Begini cara batasi akses anak saat penggunaan YouTube

0
YouTube Podcast

Diva says – Aplikasi YouTube merupakan situs web yang menyajikan video sering kali menjadi pilihan para orang tua untuk sarana hiburan ketika memanjakan anak-anak. Bukan hanya hiburan, video-video di aplikasi YouTube juga sering menjadi pilihan sarana belajar anak atau berbagai informasi yang diakses anak tanpa pengawasan orang tua.

Pada aplikasi youtube, sebenarnya memiliki pengaturan khusus yang bisa dilakukan penggunanya. Pengaturan khusus ini dilakukan agar para orang tua meminimalisir hasil penelusuran yang mengandung konten kekerasan, video asusila dan semua unsur yang mengandung isi video yang tidak pantas untuk dilihat.

Baca juga: 3 Aplikasi ini bisa batasi anak mengakses media sosial

Para orang tua bisa memulai batasi tontonan anak di aplikasi YouTube ini dengan menggunakan Mode Terbatas. Cara mengaktifkannya, yaitu pengguna cukup buka aplikasi YouTube, kemudian klik akun, klik setting atau setelan, selanjutnya pilih umum, dan terakhir geser dan aktifkan pilihan Mode terbatas.

Tapi, para orang tua juga bisa nih mengikuti cara dibawah ini, agar memberikan kenyamanan dan keamanan kepada anak dalam mengakses aplikasi YouTube.

1. Memilih tayangan untuk anak

Tidak semua tayangan video YouTube untuk anak yang di tonton sesuai dengan nilai-nilai keluarga yang diajarkan. Maka, para orang tua harus memastikan bahwa telah melihat video yang akan dijadikan tontonan sehari-harinya di YouTube untuk anak.

2. Pusat bantuan YouTube

Para orang tua jangan lupa pelajari pusat bantuan YouTubr terlebih dahulu. YouTube memiliki panduan keamanan yang dapat diterapkan orangtua demi keamanan anak mengakses aplikasinya. Baca juga bantuan sumber daya YouTube sebelum memberikan akun YouTube untuk anak, ya!

3. Playlist atau daftar putar

Ada baiknya jika para orang tua terlebih dahulu membuat daftar putar video pembelajaran atau hiburan yang akan ditonton oleh anak. Dengan ini, tanpa pengawasan orang tua pun, anak hanya akan memilih video YouTube yang aman sesuai usianya.

4. YouTube Kids

YouTube Kids telah diciptakan Google agar bisa menjadi ruang yang cocok bagi keluarga dan anak-anak untuk mengeksplorasi minatnya melalui konten video online. Sarana aplikasi ini akan memudahkan para orang tua untuk menyeleksi pengalaman menonton konten yang menyenangkan dan cocok untuk keluarga melalui serangkaian kontrol orang tua.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan