Tips ini bisa bantu kamu kurangi penggunaan Gadget

1
Tips penggunaan gadget

Di era digital ini, Gadget sering kali menjadi salah satu alternatif yang membantu memudahkan aktivitas para penggunanya. Dampaknya kita sebagai pengguna merasa bergantung pada Gadget secara terus-menerus, sehingga menjadikan kita sebagai individualistis. Kita punya tips untuk bantu kamu kurang penggunaan gadget.

Tetapi, sebenarnya kita bisa, kok menguragi penggunaan gadget ketika kita sudah menyadari kecanduan di segala aktivitas sehari-hari menggunakan ponsel pintar ini.  Menurut Redditor Mukalodric pada laman lifehacker, tips dibawah ini akan membantu mengurangi penggunaan Gadget.

Lacak Waktu

Menurut Mukalodric, langkah pertama untuk mengurangi penggunaan Gadget yaitu memahami seberapa banyak sebenarnya kita menggunakannya. “Ketika Anda mengetahui penggunaan ponsel menghabiskan lebih dari 6 jam dalam sehari, ini akan menjadi hal yang serius,” kata Mukalodric. Untuk membantu kamu melacak waktu penggunaan Gadget, Screen Time (iOS) dan Digital Wellbeing (Android) bisa diandalkan.

Hapus Aplikasi

Mukalodric menyarankan hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, kemudian masukkan sisa aplikasi yang membuang waktu dalam satu folder dan beri nama seperti Time Silk. Letakkan folder itu di halaman kedua layar lalu letakkan aplikasi di halaman kedua folder itu sendiri. kamu juga bisa menampilkan sedikit notifikasi dari berbagai aplikasi seperti Instagram, YouTube, Email, dan lainnya.

Tentukan Aktivitas Gadget

Tips Mukalodric, yaitu pilih sendiri aktivitas seharian atau tempat yang kamu kunjungi dan jangan gunakan Gadget kamu. Kamu dapat berhenti menggunakan Gadget seperti ketika dikamar mandi, di tempat gym, di dalam mobil, saat makan, sambil belajar, atau dipagi hari sebelum mandi.

Lakukan Hal Lain

Kamu bisa memulai dengan meluangkan waktu untuk tidak terpaku pada Gadget, tetapi akan sangat menggoda untuk mengambilnya kembali jika tidak memiliki hal lain untuk dilakukan. Seperti kata Mukalodric, kamu bisa gunakan waktu itu untuk lebih banyak tidur, melakukan hobi, dan belajar, atau mungkin memulai obrolan dengan keluarga atau teman.

Secara umum, jika kamu cukup bosan, pada akhirnya akan menemukan sesuatu untuk dilakukan. jadi jangan terlalu khawatir, tapi setidaknya kamu mempunyai ide tentang apa yang akan dilakukan.

Jangan Pilih Gadget untuk Melihat Jam dan Alarm

Seperti  yang ditunjukkan Redditor screamin, akan sangat sulit untuk menggunakan Gadget seperlunya jika kamu mengandalkannya sebagai jam atau jam alarm. Solusinya, kamu bisa menggunakan arloji yang memiliki timer dan alarm untuk mengaturnya sesuai kebutuhan tanpa membuka kunci layar Gadget kamu.

Baca juga, Tips menjaga gadget tetap aman selama traveling

 


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan