AWS janji ajarkan Indonesia teknologi Cloud Computing hingga 2025

1

Diva says – Amazon Web Services (AWS) mengumumkan rencana program peningkatan keterampilan cloud computing yang dirancang untuk membantu transformasi digital Indonesia dalam acara AWS Cloud Day Jakarta 2019.

AWS akan bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia dan instansi pelatihan terkait lainnya, termasuk lembaga pendidikan dan anggota AWS Partner Network (APN). Hal ini turut berinvestasi dalam inisiatif untuk membantu sumber daya manusia Indonesia guna mempersiapkan kecakapan dalam hal teknologi, renumerasi yang tinggi, dan kebutuhan pekerjaan di masa depan.

Rencana ini termasuk dengan menetapkan AWS targetkan peningkatan keterampilan untuk ratusan ribu sumber daya manusia Indonesia di bidang keahlian layanan Cloud Computing sampai dengan tahun 2025.

“Dengan membantu membuka basis talenta secara masif yang dimiliki oleh negeri ini melalui berbagai inisiatif peningkatan kecakapan di bidang cloud, AWS dapat membantu membangun bakat Indonesia, yang pada akhirnya akan meningkatkan potensi ekonomi negara.” Kata Gunawan Susanto, Country Leader (AWS Indonesia).

Hingga saat ini, ribuan talenta Indonesia telah berpartisipasi dalam program AWS Educate, AWS Academy, dan AWS Training & Certification. Dijalankan bekerja sama dengan lembaga pemerintah, berbagai institusi pendidikan, APN dan kolaborator lainnya sehingga memperoleh keterampilan dan sertifikasi baru di berbagai bidang, seperti dasar-dasar AWS Cloud, big data, security, machine learning (ML).

AWS terus berinvestasi dalam memberdayakan pengembang lokal, siswa, dan generasi pemimpin TI berikutnya di Indonesia melalui program-program seperti, Akses ke AWS Educate, Lembaga pendikan tinggi dapat mengikuti AWS Academy, Inisiatif reformasi kurikulum, Cloud computing bootcamps, Digital Talent Scholarship, Digital Training Hub, Developer Days. Dan yang terakhir akan meluncurkan serangkaian Developer Days, acara satu hari untuk meningkatkan kecakapan 5.400 peserta dalam bidang coding dan pemrograman. AWS Educate akan mendukung setiap acara, yang mencakup 10 kota secara nasional, untuk meningkatkan 2.000 peserta dengan konten cloud computing.

Dalam mendukung inisiatif ini, Bapak Prof. Dr. Ismunandar, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti mengatakan bahwa pesatnya perkembangan teknologi inovatif dan disruptif mengganggu telah mengarah pada penciptaan lapangan kerja baru yang belum pernah ada sebelumnya. Karenanya, Kemenristekdikti berkolaborasi dengan AWS untuk menyediakan konten dan kecakapan bidang cloud bagi siswa di tingkat pendidikan tinggi dan lanjutan untuk menciptakan generasi Indonesia yang mengerti teknologi, dan mampu menjadi teknopreneur andal serta pengusaha startup untuk bersaing secara setara dalam arena global


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan