WhatsApp luncurkan fitur Fingerprint Lock untuk pengguna Android

1
WhatsApp Fitur Baru

Diva says –  Aplikasi WhatsApp luncurkan fitur Fingerprint Lock atau kunci sidik jari pada sistem terbarunya. Fitur ini diluncurkan untuk menjaga privasi para penggunanya melalui sidik jari yang digunakan untuk membuka aplikasi.

Untuk mengaktifkan, pengguna cukup menggunakan fitur dengan memindai sidik jari di WhatsApp Android, pengguna bisa mengaktifkannya pada menu Settings, kemudian klik Account, klik Privacy, dan Fingerprint Lock.

Sebelum mendaftarkan sidik jari pada fitur ini, pengguna akan diminta memilih fitur keamanan lain yaitu dengan memilih fitur kemanan pola, PIN, atau menggunakan password. Setelah mendaftarkan pola, PIN, atau password, selanjutnya pengguna akan diminta untuk mendaftarkan sidik jari yang akan digunakan untuk membuka WhatsApp. Nantinya akan muncul pilihan jeda waktu untuk mengunci aplikasi WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp ini juga menyediakan opsi mengaktifkan atau menonaktifkan kunci sidik jari dengan menggeser tombol. Fitur ini tersedia untuk pengguna juga dapat menggunakan pilihan jangka waktu pengaktifan, mulai dari pilihan segera, setelah satu menit, hingga pilihan setelah 30 menit.

Ketika tidak digunakan, aplikasi ini juga memiliki fitur lain yaitu WhatsApp juga menyediakan opsi waktu untuk mengatur berapa menit aplikasi akan terkunci. Bukan hanya itu, ada juga pilihan untuk menyembunyikan konten notifkasi ketika akun pengguna dalam keadaan terkunci.

Sebelumnya, fitur fingerprint di WhatsApp ini hanya tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi buatan Apple, iOS. Dilansir pada laman WABetaInfo, keberadaan fitur fingerprint di WhatsApp Android saat ini masih belum stabil karena masih dalam versi Beta v2.19.221. Sementara xda-developers menyebut, fitur fingerprint lock ini hanya bisa digunakan oleh pemilik ponsel yang menggunakan Android dengan minimal OS Android Marshmallow.

Pada bagian bawah, ada opsi tunjukkan konten pada notifikasi. Jika ini diaktifkan, pengguna bisa membalas pesan saat pemberitahuan muncul secara pop up, tanpa menempelkan biometrik pengguna.

Setelah itu pengguna akan diperlihatkan opsi “unlock with fingerprint” untuk membuka WhatsApp. Meskipun aplikasi berada dalam kondisi terkunci, fitur ini juga dapat digunakan walaupun ada panggilan telepon WhatsApp pengguna masih bisa menerimanya.

Baca juga: Fitur baru WhatsApp bisa digunakan di berbagai platform


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan