5 Trick untuk membuat podcast sendiri

Banyak orang yang mengira bahwa Podcast mirip dengan radio. Memang benar jika Podcast hampir mirip radio, akan tetapi keduanya berbeda. Selain itu, saat ini banyak orang yang ingin mengetahui tips dan trick membuat Podcast. Yang membuat keduanya hampir mirip yaitu keduanya berupa audio.

Imagen relacionada

Ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan Podcast, seperti menambah ilmu pengetahuan dan juga sharing dari berbagai pakar sesuai bidangnya. Pastinya kamu masih bingung dengan apa sih Podcast itu, karena memang masih sangat jarang digunakan di Indonesia. Namun, lambat laun Podcast ini akan menjadi booming di Indonesia. Nah, berikut dibawah ini trick membuat Podcast yang bisa kamu coba!

Buat intro semenarik mungkin

Intro merupakan bagian penting dalam podcast. Kamu harus bisa memilih intro apa yang bagus dan sinkron dengan podcast yang akan kamu buat. Selain itu, intro yang unik juga menjadi salah satu hal yang dapat menarik bagi para pendengar kamu.

Bahas cerita khusus untuk podcast-mu

Sebagai pembuat podcast tentunya kamu harus pandai dalam berbicara dan membuat cerita. Ketika kamu merasa memiliki banyak pembahasan untuk sebuah topik menarik, kamu dapat membaginya menjadi beberapa episode serial khusus. Selain bisa membahas secara detail dari A sampai Z mengenai hal yang kamu minati, kamu juga dapat memicu rasa penasaran para pendengarmu sehingga mereka akan setia menunggu siaran podcast kamu.

Tentukan durasi podcast

Durasi juga menjadi bagian penting dalam sebuah podcast. Jangan membuat podcast terlalu cepat dan juga terlalu lama, karena hal itu dapat membuat para pendengarmu menjadi cepat bosan. Seiring waktu, pendengar kamu akan memberi tahu jika mereka merasa podcast kamu terlalu pendek atau terlalu lama. Cobalah untuk mensurvei audiens untuk mengumpulkan data seperti ini, sehingga dapat kamu sesuaikan.

Selipkan lagu di podcast-mu

Podcast yang hanya berisikan suara kamu tentunya akan membuat podcast kamu menjadi garing. Selipkan lagu yang cocok dengan topik yang sedang kamu bahas di podcastmu. Misalnya kamu sedang membahas tentang hubungan asmara, kamu bisa menambahkan lagu yang romantis agar para pendengarmu lebih menikmati cerita kamu.

Undang pendengar sebagai bintang tamu

Jika kamu sudah memiliki pendengar setia, jangan ragu untuk mengundangnya, biarkan dia bercerita tentang topik yang ingin dia sampaikan. Dengan begitu, podcast kamu akan terdengar orisinal, tidak settingan, dan menjadi obrolan yang sangat menyenangkan serta sayang untuk dilewatkan. (Jundi Amrulloh)

Baca juga, Google Podcast rilis tampilan baru di iOS dan Android

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.