Berapa Kecepatan Internet yang Tepat untuk Cloud Gaming?

0
cloud gaming
Photo by Clastr Cloud Gaming on Unsplash

Gadgetdiva.id — Cloud gaming biasa disebut dengan game on-demand sangat terkait dengan konsep video streaming. Tujuan cloud gaming adalah penyediaan teknologi yang mengizinkan para pemain untuk bermain game secara langsung dari berbagai perangkat elektronik dengan dibantu dengan koneksi jaringan internet. Dan para penyedia cloud gaming (server) akan menjalankan game sesuai keinginan pengguna dan mengalirkan video gameplay ke mereka. 

Dan sangat jelas bahwa ketika Anda ingin melakukan cloud gaming, maka Anda akan memerlukan kecepatan internet yang memadai karena para server game itu akan mengirimkan tampilan komputasi grafis game dengan cara streaming. Dan untuk mengetahui kecepatan intenet di rumah Anda, Anda dapat memeriksanya dengan melakukan uji kecepatan internet. Kecepatan internet yang stabil di Indonesia selama ini disediakan oleh provider layanan internet terbaik di Indonesia, yaitu indihome. 

Seiring berjalannya waktu, cloud gaming di dunia para gamer juga menjadi populer sebab mulai tumbuh server-server berkualitas yang menyediakan cloud gaming seperti Nvidia, Stadia, dengan anak perusahaan cloud gamingnya yaitu GeForce Now dan Amazon Luna. Tidak hanya di luar negeri, sejumlah server di dalam negeri pun ikut meramaikan cloud gaming seperti Skygrid dan GameQoo yang disediakan oleh perusahaan Telkom. 

cloud gaming
Photo by Florian Olivo on Unsplash

Keunggulan Cloud Gaming:

Dengan adanya fenomena yang menggembirakan seperti di atas, maka tak heran banyak gamer di Indonesia yang lambat laun beralih bermain game dengan cara cloud gaming. Mereka merasakan sejumlah kelebihan yang tidak didapatkan dengan cara-cara bermain game lainnya. 

Adapun keunggulan-keunggulan cloud gaming yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Akan cocok alias kompatibel dengan semua jenis perangkat elektronik.

Game-game pilihan para pengguna dijalankan oleh server-server yang dipilih. Oleh sebab itu, sistem ini dapat diakses secara mudah oleh hampir semua perangkat elektronik, bisa ponsel pintar, tablet, PC komputer, laptop dan bahkan juga oleh TV pintar. 

  • Tidak perlu hardware khusus

Salah satu keunggulan yang banyak dicari oleh para gamer di Indonesia adalah tidak perlunya sebuah hardware khusus untuk dapat memainkan game-game yang ditampilkan. Pasalnya, cloud gaming ini dapat diakses melalui hampir semua perangkat asalkan ada sambungan internet yang memadai. Ini tentu berbeda dengan konsol game yang pasti memerlukan hardware untuk bisa menjalankannya. 

  • Menghemat penyimpanan pada perangkat

Karena cloud gaming dijalankan oleh server-server yang dipilih melalui jaringan internet yang stabil, maka Anda tidak perlu menyimpan game-game itu pada penyimpan perangkat elektronik Anda. Ini tentu saja akan menghemat kapasitas penyimpanan pada memori atau harddisk Anda. 

  • Disediakan keamanan online

Para server yang sudah memiliki reputasi baiknya biasanya akan membekali layanan cloud gamingnya dengan lapisan keamanan yang bagus. Selain itu, para server juga biasanya akan menjamin bahwa kegiatan main game tidak akan terhambat oleh berbagai error. Yang penting Anda dapat menyediakan kecepatan internet yang mumpuni dan stabil agar bisa memainkan cloud gaming ini. 

Berapa Kecepatan Internet yang diperlukan untuk bermain cloud gaming ini?

Sebuah koneksi internet dengan kecepatan yang tinggi dan kelambatan (latensi) yang rendah sangat diperlukan untuk merasakan pengalaman cloud gaming yang menyenangkan. Itu artinya semakin bagus kecepatan internet, maka semakin bagus pula layanan cloud gaming yang akan diterima. 

Ini adalah kecepatan internet yang dianggap memadai untuk sejumlah layanan cloud gaming sebagai berikut:

Layanan Cloud Gaming Syarat kecepatan
Xbox Cloud Gaming 10 Mbps
Playstation Now 5 Mbps
Vortex 10 Mbps
Boosteroid 15 Mbps
Shadow 15 Mbps
Amazon Luna 10 Mbps
GeForce Now 15 Mbps

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan