5 Tips Bermain Game Pakai PC Low End

0
bermain game pakai pc low end
Photo by Alex Haney on Unsplash

Gadgetdiva.id — Bermain game pakai PC low end tentu saja bisa. Bermain game tidak harus menggunakan komputer kelas atas atau yang memiliki spesifikasi mumpuni. Sebuah komputer atau PC low-end dengan spesifikasi rendah pun bisa digunakan untuk bermain game.

Kini hampir semua brand komputer ternama memiliki desain dan spesifikasi yang ditujukan untuk bermain game, termasuk bermain game pakai PC low end. Namun banyak di antara mereka yang meluncurkan perangkat komputer game dengan harga yang mahal. Lalu bagaimana dengan komputer dengan spesifikasi low-end?

Sejatinya, komputer low-end juga bisa digunakan untuk bermain game. Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bisa bermain game pakai PC low end.

bermain game pakai pc low end
Photo by Alex Haney on Unsplash

Perbarui driver kartu grafis secara berkala

Kartu grafis adalah salah satu kunci utama dalam bermain game di komputer yang biasanya diproduksi oleh perusahaan seperti NVIDIA dan AMD.  Nah, jika kebetulan kartu grafis yang Anda miliki adalah biasa-biasa saja, jangan berkecil hati dulu, sebab Anda ternyata dapat bermain game dengan lancar dan tidak hambatan. Caranya adalah dengan terus memperbarui driver pada kartu grafis Anda. Driver terbaru yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan produsen ini juga biasanya mengandung perbaikan bug dari segala arah dan dihadirkan untuk bisa memainkan game-game keluaran terbaru. 

Pilih permainan ringan agar bisa bermain game pakai PC low end

Ada begitu banyak jenis game ringan yang tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi yang mumpuni seperti Solitaire dan Freecell. Game-game ini sangat simpel dan sederhana dengan kapasitas yang sangat kecil yang tidak perlu kualitas grafis tinggi, yang bahkan dapat dimainkan dengan sebuah perangkat komputer yang hanya memiliki RAM bahkan 1 GB dan prosesor 2.0 GHz serta VGA Intel HD Graphics 3000 saja. 

Gunakan aplikasi game booster

 Meskipun cara ini kurang populer di kalangan para gamer, namun terbukti cukup efektif. Game booster ini ternyata mampu mengoptimalkan penggunaan RAM saat bermain game-game yang berat, dan gratis untuk di download.  Cara kerja aplikasi ini juga cukup sederhana, dimana aplikasi ini secara otomatis akan mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak begitu penting di layar komputer Anda sehingga sistem operasi komputer Anda akan fokus hanya untuk gaming saja. 

Turunkan kualitas grafis

Cara ini memang terdengar lucu, tapi cukup efektif untuk mengoptimalkan performa Anda dalam bermain game-game berat. Untuk itu Anda harus memilih opsi kualitas grafis yang paling rendah yang biasanya disediakan oleh para pengembang game di seluruh dunia. Meskipun sedikit berpengaruh pada tampilan grafis pada game Anda di layar komputer, namun tips ini sangat bermanfaat bagi Anda yang hanya mempunyai komputer dengan spesifikasi pas-pasan. Oh iya, ternyata ada juga game-game berat yang memiliki tampilan grafis cukup baik setelah Anda mengubah pengaturan grafis ke kualitas paling rendah. Coba saja sendiri, dan segera buktikan ya!

Hidupkan ‘performa tinggi’ pada rencana daya komputer

Pada umumnya, sebuah laptop komputer akan menghidupkan ‘penyimpan energi’ untuk mengatur ketahanan daya baterai saat bermain game. Oleh karena itu, sebagian besar orang akan menyarankan untuk melakukan charging saat bermain game. Padahal dengan tips keempat ini yaitu dengan menghidupan performa tinggi pada menu Rencana Daya di sistem operasi Windows Anda, Anda akan dapat menghemat energi baterai laptop Anda.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan