Thursday, 25 February 2021
[adrotate banner="3"]

Mantul Sale: ShopeePay ajak kamu lebih cuan di momen gajian!

Antusiasme menggunakan layanan online semakin bertambah seiring dengan banyaknya promo diskon. Berangkat dari perilaku masyarakat ini, ShopeePay menghadirkan kampanye. Kampanye tersebut bertajuk ShopeePay Mantul...
More

    Latest Posts

    [adrotate banner="4"]

    Selama pandemi, GoFood maksimalkan omzet UMKM lewat program Harkulnas

    GoFood berhasil meningkatkan omzet 74.000 ribu mitra usaha melalui promo beragam kuliner favorit, program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood yang berlangsung 1 April – 5 Mei lalu.

    Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group memaparkan bahwa tidak dapat dipungkiri, ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner lokal terus berlangsung terutama sejak PSBB ditetapkan.

    “Namun jika dilihat dari jumlah transaksi di GoFood, kami justru melihat adanya peningkatan dalam satu bulan terakhir. Karena, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), jadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah,” ujar Catherine.

    Catherine menambahkan bahwa hal ini menyebabkan banyak mitra merchant UMKM yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya. Berbagai upaya untuk menciptakan demand pun pihaknya lakukan, termasuk Harkulnas GoFood, untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM.

    Selama Harkulnas, GoFood turut meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM lewat shuffle cards di aplikasi agar menjangkau lebih banyak pelanggan, memberikan promo ongkir pada pelanggan, mengurangi biaya operasional melalui voucher diskon belanja bahan baku, serta meningkatkan efisiensi bisnis UMKM lewat fitur “Recommended Campaign” di aplikasi GoBiz.

    Di tengah situasi ini program Harkulnas GoFood 2020 membantu mencatat keberhasilan puluhan ribu mitra UMKM dalam memaksimalkan pendapatannya. Jumlah pesanan dan omzet merchant yang berpartisipasi  rata-rata 12% lebih tinggi dibandingkan merchant di luar program.

    “Beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi, yaitu 30% dibandingkan sebelum masa pandemi, hal ini dikarenakan perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,” lanjut Catherine.

    GoFood terus mendukung UMKM kuliner melewati masa sulit pandemi termasuk melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang membantu UMKM menjalankan bisnis secara online.

    Nah, untuk membantu UMKM menjaga kepercayaan pelanggan, GoFood terus mengimbau mitra untuk memperketat protokol keamanan dan kebersihan makanan, termasuk penerapan contactless delivery.

    “Program-program yang selama ini telah kami fasilitasi seperti Harkulnas telah membuka jalan bagi para mitra usaha kuliner untuk semakin dikenal masyarakat luas dan menjadi pilihan kuliner favorit baru bagi pelanggan, agar secara konsisten dapat terus menjadi andalan, bahkan setelah masa promo berakhir. Kami optimis bahwa bersama-sama, pasti ada jalan untuk terus bertahan melalui masa sulit ini,” tutup Catherine.

    Baca juga, Lewat GoFood, UMKM terapkan kebersihan makanan hingga Hand Sanitizer Gratis

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Latest Posts

    POPULAR