kedua hardware yang mumpuni wajib dimiliki oleh para gamer. Untuk prosesor, Anda dapat menggunakan produk Intel atau AMD. Jika perlu, Anda sebaiknya menggunakan prosesor Intel atau AMD keluaran terbaru karena diyaking performanya akan lebih baik dari generasi terdahulu. Mengenai kartu grafis, Anda dapat menggunakan GPU Nvidia yang berkapasitas minimal 8GB. 

Matikan Notifikasi

Masuknya sejumlah notifikasi entah itu pesan Whatsapp, E-mail, Skype akan cukup mengganggu fokus Anda dalam bermain. Tapi lebih utama lagi, notifikasi-notifikasi seperti ini ternyata bisa memperlambat kinerja PC. Pengalaman bermain game Anda akan sedikit terganggu. Karena itu silahkan saja matikan notifikasi terlebih dahulu dan segera lanjut bermain game. 

Perkuat Jaringan Internet Anda

Saat bermain game online, tentunya Anda memerlukan kecepatan internet yang mumpuni untuk mendukung kelancaran main game Anda. Oleh karena itu, jika Anda mengandalkan koneksi Wifi di rumah Anda, maka pastikan hanya satu perangkat PC untuk bermain game yang tersambung ke Wifi Anda. Ini dilakukan dengan tujuan untuk membatasi para pengguna yang terhubung Wifi dari pengaturan router di 192.168.1.1. Beberapa router seperti Indihome menggunakan alamat IP 192.168.100.1. Supaya Anda dapat menikmati kecepatan internet  paling maksimal yang akan mendukung kelancaran bermain game online Anda. 

Matikan terlebih dahulu kunci-kunci sticky

Biasanya Anda akan menggunakan keyboard PC untuk menavigasi jalannya bermain game. Nah saat bermain game, Anda akan secara tidak sengaja memencet sejumlah tombol keyboard yang setidaknya dapat menghambat kinerja PC dan kelancaran bermain game Anda. Karena itu silahkan matikan terlebih dahulu kunci-kunci sticky di keyboard PC Anda pada bagian Setting (Pengaturan) Windows. 

Silahkan hidupkan Power Options

Masalah daya juga sangat vital untuk kelancaran bermain game Anda terutama saat Anda menggunakan perangkat laptop. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghidupkan power options guna memperoleh daya paling tinggi yang akan membuat tampilan layar komputer Anda selalu cerah sepanjang permainan game Anda. 

Silahkan tutup program yang tidak diperlukan

Untuk mengoptimalkan PC Anda saat bermain game, maka terlebih dahulu Anda perlu menutup program-program lain yang sedang terbuka. Bukan apa-apa, semakin banyak program yang dibuka, maka hal itu akan cukup menghambat kinerja PC Anda saat bermain game. Untuk itu, Anda dapat menekan fungsi Ctrl + Alt + Del, dan pilih Task Manager yang kemudian diikuti dengan klik kanan untuk menutup program-program yang tidak dibutuhkan selama berlangsungnya main game Anda. 

Ubah Kemampuan Grafis

Salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja PC Anda untuk bermain game adalah dengan mengubah sedikit kemampuan grafis. Memang grafis sangat diperlukan untuk memperoleh tampilan gambar yang sempurna di layar PC, namun ternyata dapat menghambat kinerja PC itu sendiri. Untuk itu, Anda dapat mengubah pengaturan grafis dengan cara manual supaya resolusi yang ditampilkan jadi lebih kecil. Ini dilakukan dengan tujuan agar kinerja PC Anda dapat menjadi lebih optimal.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan